Miris…Bocah 2 Tahun Doyan Merokok Sejak Berusia 8 Bulan

Miris…inilah kata yang tepat untuk berita dibawah ini. Inilah salah satu bukti bahwa buruh rokok selalu menjadi korban keserakahan kapitalis cukong-cukong pabrik rokok yang mengeruk hasil kekayaan alam Indonesia untuk memperkaya diri sendiri dan meracuni rakyat Indonesia sehingga sampai bocah 2 tahun pun ketagihan merokok. Sebuah bukti bahwa bisnis “haram” ini tidak akan pernah memperoleh manfaat sedikit pun. Komnas Perlindungan anak dan MUI harus segera menyikapi masalah ini karena menyangkut kepentingan masa depan anak bangsa dan keluarga Indonesia.

MALANG – Bangun tidur masih mencari dot susu, Maulana (2), telah terbiasa merokok layaknya orang dewasa. Kebiasaan yang kurang baik bagi anak seumurannya tersebut, sudah berlangsung mulai umur 8 bulan setelah keluar dari kandungan.


Maulana, anak dari pasangan suami istri yang telah berpisah, Suwarno dan Sulastri ini, sudah terbiasa merokok. Setiap hari minimal tiga batang rokok yang akan dihisapnya. Jenis rokok yang dihisap juga tidak sembarangan, hanya rokok kretek merek BMW yang disenanginya, selain itu, ia enggan menghisap.

Kebiasaan Maulana warga Dusun Sonosari RT 46 RW 08 Desa Kebon Agung Kecamatan Pakisaji, dijalani setiap hari mulai bangun tidur pagi hari, seusai makan dan minum susu melalui dot karet yang memang disediakan oleh ibunya, Sulastri. Setelah makan dan minum susu melalui dot, baru Maulana merokok layaknya orang dewasa.

Aktifitas merokok ini, dilakukan layaknya orang dewasa yang habis makan kurang pas apabila tidak merokok. Hanya saja, meski Sulastri, ibunya, serta neneknya, Paini, dan kakeknya sendiri, Kusyanto, tahu bahwa hal tersebut buruk bagi si anak, mereka mengaku tidak kuasa melarang kebiasaan anak tersebut.

“Kalau dilarang biasanya marah dan barang dibanting, tapi tidak sampai sakit kok. Cuma kita jatah hanya 3 batang rokok saja setiap hari,” terang neneknya, Paini (48).

Menurutnya, awal kebiasaan tersebut karena kakeknya yang membolehkan coba-coba merokok si anak. Sehingga, sampai saat ini kebiasaan tersebut tetap berlanjut. Tapi, keluarganya tetap berharap kelak saat Maulana mulai bersekolah, kebiasaan tersebut terhenti.

“Kita memang telah periksakan ke dokter kesehatannya, tapi tidak ada masalah. Kita khawatir sebelumnya dengan kebiasaan ini,” ujarnya.

Ibunya sendiri, setiap hari adalah buruh pabrik rokok Penamas yan ada di Kebon Agung juga. Saat Sindo menyambangi ke rumah Maulana, ibunya sedang tidak ada di rumah, berada di pabrik rokok Penamas.

Sementara itu, tetangga Maulana yang rumahnya terpisah oleh satu rumah, Budi Setyawan, (23), tidak pernah makan nasi mulai lahir. Setiap harinya, dia makan tempe yang sengaja dibeli ibunya untuk dikonsumsi anaknya.

Menurut tetangganya, yang kebetulan berada di rumah Budi, anak tersebut tidak pernah mau makan nasi. Hanya tempe yang mau dimakan, serta beberapa camilan lainnya. “Iya memang tidak pernah makan nasi kok,” terangnya di rumah Budi, dan Budi sendiri lebih menghindar masuk ke kamarnya. (Zia Ulhaq/Sindo/ded)

mempekerjakan ribuan tenaga buruh murah adalah cara berlindung para kapitalis pengusaha rokok.agar bisnis sampahnya terus berjalan,karena para buruh yang dibayar murah itulah yang menjadi alasannya.saya belum mengetahui adakah satu daerah yang masyarakatnya menjadi makmur dan sejahtera dari pabrik rokok.yang saya tahu masyarakat hanya menjadi buruh yang bekerja dengan bayaran rendah,dengan hasil yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja. seharusnya pemerintah tak perlu takut menutup pabrik rokok, hanya karena alasan nasib para pekerjanya. TUHAN yang maha adil selalu menebar rezeki bagi siapapun yang hidup di alamNYA. kenapa..? para buruh rokok takut tak memiliki mata pencarian jika tak bekerja di pabrik rokok,buat apa kita jadi manusia yang dianugerhi akal dan pikiran untuk mencari rezeki yang lebih baik. BATASI IKLAN ROKOK YANG MEMBODOHI GENERASI BANGSA. TUTUP PABRIKNYA. BOIKOT PRODUKNYA. DUKUNG TERUS GERAKAN ANTI ROKOK.. SEMOGA TUHAN MEMBUKAKAN PINTU HATI DAN PIKIRAN PARA PEROKOK ATAS KEKUFURAN,KE EGOISAN DAN KEKELIRUANNYA SELAMA INI….Trims untuk Robani atas Solusinya

sumber : okezone

8 Responses to “Miris…Bocah 2 Tahun Doyan Merokok Sejak Berusia 8 Bulan”


  1. 1 pakdejack 2 Desember, 2008 pukul 12:03 pm

    wah kalo msh kecil aja udah kyk gt, kalo udah gede gmn ya?

  2. 2 ook 18 Desember, 2008 pukul 9:22 am

    masih kecil sudah dibiasakan merokok,,harusnya orang tua,lingkungan dan pemerintah melindungi hak anak

  3. 3 galuhsurya 20 Desember, 2008 pukul 11:05 am

    Kebetulan saya berdomisili di kota Malang.

    Bocah di atas saya pikir terlalu malang… Walaupun setelah diperiksakan ke dokter tidak (baca: belum) ada masalah, tapi semakin bertambah umur pastilah akan ketahuan masalahnya… Karena sudah merokok saja sudah merupakan masalah… Betul!!!!

    Kurangnya pendidikan mengenai bahaya rokok dari orang tua + rendahnya pengawasan mungkin menjadi penyebab utamanya… Padahal sudah cukup banyak kita lihat di blog ini dampak negatif merokok.. Wahai Ibu, kasihan anakmu masih kecil sudah mulai menumpuk penyakit di tubuhnya.. Ibu mana yang sanggup????

    Sang ibu saya rasa harus lebih kreatif lagi dalam mengalihkan perhatiannya pada rokok. Kalau berusaha pasti bisa. Nothing is Impossible…!!! Pada awalnya pasti akan muncul banyak penolakan dan timbul perilaku yang mendorong dia untuk memberontak. Tapi lama-kelamaan dengan pengawasan dan kasih sayang serta perhatian yang seksama akan mengubah semua itu. Dalam usia seperti itu, dia relatif masih bisa dibentuk. Saya yakin ibu tersebut mampu melakukannya. Perlu dingat juga bahwa perilaku negatif anak karena ketiadaan rokok, diakibatkan oleh rokok itu sendiri yang sudah mengakibatkan dia kecanduan.. Allohuakbar..

    Semoga anak itu bisa tumbuh besar menjadi anak yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarga, agama, bangsa dan negaranya..

  4. 4 Iman Sulaeman 23 Januari, 2009 pukul 6:02 pm

    Ada metode baru untuk mengurangi atau bahkan bisa berhenti rokok dengan cara Meroko pake Rokok Herbal. untuk lebih jelasnya bisa lihat di http://www.rokokherbal.com atau menghubungi saya di 0813.1132.6097 atau di 021.9223.7193 salam Iman Sulaeman RH0313

  5. 5 Iman Sulaeman 23 Januari, 2009 pukul 6:05 pm

    CARA SEHAT BAGI PEROKOK
    Ada metode baru untuk mengurangi atau bahkan bisa berhenti rokok dengan cara Meroko pake Rokok Herbal. untuk lebih jelasnya bisa lihat di http://www.rokokherbal.com atau menghubungi saya di 0813.1132.6097 atau di 021.9223.7193 salam Iman Sulaeman RH0313

  6. 6 reo 1 April, 2010 pukul 8:05 pm

    tanda-tanda akhir zaman

  7. 7 juli 8 April, 2010 pukul 8:11 am

    wAdUh gwde bs jd bahaya th anak…

  8. 8 andra yulia 9 April, 2010 pukul 9:55 am

    Aneeh.. klo orangtuanya smpai tdk pnya kuasa menahan keinginan anak yg msh tiga thn… klo dia ngmbek or nangis, biarin aja.. toh akhirnya itu untuk kbaikan dia kedepannya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • Cuma Sebatang Rokok Sehari Tetap Bikin Cepat Mati - Health Liputan6.com 8 Desember, 2016
    Cuma Sebatang Rokok Sehari Tetap Bikin Cepat MatiHealth Liputan6.comBanyak orang berpikir seperti di atas: bahwa hanya mengisap sebatang rokok tidak memengaruhi kesehatan. Faktanya, meskipun hanya merokok sebatang saja tetap memperbesar kemungkinan cepat mati dibandingkan dengan yang tidak merokok.
  • Kawasan Tanpa Rokok, Fasilitas Umum Jadi Tantangan - Radar Banyumas 8 Desember, 2016
    Radar BanyumasKawasan Tanpa Rokok, Fasilitas Umum Jadi TantanganRadar BanyumasBerdasarkan Perda tentang KTR, fasum menjadi salah satu kawasan yang harus bebas kegiatan merokok, atau jual beli rokok. Adapun fasum yang masuk dalam KTR antara lain pasar, terminal, tempat wisata, hotel, halte, gedung pertemuan, pertokoan, ...KTR Segera Berlaku di SidrapRakyatku. […]
  • Pemusnahan Bergelombang, Dominan Rokok, Tembakau dan Miras - Sumatera Ekspres Online 8 Desember, 2016
    Pemusnahan Bergelombang, Dominan Rokok, Tembakau dan MirasSumatera Ekspres Online"Di wilayah Sumbagsel lebih banyak ke sitaan miras, rokok ilegal, tembakau iris, bibit dan seks toy. Sedangkan untuk beras dan bawang hampir tidak pernah," aku RR Devi Rahayu, Kasubag Humas Bea cukai Kanwil Sumbagsel, dibincangi disela-sela ...
  • Tentang Lokasi Pemasangan Iklan Rokok Dispenda dan Dinkes ... - Saibumi.com 8 Desember, 2016
    Saibumi.comTentang Lokasi Pemasangan Iklan Rokok Dispenda dan Dinkes ...Saibumi.comSaibumi.com, Gedongtataan - Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran beda pendapat tentang penempatan banner iklan rokok yang terpasang di aeral tempat ibadah. Menurut Dispenda asal tidak di ...
  • VIDEO - Sehari Isap 30 Batang Rokok, Nenek Asal Nepal Ini Tetap ... - Surya 8 Desember, 2016
    SuryaVIDEO - Sehari Isap 30 Batang Rokok, Nenek Asal Nepal Ini Tetap ...SuryaDalam sehari, perempuan yang tinggal di kawasan perbukitan Nuwakot, Nepal ini, bisa merokok hingga 30 batang. Dikutip dari UPI.com, meski perokok berat, namun nenek Batuli ini adalah seorang yang aktif. "Bukan karena rokoknya. Anda akan meninggal ...
  • Pemkot Solo akan Terbitkan Perda Kawasan Tanpa Asap Rokok - Republika Online 6 Desember, 2016
    Republika OnlinePemkot Solo akan Terbitkan Perda Kawasan Tanpa Asap RokokRepublika OnlineREPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota Solo tengah merencanakan untuk menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang kawasan tanpa asap rokok. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsing mengatakan Pemkot Solo bermaksud ...dan lainnya »
  • Hasil Penelitian: Rokok Elektrik Memiliki Resiko Lebih Rendah Dari ... - Tribun Bali 6 Desember, 2016
    Tribun BaliHasil Penelitian: Rokok Elektrik Memiliki Resiko Lebih Rendah Dari ...Tribun BaliTRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Di tengah perkembangan zaman, kebiasaan merokok yang diketahui dapat mengancam kesehatan bahkan menyebabkan kematian seseorang. Kini mulai bergeser dengan hadirnya rokok elektrik atau yang sering disebut ...
  • Iklan Rokok Diminta Jangan Dipasang Dekat Sekolah - Republika Online 5 Desember, 2016
    Republika OnlineIklan Rokok Diminta Jangan Dipasang Dekat SekolahRepublika Online"Jika ingin mencegah anak menjadi perokok pemula, perusahaan rokok harus berhenti mengiklankan produknya, tidak cukup hanya dengan menempel stiker 18+," kata Ketua Lentera Anak Lisda Sundari dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (4/12).
  • 10 Hisapan Rokok Elektrik Sudah Bisa Rusak Jantung - Health Liputan6.com 5 Desember, 2016
    10 Hisapan Rokok Elektrik Sudah Bisa Rusak JantungHealth Liputan6.comPaparan yang sangat singkat pada uap rokok elektrik tersebut, menunjukkan dampak pada integritas pembuluh darah yang mengarah ke aterosklerosis di masa depan, atau lebih dikenal sebagai pengerasan arteri. Bahkan tingkat EPC tersebut baru bisa ...dan lainnya »
  • Sulitnya Menembus Pasar Rokok China - Swa 7 Desember, 2016
    SwaSulitnya Menembus Pasar Rokok ChinaSwaDengan jumlah penduduknya yang besar, China menjadi pasar rokok terbesar di dunia. Bayangkan, 43% rokok dunia habis dibakar di Negeri Tirai Bambu. Meski begitu, tidak sembarang perusahaan bisa ikut menikmati kue yang menjanjikan tersebut.dan lainnya »

Rank

Stats

  • 394,958 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: