Di Amerika, Rokok makin tak populer

Indonesia saat ini dilabeli surga bagi perokok. Tapi bisa jadi, seiring bergulirnya waktu, Indonesia akan seperti negara maju pada umumnya yang kini punya tradisi baru: merokok kian tak populer. Pertengahan Juli hingga awal Agustus lalu, wartawan detikcom dan dua wartawan dari media nasional lainnya diundang Deplu AS untuk bertamu ke negeri Paman Sam. Ada 5 kota yang dikunjungi dan itu berarti berganti ke 5 hotel.
Satu hal yang sama tentang hotel-hotel itu adalah tulisan larangan merokok di kamar, yang diletakkan di dekat lampu atau meja di kamar hotel. Penghuni kamar yang nekat merokok, bisa ketahuan dari bau asap atau pun kerusakan pada furnitur di hotel, akan kena sanksi.
Di Washington DC, detikcom dkk menginap di Hotel Double Tree yang tergabung dalam kelompok Hotel Hilton. Penghuni kamar yang ditengarai melanggar aturan merokok terancam sanksi denda 250 dolar (Rp 2,3 juta) atau seharga kamar hotel itu satu malam.
Denda pada kisaran yang sama atau lebih tinggi juga diberlakukan di empat hotel lainnya tempat kami menginap yaitu di kota Indianapolis (negara bagian Indiana), Orlando (Florida), Minot (North Dakota) dan Portland (Oregon).
Sebelum berangkat ke AS, Kedubes AS di Jakarta memberi kami buklet yang berisi panduan perjalanan ke ‘negeri impian’ itu. Misalnya bagaimana naik angkutan umum, tarif taksi, dsb. Aturan merokok juga tak ketinggalan.
Disebutkan bahwa merokok kian tak populer di negeri adidaya itu. Banyak warga yang meninggalkan rokok. Semua restoran dan perkantoran juga melarang pegawai atau pengunjungnya merokok. Disarankan juga tidak merokok saat bertamu ke rumah orang. Kalau merokok, ya harus keluar ruangan, berdiri di pinggir jalan.
Bar yang biasanya surga kebal-kebul perokok, juga telah membatasi diri. Saat mampir di sebuah bar penuh lukisan di Minot, North Dakota, bar itu memasang tanda larangan merokok. Jadi pelanggan bar itu harus berpuas diri dengan minum-minum dan ngobrol sembari makan kacang.
Di sejumlah tempat, meski alam terbuka luas, tetap saja dilarang merokok. Misalnya saja di Kebon Binatang Washington DC.
Hal yang luar biasa juga ditemukan di kampus Indiana University-Purdue University Indianapolis (IUPUI). Di sini, di dalam gedung maupun di luar gedung (alam terbuka) merokok haram hukumnya.
Aturan yang ketat soal merokok ini membuat udara di kota-kota itu bebas dari polusi, selain emisi kendaraan yang terkontrol sempurna.
Di sana, tak perlu lembaga MUI untuk melarang merokok. Cukup kesadaran dari diri sendiri bahwa merokok merusak kesehatan dan memperpendek umur. Cita-cita yang insya Allah akan terwujud di Indonesia.

penulis : Nurul Hidayati
referensi : detikNews

Iklan

3 Responses to “Di Amerika, Rokok makin tak populer”


  1. 1 ndeso 15 April, 2010 pukul 2:17 pm

    bagi yang anti pemerintah ayo dukung gerakan ini karena tanpa rokok negara Indonesia pasti Bangkrut karena kehilangan pendapatan cukai ratusan triliun setiap tahun


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Iklan
Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • This RSS feed URL is deprecated 20 Februari, 2018
    This RSS feed URL is deprecated, please update. New URLs can be found in the footers at https://news.google.com/news
  • Wanita Ini Hadiahi Tunangannya Buket Berisi 3 Kotak Rokok, Bukan ... - Tribunnews 20 Februari, 2018
    TribunnewsWanita Ini Hadiahi Tunangannya Buket Berisi 3 Kotak Rokok, Bukan ...TribunnewsSemua mantan perokok pastilah paham betul bagaimana rasanya mencoba lepas dari rokok, terutama pada masa awal-awal berhenti. Karena itulah, demi memastikan suami masa depannya berhenti merokok, seorang wanita asal Malaysia menghadiahi tunangannya ...
  • Pengiriman Rokok Bodong Digagalkan - Kedaulatan Rakyat 20 Februari, 2018
    Kedaulatan RakyatPengiriman Rokok Bodong DigagalkanKedaulatan RakyatKUDUS, KRJOGJA.com - Pengiriman rokok bodong jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) sebanyak 12 koli atau sekitar 240 ribu batang dengan menggunakan bus umum dengan tujuan luar kota berhasil digagalkan Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe ...
  • Blusukan ke pabrik rokok, Puti dicurhati buruh perempuan - merdeka.com 19 Februari, 2018
    merdeka.comBlusukan ke pabrik rokok, Puti dicurhati buruh perempuanmerdeka.comMerdeka.com - Setelah mengunjungi sentra bordir dan batik, kali ini Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, mengunjungi pabrik rokok milik PT Gudang Baru Berkah di Jalan Probolinggo, Kelurahan Penarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten ...Kunjungi Pabrik Rokok, Puti So […]
  • WOW! 1.600 Batang Rokok Tanpa Cukai Disita Petugas Gabungan - Tribun Jateng 20 Februari, 2018
    WOW! 1.600 Batang Rokok Tanpa Cukai Disita Petugas GabunganTribun JatengDikatakan Kasi PPNS Satpol PP setempat Eli Hamidah, rokok yang diamankan bermerek SMD atau Sekar Madu. "Selain menyisir wilayah Pekalongan Timur kami juga menyisir di wilayah Pekalongan Utara, namun petugas belum menemukan rokok tanpa pita cukai ...dan lainnya »
  • KPAI Minta Polisi Selidiki Kasus Bayi Dijejal Rokok - kumparan.com (Siaran Pers) (Blog) 20 Februari, 2018
    kumparan.com (Siaran Pers) (Blog)KPAI Minta Polisi Selidiki Kasus Bayi Dijejal Rokokkumparan.com (Siaran Pers) (Blog)Foto seorang bayi dijejal rokok baru-baru ini viral di media sosial. Dalam foto tersebut seorang bayi yang masih kecil terlihat dalam beberapa pose sedang diberi rokok menyala oleh seseorang. Belum dapat dipastikan identitas orang yang telah m […]
  • Sungguh tega, pria ini memasukkan rokok ke mulut balita - Brilio 20 Februari, 2018
    BrilioSungguh tega, pria ini memasukkan rokok ke mulut balitaBrilioBrilio.net - Bagi kesehatan, rokok memiliki bahaya yang luar biasa bagi tubuh. Kerusakan paru-paru, serangan jantung, hingga kemandulan akan berakibat bagi pengkonsumsi rokok aktif. Tak hanya itu, untuk orang yang tak mengonsumsi rokok, atau perokok ...
  • Saat Hendak Ambil Uang dan Rokok, Pelaku Bunuh Bocah ... - Tribunnews 19 Februari, 2018
    TribunnewsSaat Hendak Ambil Uang dan Rokok, Pelaku Bunuh Bocah ...TribunnewsTRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Motif pembunuhan seorang anak berusia lima tahun di Pasar Rebo akhirnya terbongkar. Kapolres Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi (Pol) Yoyon Tony Surya Putra menyebut, pelaku membunuh demi memuluskan aksinya mencuri ...
  • Sepasang Kakek-Nenek Kompak Mencuri Ratusan Bungkus Rokok - Okezone 20 Februari, 2018
    OkezoneSepasang Kakek-Nenek Kompak Mencuri Ratusan Bungkus RokokOkezoneJOMBANG - Sepasang kakek dan nenek berinisial SK (66) dan SY (61) yang merupakan pasangan suami istri (pasutri) asal Lemah Putro, Sidoarjo ini hanya bisa pasrah saat dibawa petugas di Mapolsek Ploso, Jombang. Keduanya baru saja ditangkap warga setelah ...Curi Rokok di Jombang, Pasangan Ka […]
  • Miliki Exctasy, SPG Rokok Terjaring Operasi Antik 2018 Polres ... - Bangka Pos 20 Februari, 2018
    Bangka PosMiliki Exctasy, SPG Rokok Terjaring Operasi Antik 2018 Polres ...Bangka PosBANGKAPOS.COM, BANGKA -Sales Promotion Girl (SPG) rokok VN (19) menjadi satu-satunya tersangka wanita penyalahgunaan narkoba yang terjaring operasi antik (5/2/2018) lalu. Operasi antik dilaksanakan Polres pangkalpinang sejak tanggal lima sampai 16 ...dan lainnya »
  • Ni Nengah Sekar Nekat Curi Puluhan Slop Rokok di Warung Onik ... - Tribun Bali 18 Februari, 2018
    Tribun BaliNi Nengah Sekar Nekat Curi Puluhan Slop Rokok di Warung Onik ...Tribun BaliTRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Seorang wanita muda bernama Ni Nengah Sekar (31) nekat melakukan pencurian puluhan Slop Rokok di Warung Onik, Jalan Antasura No 37, Peguyangan Kangin, Denpasar Utara. Wanita ini melakukan aksinya pada Sabtu (17/2/2018 ...

Rank

Stats

  • 403,531 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: