EFEK ROKOK

.fullpost{display:inline}

MENGAPA INDUSTRI ROKOK MENGGAET KONSUMER REMAJA DAN DEWASA MUDA

  • Agar perusahaan rokok dapat bertahan mereka harus mendapatkan pengganti konsumer tetap mereka yang telah meninggal atau berhenti. Dan target utama mereka : REMAJA
  • Kebanyakan orang mulai merokok dibawah umur 18 tahun dan seperempat dari mereka memulai merokok pada umur dibawah 10 tahun.
  • Semakin muda seseorang memulai merokok semakin besar kecenderungan mereka menjadi perokk tetap dan sangat kecil kemungkinan untuk dapat berhenti

MENGAPA IKLAN, PROMOSI, ATAU SPONSORSHIP ROKOK MENGANCAM GENERASI MUDA

  • Semakin mereka terpapar dengan iklan rokok, semakin besar kecenderungan mereka untuk merokok. Industri rokok selalu mengaitkan penggunaan produk mereka dengan kepribadian yang berkualitas seperti kemewahan, kekuatan, dan penampilan menarik atau berupa jiwa petualang dan aktivitas menarik lainnya
  • Meluasnya iklan rokok, seakan membuat merokok sebagai aktivitas yang “normal”. Menggambarkan penggunaannya seperti produk-produk konsumsi lainnya, sehingga membuat remaja semakin sulit memahami akan bahaya merokok.
  • Remaja semakin menganggap remeh akan ketergantungan terhadap nikotin dan konsekuensi kesehatan berat lainnya akibat rokok.

MENGAPA KITA PERLU MELARANG IKLAN, PROMOSI, SPONSORSHIP ROKOK

  • Industri rokok mengeluarkan milliaran dollar setiap tahunnya untuk menyebarluaskan produk mereka seluas mungkin untuk menarik konsumer muda. Mereka menargetkan remaja pada lingkungan yang santai dan familiar, seperti dibioskop, di Internet, majalah fashion, konser musik, dan yang paling tragis even olahraga.
  • Industri rokok menggunakan metode yang semakin kreatif untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Iklan di billboard, di majalah, di internet, merupakan contoh kecil ide marketing mereka. Industri rokok juga memastikan produk mereka mudah terlihat di bioskop, di televisi, dan dunia fashion. Perusahaan rokok mensponsori berbagai even hiburan atau olahraga dan mengorganisir berbagai macam jenis kegiatan promo dalam usahanya untuk menjaga dan memenangkan hati konsumer mereka.
  • Hanya larangan mutlak yang dapat mematahkan jejaring marketing produk rokok. Industri rokok memiliki sangat banyak cara untuk menargetkan remaja dan larangan parsial hanya dapat membuat mereka merubah taktik promosional mereka dari metode yang lama menjadi metode yang lebih dapat diterima.


APAKAH REMAJA PADA NEGARA BERKEMBANG YANG PALING BERESIKO ? BAGAIMANA DENGAN REMAJA PEREMPUAN?

  • Lebih 80% dari total 1,8 miliar remaja (10-24 tahun) tinggal di negara berkembang dan mereka merupakan target dari industri rokok yang agresif. 4 dari 5 remaja yang tinggal di negara berkembang telah pernah dan sering melihat iklan produk rokok.
  • Industri rokok secara spesifik menargetkan konsumer wanita muda dan remaja perempuan melalui iklan, promosi, dan sponsorship. Strategi pemasaran yang mutakhir mendorong wanita muda dan remaja perempuan untuk mengonsumsi rokok dan mencoba untuk melemahkan kultur “wanita tidak merokok” pada negara dimana perempuan tidak lazim merokok.
  • Peningkatan konsumsi rokok pada wanita muda dan remaja perempuan merupakan salah satu perkembangan yang terburuk dari epidemik rokok global.

APAKAH LARANGAN MUTLAK IKLAN ROKOK SATU-SATUNYA CARA UNTUK MELINDUNGI REMAJA DARI ROKOK

  • Larangan total (Mutlak) terhadap Iklan, promosi, sponsorship rokok merupakan cara yang kuat untuk melindungi remaja dan satu dari 6 Strategi MPOWER yang dimiliki World Health Organization untuk memerangi penggunaan rokok
  • 6 Strategi MPOWER membantu negara-negara untuk melindungi remaja mereka dari epidemi rokok yang dapat membunuh satu miliar orang di abad ini.
APA SIH EFEK MEROKOK?! Gambar1. Efek untuk perokok aktifGambar 2. Efek rokok kepada perokok pasif

Untuk direnungkan…

Yakinlah, semua orang akan mati, tapi saya memilih tidak menghiasi kematian saya dengan paru yang busuk, kanker di kerongkongan, anak-anak saya yang masih kecil meratapi makam ayahnya, atau penderitaan keluarga saya akibat mengurus dan membiayai saya di rumah sakit karena sakit kronis yang disebabkan oleh rokok. -Husnul Mubarak

SELAMAT HARI ANTI-ROKOK SEDUNIA

About these ads

5 Responses to “EFEK ROKOK”


  1. 1 satya sembiring 20 Juli, 2008 pukul 9:14 am

    pada saat saya menulis komentar ini. di sebuah mall di batam. juga sedang genjar gencarnya iklan rokok. audisi band yang di sponsori oleh perusahan rokok. sambil menawarkan produk baru mereka.
    lihat lah bertapa bebasnya racun itu di sebarkan

  2. 3 Husnul Mubarak 27 Oktober, 2008 pukul 11:05 pm

    saya kagum dengan blog ini…memang dibuat untuk mengajak perokok untuk berhenti dan melarang non-perokok untuk mencoba…Kembangkan terus mas…saya akan membantumu, postingan dari blog saya mas bisa copy paste, nanti saya posting lagi artikel anti-rokok.

    Husnul Mubarak,S.Ked

  3. 4 ochie 30 September, 2009 pukul 2:55 pm

    pas banget
    saya mau bikin skripsi ttg penjualan rokok

  4. 5 gidion 3 Juni, 2010 pukul 9:41 am

    y sya setuju krn rokok buat orng ati dan saya bertria kasih pd situs ini ktrn membuat sya berhenti merokok


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 91 pengikut lainnya.

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056




jakarta bebas rokok


jakarta bebas rokok


green radio jakarta


kawasan dilarang merokok




RSS Google News

  • Karyawan pabrik rokok pensiun dini dilatih kewirausahaan - ANTARA 19 April, 2014
    ANTARAKaryawan pabrik rokok pensiun dini dilatih kewirausahaanANTARAMalang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat memberikan pelatihan keterampilan dan kewirausahaan kepada karyawan pabrik rokok yang mengajukan pensiun dini. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ...Sekitar 84 Karyawan Pabrik Rokok Ajukan Pensiun DiniTribun […]
  • Jutaan batang rokok ilegal senilai Rp 4,5 miliar diamankan - merdeka.com 17 April, 2014
    Jutaan batang rokok ilegal senilai Rp 4,5 miliar diamankanmerdeka.comJutaan batang rokok tersebut diamankan dari dua truk dengan nomor polisi L 9641 UR dan BK 9956 BG yang rencananya akan didistribusikan ke daerah Bengkulu, Jambi dan Palembang melalui Pelabuhan Bakauheni. "Dua kendaraan tersebut membawa ...11,3 Juta Batang Rokok Bercukai Bekas DisitaKOM […]
  • BC Purwokerto Musnahkan Rokok Ilegal dan Minuman Pembangkit ... - Republika Online 15 April, 2014
    Republika OnlineBC Purwokerto Musnahkan Rokok Ilegal dan Minuman Pembangkit ...Republika OnlineID, PURWOKERTO -- Direktorat Jendral Bea dan Cukai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Pratama Purwokerto, memusnahan rokok dan minuman dalam kemasan ilegal, Selasa (15/4). Rokok dan minuman yang dimusnahkan merupakan barang ...
  • Tahun Politik, Penerimaan Cukai Rokok Melonjak - Tempo.co 15 April, 2014
    Tempo.coTahun Politik, Penerimaan Cukai Rokok MelonjakTempo.coTEMPO.CO, Jakarta - Direktur Penerimaan dan Peraturan Kepabean dan Cukai, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Susiwijono memperkirakan penerimaan cukai rokok meningkat pada tahun ini. Sebab, hajatan pesta demokrasi membuat konsumsi rokok ...Ditjen Bea Cukai Optimistis Penerimaan Cukai 2014 Lampaui […]
  • Penerimaan dari Rokok Diprediksi 96 Persen Target - Metro TV News 15 April, 2014
    Penerimaan dari Rokok Diprediksi 96 Persen TargetMetro TV NewsMetrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan optimistis penerimaan negara dari pita cukai rokok tahun ini mencapai 96 persen dari total target penerimaan sebesar Rp116,3 triliun. Padahal, target pada 2013 ...
  • Ratifikasi FCTC Berpotensi Perluas Peredaran Rokok Ilegal - Okezone 14 April, 2014
    Ratifikasi FCTC Berpotensi Perluas Peredaran Rokok IlegalOkezonePasalnya, secara data dan fakta di berbagai negara yang sudah meneken FCTC di samping tidak bisa menekan konsumsi rokok, FCTC di berbagai negara yang sudah meratifikasi, justru menyuburkan peredaran rokok ilegal. Data WHO mencatat, pada 2012 ...
  • Ratifikasi FCTC Berpotensi Perluas Rokok Ilegal di Indonesia - Metro TV News 14 April, 2014
    Ratifikasi FCTC Berpotensi Perluas Rokok Ilegal di IndonesiaMetro TV NewsMetrotvnews.com, Jakarta: Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri) menilai ratifikasi Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) tidak menjamin berkurangnya perokok. Selain tak bisa menekan konsumsi rokok, FCTC di berbagai ...and more »
  • Tiga industri rokok dituntut di Korea Selatan - Detikcom 14 April, 2014
    Tempo.coTiga industri rokok dituntut di Korea SelatanDetikcomSebuah perusahaan asuransi kesehatan milik negara Korea Selatan menuntut tiga perusahaan rokok, termasuk unit lokal Philip Morris, untuk ganti rugi biaya perawatan kesehatan. Unit lokal British American Tobacco juga termasuk dalam perusahaan yang ...Perusahaan Asuransi Korsel Gugat Produsen RokokTe […]
  • Residu Asap Rokok Bisa Sebabkan Kanker pada Anak - JPNN.com 14 April, 2014
    Residu Asap Rokok Bisa Sebabkan Kanker pada AnakJPNN.comSELAMA ini sering terdengar istilah perokok pasif. Maknanya adalah non-perokok yang terpapar asap hasil pembakaran rokok. Namun, ternyata bahaya asap rokok tidak hanya mengancam seseorang yang sedang berada di dekat perokok. Rokok ...and more »
  • Iklan Rokok di Telivisi Harus Dihapus Total - Poskotanews 13 April, 2014
    PoskotanewsIklan Rokok di Telivisi Harus Dihapus TotalPoskotanewsJAKARTA (Pos Kota)- Iklan rokok yang tayang di media penyiaran harusnya dilarang total. Kebijakan pembatasan jam tayang oleh pemerintah selama ini, nyatanya tak mampu menjamin remaja dan anak-anak untuk tidak 'tersentuh' iklan rokok.

Rank

Stats

  • 345,735 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 91 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: