Miris…Bocah 2 Tahun Doyan Merokok Sejak Berusia 8 Bulan

Miris…inilah kata yang tepat untuk berita dibawah ini. Inilah salah satu bukti bahwa buruh rokok selalu menjadi korban keserakahan kapitalis cukong-cukong pabrik rokok yang mengeruk hasil kekayaan alam Indonesia untuk memperkaya diri sendiri dan meracuni rakyat Indonesia sehingga sampai bocah 2 tahun pun ketagihan merokok. Sebuah bukti bahwa bisnis “haram” ini tidak akan pernah memperoleh manfaat sedikit pun. Komnas Perlindungan anak dan MUI harus segera menyikapi masalah ini karena menyangkut kepentingan masa depan anak bangsa dan keluarga Indonesia.

MALANG – Bangun tidur masih mencari dot susu, Maulana (2), telah terbiasa merokok layaknya orang dewasa. Kebiasaan yang kurang baik bagi anak seumurannya tersebut, sudah berlangsung mulai umur 8 bulan setelah keluar dari kandungan.


Maulana, anak dari pasangan suami istri yang telah berpisah, Suwarno dan Sulastri ini, sudah terbiasa merokok. Setiap hari minimal tiga batang rokok yang akan dihisapnya. Jenis rokok yang dihisap juga tidak sembarangan, hanya rokok kretek merek BMW yang disenanginya, selain itu, ia enggan menghisap.

Kebiasaan Maulana warga Dusun Sonosari RT 46 RW 08 Desa Kebon Agung Kecamatan Pakisaji, dijalani setiap hari mulai bangun tidur pagi hari, seusai makan dan minum susu melalui dot karet yang memang disediakan oleh ibunya, Sulastri. Setelah makan dan minum susu melalui dot, baru Maulana merokok layaknya orang dewasa.

Aktifitas merokok ini, dilakukan layaknya orang dewasa yang habis makan kurang pas apabila tidak merokok. Hanya saja, meski Sulastri, ibunya, serta neneknya, Paini, dan kakeknya sendiri, Kusyanto, tahu bahwa hal tersebut buruk bagi si anak, mereka mengaku tidak kuasa melarang kebiasaan anak tersebut.

“Kalau dilarang biasanya marah dan barang dibanting, tapi tidak sampai sakit kok. Cuma kita jatah hanya 3 batang rokok saja setiap hari,” terang neneknya, Paini (48).

Menurutnya, awal kebiasaan tersebut karena kakeknya yang membolehkan coba-coba merokok si anak. Sehingga, sampai saat ini kebiasaan tersebut tetap berlanjut. Tapi, keluarganya tetap berharap kelak saat Maulana mulai bersekolah, kebiasaan tersebut terhenti.

“Kita memang telah periksakan ke dokter kesehatannya, tapi tidak ada masalah. Kita khawatir sebelumnya dengan kebiasaan ini,” ujarnya.

Ibunya sendiri, setiap hari adalah buruh pabrik rokok Penamas yan ada di Kebon Agung juga. Saat Sindo menyambangi ke rumah Maulana, ibunya sedang tidak ada di rumah, berada di pabrik rokok Penamas.

Sementara itu, tetangga Maulana yang rumahnya terpisah oleh satu rumah, Budi Setyawan, (23), tidak pernah makan nasi mulai lahir. Setiap harinya, dia makan tempe yang sengaja dibeli ibunya untuk dikonsumsi anaknya.

Menurut tetangganya, yang kebetulan berada di rumah Budi, anak tersebut tidak pernah mau makan nasi. Hanya tempe yang mau dimakan, serta beberapa camilan lainnya. “Iya memang tidak pernah makan nasi kok,” terangnya di rumah Budi, dan Budi sendiri lebih menghindar masuk ke kamarnya. (Zia Ulhaq/Sindo/ded)

mempekerjakan ribuan tenaga buruh murah adalah cara berlindung para kapitalis pengusaha rokok.agar bisnis sampahnya terus berjalan,karena para buruh yang dibayar murah itulah yang menjadi alasannya.saya belum mengetahui adakah satu daerah yang masyarakatnya menjadi makmur dan sejahtera dari pabrik rokok.yang saya tahu masyarakat hanya menjadi buruh yang bekerja dengan bayaran rendah,dengan hasil yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja. seharusnya pemerintah tak perlu takut menutup pabrik rokok, hanya karena alasan nasib para pekerjanya. TUHAN yang maha adil selalu menebar rezeki bagi siapapun yang hidup di alamNYA. kenapa..? para buruh rokok takut tak memiliki mata pencarian jika tak bekerja di pabrik rokok,buat apa kita jadi manusia yang dianugerhi akal dan pikiran untuk mencari rezeki yang lebih baik. BATASI IKLAN ROKOK YANG MEMBODOHI GENERASI BANGSA. TUTUP PABRIKNYA. BOIKOT PRODUKNYA. DUKUNG TERUS GERAKAN ANTI ROKOK.. SEMOGA TUHAN MEMBUKAKAN PINTU HATI DAN PIKIRAN PARA PEROKOK ATAS KEKUFURAN,KE EGOISAN DAN KEKELIRUANNYA SELAMA INI….Trims untuk Robani atas Solusinya

sumber : okezone

Iklan

8 Responses to “Miris…Bocah 2 Tahun Doyan Merokok Sejak Berusia 8 Bulan”


  1. 1 pakdejack 2 Desember, 2008 pukul 12:03 pm

    wah kalo msh kecil aja udah kyk gt, kalo udah gede gmn ya?

  2. 2 ook 18 Desember, 2008 pukul 9:22 am

    masih kecil sudah dibiasakan merokok,,harusnya orang tua,lingkungan dan pemerintah melindungi hak anak

  3. 3 galuhsurya 20 Desember, 2008 pukul 11:05 am

    Kebetulan saya berdomisili di kota Malang.

    Bocah di atas saya pikir terlalu malang… Walaupun setelah diperiksakan ke dokter tidak (baca: belum) ada masalah, tapi semakin bertambah umur pastilah akan ketahuan masalahnya… Karena sudah merokok saja sudah merupakan masalah… Betul!!!!

    Kurangnya pendidikan mengenai bahaya rokok dari orang tua + rendahnya pengawasan mungkin menjadi penyebab utamanya… Padahal sudah cukup banyak kita lihat di blog ini dampak negatif merokok.. Wahai Ibu, kasihan anakmu masih kecil sudah mulai menumpuk penyakit di tubuhnya.. Ibu mana yang sanggup????

    Sang ibu saya rasa harus lebih kreatif lagi dalam mengalihkan perhatiannya pada rokok. Kalau berusaha pasti bisa. Nothing is Impossible…!!! Pada awalnya pasti akan muncul banyak penolakan dan timbul perilaku yang mendorong dia untuk memberontak. Tapi lama-kelamaan dengan pengawasan dan kasih sayang serta perhatian yang seksama akan mengubah semua itu. Dalam usia seperti itu, dia relatif masih bisa dibentuk. Saya yakin ibu tersebut mampu melakukannya. Perlu dingat juga bahwa perilaku negatif anak karena ketiadaan rokok, diakibatkan oleh rokok itu sendiri yang sudah mengakibatkan dia kecanduan.. Allohuakbar..

    Semoga anak itu bisa tumbuh besar menjadi anak yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarga, agama, bangsa dan negaranya..

  4. 4 Iman Sulaeman 23 Januari, 2009 pukul 6:02 pm

    Ada metode baru untuk mengurangi atau bahkan bisa berhenti rokok dengan cara Meroko pake Rokok Herbal. untuk lebih jelasnya bisa lihat di http://www.rokokherbal.com atau menghubungi saya di 0813.1132.6097 atau di 021.9223.7193 salam Iman Sulaeman RH0313

  5. 5 Iman Sulaeman 23 Januari, 2009 pukul 6:05 pm

    CARA SEHAT BAGI PEROKOK
    Ada metode baru untuk mengurangi atau bahkan bisa berhenti rokok dengan cara Meroko pake Rokok Herbal. untuk lebih jelasnya bisa lihat di http://www.rokokherbal.com atau menghubungi saya di 0813.1132.6097 atau di 021.9223.7193 salam Iman Sulaeman RH0313

  6. 6 reo 1 April, 2010 pukul 8:05 pm

    tanda-tanda akhir zaman

  7. 7 juli 8 April, 2010 pukul 8:11 am

    wAdUh gwde bs jd bahaya th anak…

  8. 8 andra yulia 9 April, 2010 pukul 9:55 am

    Aneeh.. klo orangtuanya smpai tdk pnya kuasa menahan keinginan anak yg msh tiga thn… klo dia ngmbek or nangis, biarin aja.. toh akhirnya itu untuk kbaikan dia kedepannya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • This RSS feed URL is deprecated 16 Juli, 2018
    This RSS feed URL is deprecated, please update. New URLs can be found in the footers at https://news.google.com/news
  • Produksi Rokok Sejak Awal Tahun Terus Turun, Ini Sebabnya ... - Tempo.co 16 Juli, 2018
    Tempo.coProduksi Rokok Sejak Awal Tahun Terus Turun, Ini Sebabnya ...Tempo.coKetua Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia Ismanu Soemiran menyatakan produksi rokok selama empat bulan pertama pada 2018 turun 7 persen.dan lainnya »
  • Beras dan Rokok Penyumbang Terbesar Kemiskinan - CNN Indonesia 16 Juli, 2018
    CNN IndonesiaBeras dan Rokok Penyumbang Terbesar KemiskinanCNN IndonesiaAdapun berdasarkan daftar komoditinya, beras dan rokok kretek filter masih berkontribusi pada pengeluaran penduduk miskin. Bagi penduduk miskin perkotaan, beras dan rokok berkontribusi masing-masing sebesar 20,95 persen dan 11,07 persen pada ...Rokok sumbang kemiskinan di Sumatera BaratA […]
  • Peneliti: Vape banyak dijadikan peralihan produk rokok konvensional - merdeka.com 16 Juli, 2018
    merdeka.comPeneliti: Vape banyak dijadikan peralihan produk rokok konvensionalmerdeka.comMerdeka.com - Peneliti sekaligus dosen Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Padjajaran, Dr. Satriya Wibawa Suhardjo menyebut bahwa rokok elektrik atau yang biasa disebut vape banyak dijadikan pilihan produk alternatif ...
  • Hati-hati, Penjambretan Bermodus Pura-pura Terluka karena Abu ... - KOMPAS.com 16 Juli, 2018
    KOMPAS.comHati-hati, Penjambretan Bermodus Pura-pura Terluka karena Abu ...KOMPAS.comJAKARTA, KOMPAS.com - Polsek Kebon Jeruk menangkap dua penjambret berinisial DJ (25) dan RA (25) di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat pada Minggu (15/7/2018). Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Marbun mengatakan, kedua penjambret melancarkan ...Beraksi di Kebon Jeruk, Jambret Bande […]
  • Produksi Rokok Turun 7% Sepanjang Januari-April 2018, Kenapa Ya? - Bisnis.com 15 Juli, 2018
    Bisnis.comProduksi Rokok Turun 7% Sepanjang Januari-April 2018, Kenapa Ya?Bisnis.comIsmanu Soemiran, Ketua Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri), menyatakan volume penurunan produksi rokok yang terjadi seiring dengan kenaikan cukai setiap tahun, lanjutnya, mengakibatkan jumlah produsen rokok menurun hingga ...dan lainnya »
  • Go Barter, Aksi Sosial Kurangi Pencadu Rokok Dengan Pisang - Detikcom (Siaran Pers) 14 Juli, 2018
    Detikcom (Siaran Pers)Go Barter, Aksi Sosial Kurangi Pencadu Rokok Dengan PisangDetikcom (Siaran Pers)Sukabumi - Aksi sosial mengurangi kecanduan rokok digelar secara kreatif oleh sekelompok anak muda dari sejumlah komunitas yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. Aksi bernama Go Barter ini dilakukan dengan cara menukar dua batang rokok dengan satu ...
  • Industri Rokok Kian Tertekan, Ini Penyebabnya - Bisnis.com 15 Juli, 2018
    Bisnis.comIndustri Rokok Kian Tertekan, Ini PenyebabnyaBisnis.comBinsis.com, JAKARTA — Tekanan di industri pengolahan tembakau terus berlanjut sepanjang tahun ini setelah pada tahun lalu mencatatkan kinerja negatif, sejalan dengan anomali cuaca dan konsumsi rokok yang menurun. Abdul Rochim, Direktur Industri ...
  • Unhas Jadi Kampus Kawasan Tanpa Rokok Pertama di Sulawesi - Tribun Timur 15 Juli, 2018
    Tribun TimurUnhas Jadi Kampus Kawasan Tanpa Rokok Pertama di SulawesiTribun TimurLaporan Wartawan Tribun Timur, Munawwarah Ahmad. TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Hasanuddin Centre for Tobacco Control And Non-Communicable Disease Prevention (Hasanuddin CONTACT) menggelar 1st Symposium on Tobacco Control and ...dan lainnya »
  • Go Barter, Aksi Tukar Rokok dengan Pisang - Detikcom (Siaran Pers) 14 Juli, 2018
    Detikcom (Siaran Pers)Go Barter, Aksi Tukar Rokok dengan PisangDetikcom (Siaran Pers)Jakarta detikNews - Sekelompok anak muda di Sukabumi membuat program menarik Go Barter. Program ini mengajak menukar dua batang rokok dengan satu buah pisang. Go Barter, Aksi Tukar Rokok dengan Pisang. Aksi sosial ini untuk mengurangi ...
  • Ketika Jamaah Haji Kucing-Kucingan Bawa Rokok - Republika Online 16 Juli, 2018
    Republika OnlineKetika Jamaah Haji Kucing-Kucingan Bawa RokokRepublika OnlineBegitu santai, Tom Sutomo mengisap sebatang rokok seusai mengikuti prosesi serah terima rombongan jamaah haji kloter kedua dari Kementerian Agama Kabupaten Tegal kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Donohudan, ...

Rank

Stats

  • 409,258 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com
Iklan

%d blogger menyukai ini: