MITOS-MITOS ROKOK!


KEBENARAN TENTANG NIKOTIN

p160.jpg

Ketagihan Rokok Berbahaya !

Tahukah anda bahwa :

– Ketagihan nikotin dalam rokok sama ketagihannya dengan heroin atau kokain.

– Lebih muda anda mulai mengisap rokok ,maka lebih kuat rasa ketagihan anda untuk merokok.

– Kebanyakan pemakai narkoba dan peminum alkohol bermula dari perokok.

 

Bagaimana perokok menjadi ketagihan?

Nikotin merupakan racun yang bertindak langsung ke otak,merusak pemikiran dan tubuh. Apabila anda merokok , anda akan tergantung kepada nikotin . Tanpa rokok ,anda mengalami gejala-gejala yang kurang enak misalnya anda mungkin :

– Merasa cepat marah, hampa atau geram.

– Cemas atau gelisah.

– Stres dalam bekerja.

 

Kelegaan yang anda nikmati dari setiap batang rokok hanyalah sementara dan gejala-gejala tersebut akan kembali semula. Anda kemudian akan menyalakan sebatang lagi rokok dan tidak lama kemudian , anda menjadi ketagihan kepada nikotin.

 

Secara perlahan nikotin akan mengakibatkan perubahan pada sel-sel otak perokok yang menyebabkan anda merasa perlu merokok lebih banyak untuk mengatasi gejala-gejala ketagihan.

 

SANGAT MUDAH UNTUK KETAGIHAN

 

Perokok boleh menjadi ketagihan dengan cepat karena :

– Nikotin meresap ke dalam tubuh dengan mudah.

– Tidak seperti racun lain , rokok mudah didapat sehingga mudah untuk dikonsumsi.

 

Nikotin dalam asap rokok hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja untuk sampai ke otak . Mereka yang menganggap menghisap rokok dengan tidak menyalakannya adalah aman, salah besar. Karena nikotin juga dapat meresap melalui mulut, hidung dan kulit.

 

KEBIASAAN YANG MENGUNDANG MAUT

 

Ingat – rokok tidak hanya mengandung nikotin. Setiap hembusan asap juga mengandung 4.000 bahan kimia beracun yang menyebabkan penyakit serius. Itulah sebabnya mengapa ketagihan nikotin mengakibatkan lebih banyak kematian dan penyakit daripada ketagihan racun yang lain.

 

JANGAN TERPEDAYA

 

Ada rokok yang dikatakan lebih aman karena mengandung kadar nikotin yang rendah. Hal ini tidak benar ,karena rokok jenis ini sama bahayanya dengan rokok lainnya. Jadi serendah apapun kadar nikotin dalam rokok adalah berbahaya.

 

BEBASKAN DIRI ANDA

 

Jauhkan diri dari rokok – jangan sekali-kali mencobanya sebagai suatu kebanggaan. Ia hanya memerlukan bberapa batang rokok untuk menjadi ketagihan.

 

Jika anda telah menjadi seorang perokok, jangan berputus asa. Ketagihan nikotin bisa diobati tetapi seperti racun lain ,anda perlu waktu dan usaha untuk mencapai keberhasilan. Banyak perokok berputus asa apabila mencoba berhenti merokok karena mereka belum siap untuk menghadapi gejala-gejala ketagihan . Siapkan diri anda secara fisik dan mental dan dapatkan dukungan keluarga serta teman-teman anda.

 

JANGAN TERJEBAK MITOS ROKOK

 

Merokok itu keren dan modern

1. Yang benar adalah merokok membuat gigi kuning, kulit keriput, mata merah dan nafas bau. Apakah ini tandanya keren dan modern ?.

Kamu enggak ingin ketinggalan zaman sebab sekarang semua orang merokok

 

2. Yang benar adalah hanya satu diantara lima siswa SMU adalah perokok, tetaplah pada pendirianmu, beranikah untuk mengatakan “tidak”. Mereka akan mengagumimu “PD” kamu dan kamu pastinya bangga juga.

Kamu masih muda bisa berhenti kapan saja kamu mau

 

3. Yang benar adalah . Sekali kamu mencoba merokok, sulit untuk berhenti karena nikotin adalah zat aditif. Kenyataannya adalah sebagian besar perokok berat, mulai merokok pada usia remaja dan mereka sulit untuk berhenti.

 

Merokok membuat kamu seksi

 

4. Pernah dengar ? Mencium perokok seperti mencium asbakini sih keterlaluan. Tapi iya juga! Belum lagi rambut dan baju kamu berbau seperti cerobong asap.

Merokok menjadi badan langsing

 

5. Kalau ini benar , kamu nggak pernah melihat orang gemuk merokok dong! Buktinya, perokok bisa gemuk atau kurus.

Merokok bukan masalah dan tidak akan mematikan

 

6. Yang benar adalah, walaupun dibutuhkan waktu 10 – 20 tahun , tetap terbukti rokok mengakibatkan 80% terjadinya kanker paru dan 50% terjadinya serangan jantung , disamping berbagai kanker lainnya , impotensi, gangguan kesuburan dan lain-lain. Bahkan aktor cowboy Marlboropun mati karena kanker paru.

Kalau sedikit tidak apa-apa

 

7. Yang benar adalah : Berapa isapan saja sudah meningkatkan denyut jantung ,tekanan darah , kekurangan oksigen, nafas tersengal-sengal, batuk, mual, sakit kepala 43% dari orang yang merokok 3 batang saja sehari, sudah dapat menimbulkan ketagihan dan meningkatkan resiko serangan jantung 2-3 kali dibandingkan yang tidak merokok.

Kalau kamu kuat dan mandiri , tidak seorangpun bisa mengatur kamu untuk tidak merokok

 

8. Yang benar adalah : Kebebasan dan kedewasaan berarti bisa memutuskan sendiri apa yang baik bagi diri sendiri berdasarkan logika dan nalar yang benar , Tidak harus ikut-ikutan.Merokok pasti tidak jelek, buktinya diiklankan secara luas dimana-mana

 

9. Apa kamu nggak sadar bahwa tanpa keuntungan yang aduhai, iklan rokok akan rela menginvestasikan modalnya buat prosi bermilyar-milyar ? Dari mana untungnya ? Ya dari ketagihan kamu itu !.

Masa iya iklan rokok akan berbohong

 

10. Sekarang begini saja, Beli permen yang bisa diecerpun ada tulisan daftar kandungan isi dibungkusnya. Apalagi rokok yang komoditasnya mendunia . Apa kamu pernah lihat daftar kandungan bahan berbahaya di bungkus atau iklan rokok ?

Irwan Mujiono / Ahli K3 Umum.

Sumber : Training & Health Education Department Ministry of Health Singapore.

Iklan

0 Responses to “MITOS-MITOS ROKOK!”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • Keseruan Warga Trenggalek Lomba Melukis Batang Rokok - Detikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran) 22 Agustus, 2017
    Detikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran)Keseruan Warga Trenggalek Lomba Melukis Batang RokokDetikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran)Trenggalek - Tradisi nyete atau melukis batang rokok menggunakan ampas kopi yang biasa dilakukan masyarakat Tulungagung, kini merembet hingga Trenggalek. 100 Peserta dari berbagai kecamatan di Trenggalek mengikuti lomba nyete di lingkar […]
  • Pemerintah Segera Memperketat Aturan Sponsor Rokok - Tempo 21 Agustus, 2017
    TempoPemerintah Segera Memperketat Aturan Sponsor RokokTempoPelajar mengenakan topeng saat menggelar aksi kampanye #TolakJadiTarget di kawasan silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 25 Februari 2017. Aksi ni bertujuan untuk menolak perusahaan rokok yang dengan sengaja meletakkan iklan di sekitar Sekolah.Pengamat: Iklan Rokok di Bioskop, Langgar PerdaWartaEkonom […]
  • Sentimen cukai 2018 menekan harga saham rokok - Kontan 21 Agustus, 2017
    KontanSentimen cukai 2018 menekan harga saham rokokKontanKONTAN.CO.ID - Pemerintah berencana kembali menaikkan cukai rokok di tahun 2018 nanti. Meski belum pasti besaran kenaikannya, secara historikal analis melihat pasar langsung merespon negatif isu ini. Dalam Rancangan APBN (RAPBN ) 2018, ...dan lainnya »
  • Siap-siap! Harga Rokok Naik Lagi Tahun Depan - Detikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran) 21 Agustus, 2017
    Detikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran)Siap-siap! Harga Rokok Naik Lagi Tahun DepanDetikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran)"Terkait cukai, secara reguler memang akan ada kebijakan perubahan tarif rokok, ini karena landasan beberapa faktor," kata Heru di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (21/8/2017). Kenaikan tarif cukai rokok juga dilihat dari beberapa […]
  • Bea Cukai Jatim Musnahkan 2,9 Juta Rokok Ilegal - Bisnis Liputan6.com 21 Agustus, 2017
    Bisnis Liputan6.comBea Cukai Jatim Musnahkan 2,9 Juta Rokok IlegalBisnis Liputan6.comLiputan6.com, Sidoarjo - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah DJBC Jatim I KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda memusnahkan barang kena cukai (rokok) ilegal sebanyak 2,9 juta batang. Hal itu hasil penindakan periode Juli 2016-Maret 2017.Peredaran Rokok Ilegal di Sidoar […]
  • Musnahkan 2,9 Juta Batang Rokok Ilegal - Jawa Pos (Siaran Pers) (Blog) 22 Agustus, 2017
    Jawa Pos (Siaran Pers) (Blog)Musnahkan 2,9 Juta Batang Rokok IlegalJawa Pos (Siaran Pers) (Blog)SEDATI - Meski sering dirazia, produksi rokok ilegal tetap marak. Data dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Sidoarjo menyebutkan, mulai Juli 2016 hingga Maret 2017 terkumpul 2,9 juta batang rokok ilegal.Bea Cukai Sidoarjo […]
  • Kurangi Rokok, Kurangi Kemiskinan - Depok Pos 21 Agustus, 2017
    Depok PosKurangi Rokok, Kurangi KemiskinanDepok PosSebanyak 1.127 orang meninggal setiap hari akibat rokok. Demikian dikatakan Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Tulus Abadi, mengutip hasil survei Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007. Angka tersebut diperoleh ...
  • Uang untuk Beli Rokok Selama 3 Tahun ditabung ke Reksa Dana ... - Bareksa.com (Pendaftaran) 21 Agustus, 2017
    Bareksa.com (Pendaftaran)Uang untuk Beli Rokok Selama 3 Tahun ditabung ke Reksa Dana ...Bareksa.com (Pendaftaran)Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat uang yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk konsumsi rokok terbilang tidak sedikit. Andaikan seseorang bisa menghabiskan 1 bungkus rokok yang berharga Rp 15 ribu tiap harinya, maka sebulan dia telah . […]
  • Rokok Ilegal Senilai Rp 1 Miliar Dimusnahkan Bea Cukai Sidoarjo - Detikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran) 21 Agustus, 2017
    Detikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran)Rokok Ilegal Senilai Rp 1 Miliar Dimusnahkan Bea Cukai SidoarjoDetikcom (Siaran Pers) (Pendaftaran)Pemusnahan rokok ini hasil penindakan Juli 2016-Maret 2017. Jutaan rokok yang diamankan terdiri dari jenis SKM dan SPM berjumlah 2.904.549 batang dan SKT yang berjumlah 1.440 batang. Selain itu mengamankan cukai palsu senilai […]
  • Gara-gara Puntung Rokok, Lahan Proyek Gedung 3 Lantai di Jalan ... - Warta Kota 21 Agustus, 2017
    Warta KotaGara-gara Puntung Rokok, Lahan Proyek Gedung 3 Lantai di Jalan ...Warta KotaWARTA KOTA, DEPOK - Lahan proyek untuk pembangunan gedung 3 lantai di Jalan Margonda, Kelurahan Kemiri Muka, Beji, Depok, hangus terbakar, Senin (21/8/2017) sore. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, ...

Rank

Stats

  • 398,781 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: