EFEK ROKOK

.fullpost{display:inline}

MENGAPA INDUSTRI ROKOK MENGGAET KONSUMER REMAJA DAN DEWASA MUDA

  • Agar perusahaan rokok dapat bertahan mereka harus mendapatkan pengganti konsumer tetap mereka yang telah meninggal atau berhenti. Dan target utama mereka : REMAJA
  • Kebanyakan orang mulai merokok dibawah umur 18 tahun dan seperempat dari mereka memulai merokok pada umur dibawah 10 tahun.
  • Semakin muda seseorang memulai merokok semakin besar kecenderungan mereka menjadi perokk tetap dan sangat kecil kemungkinan untuk dapat berhenti

MENGAPA IKLAN, PROMOSI, ATAU SPONSORSHIP ROKOK MENGANCAM GENERASI MUDA

  • Semakin mereka terpapar dengan iklan rokok, semakin besar kecenderungan mereka untuk merokok. Industri rokok selalu mengaitkan penggunaan produk mereka dengan kepribadian yang berkualitas seperti kemewahan, kekuatan, dan penampilan menarik atau berupa jiwa petualang dan aktivitas menarik lainnya
  • Meluasnya iklan rokok, seakan membuat merokok sebagai aktivitas yang “normal”. Menggambarkan penggunaannya seperti produk-produk konsumsi lainnya, sehingga membuat remaja semakin sulit memahami akan bahaya merokok.
  • Remaja semakin menganggap remeh akan ketergantungan terhadap nikotin dan konsekuensi kesehatan berat lainnya akibat rokok.

MENGAPA KITA PERLU MELARANG IKLAN, PROMOSI, SPONSORSHIP ROKOK

  • Industri rokok mengeluarkan milliaran dollar setiap tahunnya untuk menyebarluaskan produk mereka seluas mungkin untuk menarik konsumer muda. Mereka menargetkan remaja pada lingkungan yang santai dan familiar, seperti dibioskop, di Internet, majalah fashion, konser musik, dan yang paling tragis even olahraga.
  • Industri rokok menggunakan metode yang semakin kreatif untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Iklan di billboard, di majalah, di internet, merupakan contoh kecil ide marketing mereka. Industri rokok juga memastikan produk mereka mudah terlihat di bioskop, di televisi, dan dunia fashion. Perusahaan rokok mensponsori berbagai even hiburan atau olahraga dan mengorganisir berbagai macam jenis kegiatan promo dalam usahanya untuk menjaga dan memenangkan hati konsumer mereka.
  • Hanya larangan mutlak yang dapat mematahkan jejaring marketing produk rokok. Industri rokok memiliki sangat banyak cara untuk menargetkan remaja dan larangan parsial hanya dapat membuat mereka merubah taktik promosional mereka dari metode yang lama menjadi metode yang lebih dapat diterima.


APAKAH REMAJA PADA NEGARA BERKEMBANG YANG PALING BERESIKO ? BAGAIMANA DENGAN REMAJA PEREMPUAN?

  • Lebih 80% dari total 1,8 miliar remaja (10-24 tahun) tinggal di negara berkembang dan mereka merupakan target dari industri rokok yang agresif. 4 dari 5 remaja yang tinggal di negara berkembang telah pernah dan sering melihat iklan produk rokok.
  • Industri rokok secara spesifik menargetkan konsumer wanita muda dan remaja perempuan melalui iklan, promosi, dan sponsorship. Strategi pemasaran yang mutakhir mendorong wanita muda dan remaja perempuan untuk mengonsumsi rokok dan mencoba untuk melemahkan kultur “wanita tidak merokok” pada negara dimana perempuan tidak lazim merokok.
  • Peningkatan konsumsi rokok pada wanita muda dan remaja perempuan merupakan salah satu perkembangan yang terburuk dari epidemik rokok global.

APAKAH LARANGAN MUTLAK IKLAN ROKOK SATU-SATUNYA CARA UNTUK MELINDUNGI REMAJA DARI ROKOK

  • Larangan total (Mutlak) terhadap Iklan, promosi, sponsorship rokok merupakan cara yang kuat untuk melindungi remaja dan satu dari 6 Strategi MPOWER yang dimiliki World Health Organization untuk memerangi penggunaan rokok
  • 6 Strategi MPOWER membantu negara-negara untuk melindungi remaja mereka dari epidemi rokok yang dapat membunuh satu miliar orang di abad ini.
APA SIH EFEK MEROKOK?! Gambar1. Efek untuk perokok aktifGambar 2. Efek rokok kepada perokok pasif

Untuk direnungkan…

Yakinlah, semua orang akan mati, tapi saya memilih tidak menghiasi kematian saya dengan paru yang busuk, kanker di kerongkongan, anak-anak saya yang masih kecil meratapi makam ayahnya, atau penderitaan keluarga saya akibat mengurus dan membiayai saya di rumah sakit karena sakit kronis yang disebabkan oleh rokok. -Husnul Mubarak

SELAMAT HARI ANTI-ROKOK SEDUNIA

About these ads

5 Responses to “EFEK ROKOK”


  1. 1 satya sembiring 20 Juli, 2008 pukul 9:14 am

    pada saat saya menulis komentar ini. di sebuah mall di batam. juga sedang genjar gencarnya iklan rokok. audisi band yang di sponsori oleh perusahan rokok. sambil menawarkan produk baru mereka.
    lihat lah bertapa bebasnya racun itu di sebarkan

  2. 3 Husnul Mubarak 27 Oktober, 2008 pukul 11:05 pm

    saya kagum dengan blog ini…memang dibuat untuk mengajak perokok untuk berhenti dan melarang non-perokok untuk mencoba…Kembangkan terus mas…saya akan membantumu, postingan dari blog saya mas bisa copy paste, nanti saya posting lagi artikel anti-rokok.

    Husnul Mubarak,S.Ked

  3. 4 ochie 30 September, 2009 pukul 2:55 pm

    pas banget
    saya mau bikin skripsi ttg penjualan rokok

  4. 5 gidion 3 Juni, 2010 pukul 9:41 am

    y sya setuju krn rokok buat orng ati dan saya bertria kasih pd situs ini ktrn membuat sya berhenti merokok


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 99 pengikut lainnya.

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056




jakarta bebas rokok


jakarta bebas rokok


green radio jakarta


kawasan dilarang merokok




RSS Google News

  • Pemerintah Susun Regulasi Atur dan Pertahankan Industri Rokok - Tribun Medan 28 Maret, 2015
    Tribun MedanPemerintah Susun Regulasi Atur dan Pertahankan Industri RokokTribun MedanMenteri Perindustrian Saleh Husin melinting sigaret kretek tangan disaksikan Dirjen Industri Agro Kemenperin Panggah Susanto, Direktur Keuangan PT Gudang Garam Tbk. Herry Susianto, dan Wakil Direktur SDM & PU PT. GG Slamet Budiono di Unit VIII PT ...Terjepit, Pelaku Indu […]
  • Cukai Rokok Naik, Saham GGRM Belum Membaik - Bisnis.com (Siaran Pers) 28 Maret, 2015
    Bisnis.com (Siaran Pers)Cukai Rokok Naik, Saham GGRM Belum MembaikBisnis.com (Siaran Pers)Tarif cukai rokok telah mengalami kenaikan sebesar 8,72% pada Januari 2015. Namun, demi mengejar target penerimaan cukai dari Rp118 triliun pada 2014 menjadi Rp147 triliun tahun ini, Kementerian Keuangan akan kembali melakukan langkah serupa.
  • Pemerintah musuhi rokok, Khofifah malah bagi-bagi ke anak rimba - merdeka.com 28 Maret, 2015
    merdeka.comPemerintah musuhi rokok, Khofifah malah bagi-bagi ke anak rimbamerdeka.comMerdeka.com - Peredaran rokok di Tanah Air semakin tak terbendung. Dampaknya, semua kalangan termasuk anak-anak dapat membelinya dengan mudah. Apalagi, belum ada yang menegaskan penjual harus kritis pada pembeli di bawah umur tahun.
  • Kawasan Bebas Rokok Kota Bekasi Diapresiasi - BeritaSatu 27 Maret, 2015
    Kawasan Bebas Rokok Kota Bekasi DiapresiasiBeritaSatu"Kehadiran Kawasan Tanpa Rokok ini tentu akan berdampak juga kepada masyarakat yang tidak merokok. Sebab hak-hak mereka untuk terbebas dari paparan asap rokok ikut terlindungi," kata Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Provinsi Jabar Dede Suherlan, ...dan lainnya »
  • YLKI Ancam Bawa Dua Menteri ke Pengadilan Gara-gara Rokok - Bisnis Liputan6.com 27 Maret, 2015
    Bisnis Liputan6.comYLKI Ancam Bawa Dua Menteri ke Pengadilan Gara-gara RokokBisnis Liputan6.comLiputan6.com, Jakarta Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Solidaritas Advokat untuk Pengendalian Tembakau (SAPTA) siap membawa dua menteri Joko Widodo (Jokowi) atas kasus pembagian rokok gratis kepada orang rimba (suku anak ...PPMI Sektor Rokok, Tembakau […]
  • Polda Jatim Grebek Jaringan Agen Rokok Palsu - Metro TV News 26 Maret, 2015
    Metro TV NewsPolda Jatim Grebek Jaringan Agen Rokok PalsuMetro TV NewsDalam aksi penggerebekan itu, lanjut dia, Ditreskrimsus Polda Jatim berhasil mengamankan barang bukti ribuan batang rokok yang belum terbungkus. Ratusan bungkus rokok yang siap edar, beserta cukai palsu yang belum terpasang juga berhasil disita ...Lagi Ribuan Bungkus Rokok Tak Berizin Disi […]
  • Kemenperin Usulkan Cukai Rokok Ini Tetap Rendah - Bisnis Liputan6.com 27 Maret, 2015
    Bisnis Liputan6.comKemenperin Usulkan Cukai Rokok Ini Tetap RendahBisnis Liputan6.comLiputan6.com, Kediri - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menginginkan supaya cukai untuk rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) tetap rendah. Hal itu untuk melindungi industri rokok yang bergerak di sektor bisnis SKT. Apalagi, kini SKT sudah mulai ...Pengusaha rokok minta ke […]
  • PPN 10% Tembakau Tekan Industri Rokok - Bisnis Liputan6.com 27 Maret, 2015
    Bisnis Liputan6.comPPN 10% Tembakau Tekan Industri RokokBisnis Liputan6.comDirektur Industri Minuman dan Tembakau Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Faiz Achmad mengatakan, kebijakan itu akan memberatkan industri rokok. Lantaran, kenaikan tersebut akan berimbas pada menurunnya daya beli masyarakat.
  • Bagi Rokok ke Orang Rimba, Mensos Dikecam YLKI - Republika Online 21 Maret, 2015
    Republika OnlineBagi Rokok ke Orang Rimba, Mensos Dikecam YLKIRepublika OnlineREPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengkritik tindakan menteri sosial, Khofifah Indah Parawansah yang membagikan rokok pada orang rimba Jambi. Tindakan ini soalnya melanggar Peraturan Pemerintah dan ...Mensos Bagikan Rokok Gratis ke Orang Rimba, YLKI […]
  • Luna Maya: Pasangan Saya Anti Rokok! - Sriwijaya Post 27 Maret, 2015
    Sriwijaya PostLuna Maya: Pasangan Saya Anti Rokok!Sriwijaya Post"Pasangan saya anti rokok!" ceplos Luna saat dijumpai tabloidnova.com di acara 'Basa-basi', Gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (27/3/2015). Luna tak memungkiri jika gaya hidup sehat yang dijalaninya dua tahun terakhir ini, ...Ini Yang Mempengaruhi L […]

Rank

Stats

  • 386,512 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 99 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: