Solusi Stop Merokok di Indonesia

Sulitnya stop merokok telah terbukti dengan banyaknya perokok yang ingin stop merokok namun gagal, apalagi bagi mereka yang hanya mengandalkan motivasi diri saja. Untuk menjawab tantangan usaha stop merokok, PT. Pfizer Indonesia meluncurkan Varenicline, obat dengan resep dokter.

Penggunaan Varenicline, dilengkapi dengan dukungan dari keluarga dan lingkungan terdekat, diharapkan dapat membuat perokok bisa menjalankan niatnya untuk stop merokok dengan lebih mudah. Terlebih di bulan Ramadhan ini, puasa dapat menjadi momentum untuk merealisasikan stop merokok.

“Bahaya asap rokok dengan ribuan zat kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya sudah sering disampaikan kepada masyarakat. Tetapi, jumlah perokok di Indonesia tidak juga berkurang, yang dipicu oleh efek adiksi dari nikotin,” papar Dr. Irawan Rustandi, selaku Medical Director PT. Pfizer Indonesia.

Survei Varenicline Asian Consumer Research tahun 2006, yang dilakukan oleh Pfizer, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pria perokok paling besar yaitu mencapai 69 %.

Banyak perokok yang ingin stop merokok tetapi gagal karena berbagai sebab. Peranan nikotin dalam hal ini sangat besar. Nikotin yang terhirup bersama asap rokok akan diterima oleh reseptor otak yang kemudian melepaskan dopamine. Zat ini memberikan efek nikmat dan menenangkan. Pada saat tidak merokok kadar dopamine juga menurun sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman serta stres. Akibatnya, perokok kembali harus merokok.

Proses tersebut memperlihatkan bahwa merokok bukanlah sekedar kebiasaan buruk saja. Rokok memiliki sifat candu seperti halnya narkotika dan obat-obat terlarang lainnya.

“Karena itu, dalam menangani masalah merokok dibutuhkan intervensi klinis jangka panjang seperti yang dilakukan pada kasus-kasus kecanduan lainnya. Datanglah ke dokter dan mintalah penanganan yang tepat,” lanjut Irawan.

Varenicline adalah obat non-nikotin pertama yang secara spesifik diciptakan untuk stop merokok. Obat pertama dari sebuah golongan baru terapi stop merokok ini bekerja dengan cara yang unik, yaitu dengan menghalangi menempelnya nikotin pada reseptor di otak sehingga dapat mengurangi rasa nikmat dan nyaman (efek reward) yang ditimbulkan karena merokok dan obat ini juga menstimulasi pelepasan dopamin secara parsial sehingga mengurangi gejala craving (berupa gejala sulit berkonsentrasi, bad mood, pusing) saat seseorang mulai stop merokok,” Irawan menegaskan.

Obat yang tidak mengandung nikotin ini telah melalui berbagai penelitian medis yang menguji keampuhan dan profil keamanan obat. Salah satunya adalah riset yang membandingkan Varenicline, plasebo dan Bupropion SR dalam hal membantu proses stop merokok. Dari hasilnya terlihat bahwa peluang keberhasilan stop merokok pada pasien yang menggunakan Varenicline hampir dua kali lipat dibandingkan mereka yang menggunakan bupropion, dan hampir 4 kali lebih efektif sebagai obat anti rokok dibanding plasebo.

Pada studi lainnya, di antara pasien yang berhasil stop merokok setelah mengkonsumsi Varenicline dalam 12 minggu, 71% pasien yang mendapatkan tambahan terapi Varenicline selama 12 minggu berikutnya tetap bertahan berhenti setelah enam bulan, dibandingkan dengan keberhasilan tambahan terapi placebo yang hanya 50 %.

Varenicline secara signifikan menurunkan perasaan ingin kembali merokok, yang merupakan gejala ketergantungan dari pengurangan kadar nikotin dalam tubuh (withdrawal syndrome). Obat ini juga memiliki efek antagonis yang akan mengurangi rasa nikmat yang ditimbulkan apabila seorang pasien kemudian merokok kembali. Selain itu, berbagai uji klinis juga menunjukkan bahwa Varenicline secara umum dinyatakan aman.

Selain pemberian obat resep sebagai bentuk terapi farmakologi dalam bentuk TABLET untuk membantu melepaskan ketergantungan terhadap nikotin, keinginan perokok untuk stop harus didukung penuh oleh lingkungan terdekatnya. Kuatnya efek kecanduan yang ditimbulkan oleh nikotin harus juga dibantu faktor non farmakologis dalam bentuk dukungan serta motivasi dari lingkungan sekelilingnya.

Hari-hari selama bulan puasa akan menjadi momentum yang sangat tepat untuk memulai upaya stop merokok dan merealisasikan hidup sehat bebas rokok bersama Varenicline.

Selain itu, untuk membantu proses stop merokok, bersamaan dengan peluncuran Varenicline PT. Pfizer Indonesia juga menciptakan sebuah program disease management yang diberi nama Pfizer Quit Champion Program. Program ini meliputi penghadiran situs http://www.stopmerokok.com yang menyediakan berbagai informasi tentang bahaya merokok, tips untuk stop merokok serta berbagai informasi lainnya seputar rokok. Situs ini dilengkapi fitur interaktif penilaian tingkat kecanduan nikotin dan juga program reminder bagi para ‘quitters’ (orang yang ingin stop merokok) untuk membantu mengingatkan motivasinya alam bentuk SMS.

Selain itu juga disediakan SMS center, serta booklet atau leaflet sebagai sarana penyebaran informasi tentang stop merokok. (PR/lily)

Sumber : Rileks.com

About these ads

16 Responses to “Solusi Stop Merokok di Indonesia”


  1. 1 Adi Nugroho 20 November, 2008 pukul 11:33 am

    mudah saja. tutup pabrik rokok lalu diubah jadi pabrik pembuat obat/permen/apapun anti rokok.

    • 2 pheny agista 19 Maret, 2010 pukul 8:42 pm

      gela aja kalo pabrik rokok ditutup akan berdampak pada ekonomi dong,,,
      karna akan ada banyak pengangguran ..
      abis lapangan pekerjaan nya ditutup sii.

  2. 3 Bawor 20 November, 2008 pukul 12:11 pm

    Solusi cepat tutup pabrik rokok, biar ada bisnis baru selundupan rokok, kekeke

  3. 4 Erick 28 Desember, 2008 pukul 9:27 pm

    Ngomongin verenicline ya. Kalau memang bisa bikin brenti boleh dah beli. Cuman ada gak yang bisa menjamin keberhasilna obat ini

  4. 5 rock ipank 21 Januari, 2010 pukul 6:47 pm

    gmn cara nya untuk berhenti meroko… dan apa obat tradisional nya untuk mnghilangkan nikotin….?

  5. 6 kkaz 16 Februari, 2010 pukul 8:28 am

    saya doa kan buat kalian yg mau stop roko, smoga berhasil .. gitu aja kok repot.

  6. 7 oleh 19 Februari, 2010 pukul 2:28 pm

    cara berhenti merokok ya berhenti membeli rokok wkwkwkkwk

    • 8 pheny agista 19 Maret, 2010 pukul 8:44 pm

      ya namanya juga orang kecanduan,
      pengennya si berhenti ,
      tapi biasanya kalo orang – orang yang udah kena emang susah si.

  7. 9 herbal nado 7 Maret, 2010 pukul 10:49 pm

    ingin obat tradisional untuk menghilangkan nikotin ?
    alami,bertahap tapi pasti. nikotin dan racun lainnya akan mengalami detoxifikasi dan siksaan rokok akan hilang,tidak ada lagi ketergantungan akan rokok.
    hanya 40ribu/botol isi 60 kapsul.
    alami,udah ada depkesnya lho.
    just call me 08123032938

  8. 10 cyphut 31 Mei, 2010 pukul 10:58 pm

    Ada satu cara lagi untuk terapi berhenti merokok secara bertahap, yaitu dgn menggunakan Rokok Elektrik, cara penggunaan seperti rokok tapi elektrik dan tidak terdapat zat2 kimia yang membahayakan. Jadi selama proses terapi tetap merasakan gaya merokok yg sama… tetapi lebih sehat, lebih bersih karena tidak ada puntung dan abu rokok, tidak membahayakan org sekitar karena tidak berbau.. untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi 021-99677834…. Thx.

  9. 11 f3 3 Juni, 2011 pukul 8:01 pm

    bagaimana Herba ND menyembuhkan kebiasaan merokok

  10. 12 echi 11 Agustus, 2011 pukul 8:16 pm

    Saya dokter umum&pasien saya byk yg mau utk diterapi mnghentikan rokok,bisa gk saya diberi info dmn sy bisa mndapatkan obat varenicline tsbt diatas,krn udah bbrpa apotik bsr sy tnya&mrk gk tw tntng obat tsbt..mngkin ada no tlp PT.Pfizer yg bisa sy hubungi..terima kasih..

  11. 13 hamba allah 14 Januari, 2012 pukul 12:01 am

    beuuh lain solusi atuh ai kieu mh , IKLAN OBAT !!

  12. 14 Sulaiman Exitezz Pratama 19 Mei, 2012 pukul 8:17 pm

    sya ank di bwah umur tpi sudah merokok rasa nya,tiada hari tampa merokok dan saya sangat susah sekali untuk berhenti tolong bantuin saya…??

  13. 15 ombak 19 Oktober, 2012 pukul 5:02 pm

    merokok ibarat kan tman yg nusuk dri belakang,,,,ujng2ny kta ntr mti krna rokok,sho skrng solusi ny untk mghntkn mrkok gmna/ bkan pbrikny ditutup tw yg laennya, yg pntng da niatnya,,,,,,,

  14. 16 iidris 6 Februari, 2014 pukul 12:13 am

    saya mau berhenti peleassssss help me


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 99 pengikut lainnya.

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056




jakarta bebas rokok


jakarta bebas rokok


green radio jakarta


kawasan dilarang merokok




RSS Google News

  • Rokok Elektronik Perlu Diatur Seperti Rokok Biasa - KOMPAS.com 28 Agustus, 2014
    KOMPAS.comRokok Elektronik Perlu Diatur Seperti Rokok BiasaKOMPAS.comMenurut AHA, FDA perlu segera menyusun peraturan terkait pemasaran dan penjualan rokok elektrik, paling tidak pada akhir tahun ini. AHA juga ingin agar setiap negara bagian memasukkan rokok elektrik dalam hukum anti merokoknya, selama hal itu tidak ...WHO Larang Penggunaan Rokok Elektrik di […]
  • Gulat Tradisional Sumenep Berhadiah Rokok dan Sabun Mandi - Tribunnews 29 Agustus, 2014
    Gulat Tradisional Sumenep Berhadiah Rokok dan Sabun MandiTribunnewsPegulat Sumatera Utara, M Marwan (bawah) berusaha melepaskan kuncian dari pegulat Jawa Timur, M Yasser pada pertandingan gulat kelas 96 kg gaya greco roman Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Gedung PKM Univesitas Islam Riau, Pekanbaru, ...
  • Rokok Istana yang Khusus Beredar di Istana Presiden Menuai Kritik - Liputan6.com 27 Agustus, 2014
    Liputan6.comRokok Istana yang Khusus Beredar di Istana Presiden Menuai KritikLiputan6.comMenanggapi rokok tersebut, Sosiolog dari Universitas Indonesia, Imam Prasodjo mengaku kecewa dan mengecap hal tersebut sebagai pembiaran dan pengkhianatan kaum intelektual. Sebab undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan jelas ...
  • Simpan Sabu Dibungkus Rokok, Jebolan SMP Diciduk Polisi - Okezone 28 Agustus, 2014
    Simpan Sabu Dibungkus Rokok, Jebolan SMP Diciduk PolisiOkezoneSimpan Sabu Dibungkus Rokok, Jebolan SMP Diciduk Polisi (Foto: Okezone) JAKARTA - Biondi Umar Pilli (24) ditangkap anggota Polsek Palmerah karena kedapatan menyimpan narkotika jenis sabu dikediamannya, di Jalan Apus IV, RT 05 RW 03, Kota ...
  • Masih Banyak Orang Anggap Remeh Bahaya Rokok - Sriwijaya Post 28 Agustus, 2014
    Masih Banyak Orang Anggap Remeh Bahaya RokokSriwijaya PostSRIPOKU.COM -- Tak terbantahkan lagi jika rokok merupakan salah satu faktor utama pemicu penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, stroke, dan penyakit paru kronik. Namun, ternyata bahaya ini belum disadari oleh setiap orang, ...
  • Supaya Bisa Beli Rokok, Amri dan Suhardi Curi Pipa Pertamina - Sriwijaya Post 29 Agustus, 2014
    Supaya Bisa Beli Rokok, Amri dan Suhardi Curi Pipa PertaminaSriwijaya PostSRIPOKU.COM, PRABUMULIH -- Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Prabumulih kembali meringkus tiga pelaku pencuri pipa minyak milik PT Pertamina EP Asset 2, ketika tengah memotong pipa besi di kebun karet kawasan Talang Jimar Kecamatan ...
  • Bungkus Rokok Polos yang Masih Beredar Lecehkan Pemerintah - Liputan6.com 27 Agustus, 2014
    Liputan6.comBungkus Rokok Polos yang Masih Beredar Lecehkan PemerintahLiputan6.comLiputan6.com, Jakarta Seharusnya tanggal 24 Juni 2014 menjadi momen bagi semua orang mengantisipasi perokok pemula yang semakin banyak di Indonesia. Pasalnya, saat itu, semua kemasan rokok yang beredar di masyarakat wajib mencantumkan ...and more »
  • Edarkan Serbuk Haram di Palmerah, Biondi Ditangkap Polisi - Detikcom 28 Agustus, 2014
    Edarkan Serbuk Haram di Palmerah, Biondi Ditangkap PolisiDetikcomSetelah lakukan observasi, akhirnya anggota unit narkoba berhasil menangkap tersangka di rumahnya. "Setelah menggeledah rumahnya, kita dapatkan 1,39 gram sabu yang disimpan dalam bungkus rokok," ujar Katma kepada wartawan, Kamis (28/8/2014).and more »
  • Pemerintah Gagal Lindungi Anak dari Candu Rokok - Tempo.co 26 Agustus, 2014
    Tempo.coPemerintah Gagal Lindungi Anak dari Candu RokokTempo.coTEMPO.CO, Jakarta - Direktur Eksekutif Lentera Anak Indonesia, Hery Chariansyah, menilai pemerintah telah gagal melindungi anak-anak Indonesia dari zat adiktif rokok. "Pemerintah saya sebut gagal," kata dia saat jumpa pers di Hotel Sahid Jaya, Selasa, ...Lindungi Anak dari Rokok, Pemeri […]
  • Kerajinan Kotak Rokok Bojonegoro Semakin Diminati - BeritaSatu 23 Agustus, 2014
    BeritaSatuKerajinan Kotak Rokok Bojonegoro Semakin DiminatiBeritaSatuBojonegoro - Kotak tempat rokok dengan bahan kayu jati produksi perajin di Desa Batokan, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro semakin diminati konsumen luar daerah lantaran pengaruh gambar seram atau horor di bungkus rokok sejak sebulan ...and more »

Rank

Stats

  • 372,968 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 99 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: