Gapero Kediri Dukung Fatwa Rokok Haram

Selasa, 27 Januari 2009 – 23:09 wib
Okezone.Com

KEDIRI – Gabungan Perusahaan Rokok (Gapero) Kediri mendukung fatwa rokok Haram yang diputuskan Forum Ijtima Ulama Komisi Fatwa Se Indonesia III Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Padang Panjang, Sumatera Barat 23-26 Januari 2009 lalu.

Pelaksana harian Gapero Kediri Kasiyati mengatakan, rokok memang membawa dampak buruk bagi kesehatan ibu hamil, anak-anak dan remaja. Asap tembakau juga berdampak buruk bagi lingkungan tempat umum.

“Karenanya kita mendukung fatwa haram yang dikeluarkan MUI. Secara medis rokok memang berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil, anak-anak dan remaja. Juga bagi tempat umum, ” ujarnya kepada wartawan di kantornya, Selasa (27/1/2009).


Dampak negatif rokok, jika ditimbang lagi, kata Kasiyati memang lebih besar dibanding manfaat yang diperoleh. Karenanya menurut dia MUI tidak salah mengeluarkan fatwa Haram untuk rokok.

Bahkan, sebagai bentuk dukunga nyata, dalam waktu dekat Gapero akan mengeluarkan surat edaran kepada 23 perusahaan anggota Gapero di wilayah Kediri, Tulungagung dan Nganjuk yang isinya pernyataan dukungan Fatwa MUI.

“Kita akan kirim secepatnya agar para pemilik pabrik rokok bisa memberikan pemahaman terhadap ibu hamil, anak-anak dan remaja yang masih merokok,” terangnya

Disinggung mengenai dampak ekonomi bisnis dari adanya fatwa Haram tersebut, yakni penurunan omzet penjualan, Kasiyati mengakui hal itu jelas ada. Namun menurutnya hal itu tidak akan berpengaruh besar.

“Kalau pengaruh pada segi bisnis jelas ada. Tapi saya yakin tidak terlalu besar,” pungkasnya.

Sementara salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang ada di Kediri yakni PT Gudang Garam Tbk ketika dihubungi melalui Wakil Direktur SDM dan Umum, Slamet Budiono menolak memberikan tanggapan fatwa haram MUI.

(Solichan Arif/Sindo/ded)

6 Responses to “Gapero Kediri Dukung Fatwa Rokok Haram”


  1. 1 chemoet 15 Februari, 2009 pukul 4:58 pm

    Wah…kayaknya kalau cuman sebar surat dukungan anti rokok kurang kongkrit nih dukunganya…mbok sekalian kurangi produksi rokok…or biayain peneliti untuk menemukan kegunaan tembakau selain sebagai gas pembunuh nah kan perusahanya bisa ganti produk nantinya n gak ada yang dirugikan toh Allah menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya termasuk tembakau

  2. 2 dun 31 Desember, 2009 pukul 3:49 pm

    Buat chemoet, ya kalo mau kurangi produksi rokok ya temuin dulu kegunaan laen dari tembakau itu sendiri. kasian juga petani tembakau kalo perusahaan2 rokok mengurangi produksinya sebelum industri lain mampu menyerap hasil produksi mereka. Trus selain itu apa sudah ada lapangan pekerjaan lain untuk mereka yang saat ini bekerja di industri rokok yang nantinya tentu akan mengurangi tenaga kerja seiring pengurangan jumlah produksi rokok itu sendiri.

  3. 3 Pudji 24 Maret, 2010 pukul 11:17 am

    Semoga Allah swt memberikan perlindungan kepada perokok pasif, yang selama ini sabar menunggu fatwa “Haram” rokok. Tentunya para perokok aktif dapat melakukan banyak argumentasi tentang fatwa tersebut, tetapi berikan empatinya pada kami yang harus setiap kali bermasalah di public area yang demikian parah polusi asap rokok membuat kami sesak nafas, penyakit batuk, asma yang kumat kembali dan penyakit lain2 yang lebih serius.
    Dan yok bersemangat mencari jalan keluar bagi saudara2 kita petani tembakau, pengusaha & pegawai2 pabrik rokok dan perusahaan penunjang pabrik rokok.
    Mudah2an dengan adanya fatwa “Haram” rokok ini kita bisa bergandeng tangan demi kehidupan yang lebih baik.

  4. 4 Robi 25 Maret, 2010 pukul 9:01 am

    Menurut saya, fatwa haram untuk rokok tidak efektif
    1. Berapa banyak devisa negara yang diperoleh dari rokok
    2. Walaupun rokok dapat merusak kesehatan, itu tergantung dari kesadaran individu masing-masing dong!
    3. Ada hal-hal lain yang lebih penting dibanding memperebutkan haram atau makruh dari sebatang rokok.

    Wahai MUI harusnya bapak-bapak dapat jeli membaca situasi, tidak untuk diangkat ke publik dan tidak untuk diperdebatkan

  5. 5 the mozza 25 Maret, 2010 pukul 9:34 am

    Nah berarti mang ini lah tugas pmrnth kita… Hentikan produksi rokok namun tanpa merugikan pihak manapun… Bisa g y pmrntah kita????

  6. 6 ramdan 27 Oktober, 2010 pukul 3:33 pm

    polusi yg menyebabkan udara tdak sehat bukan hanya asap rokok, kita kadang tidak sadar bahwa asap kendaraan kita juga berpolusi dan itu jg menyebabkan penyakit. knp menggunakan kendaraan bermotor tidak di haramkan? padahal jg dapat menimbulakan ponyakit. asap pabrik jg bisa membuat penyakit,,, tolong dong jangan hanya kepentingan politis saja yg di pikirkan, toh kita jg sedikit bs membantu pemerintah mengurangi penganggura,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • Cuma Sebatang Rokok Sehari Tetap Bikin Cepat Mati - Health Liputan6.com 8 Desember, 2016
    Cuma Sebatang Rokok Sehari Tetap Bikin Cepat MatiHealth Liputan6.comBanyak orang berpikir seperti di atas: bahwa hanya mengisap sebatang rokok tidak memengaruhi kesehatan. Faktanya, meskipun hanya merokok sebatang saja tetap memperbesar kemungkinan cepat mati dibandingkan dengan yang tidak merokok.
  • Kawasan Tanpa Rokok, Fasilitas Umum Jadi Tantangan - Radar Banyumas 8 Desember, 2016
    Radar BanyumasKawasan Tanpa Rokok, Fasilitas Umum Jadi TantanganRadar BanyumasBerdasarkan Perda tentang KTR, fasum menjadi salah satu kawasan yang harus bebas kegiatan merokok, atau jual beli rokok. Adapun fasum yang masuk dalam KTR antara lain pasar, terminal, tempat wisata, hotel, halte, gedung pertemuan, pertokoan, ...KTR Segera Berlaku di SidrapRakyatku. […]
  • Pemusnahan Bergelombang, Dominan Rokok, Tembakau dan Miras - Sumatera Ekspres Online 8 Desember, 2016
    Pemusnahan Bergelombang, Dominan Rokok, Tembakau dan MirasSumatera Ekspres Online"Di wilayah Sumbagsel lebih banyak ke sitaan miras, rokok ilegal, tembakau iris, bibit dan seks toy. Sedangkan untuk beras dan bawang hampir tidak pernah," aku RR Devi Rahayu, Kasubag Humas Bea cukai Kanwil Sumbagsel, dibincangi disela-sela ...
  • Tentang Lokasi Pemasangan Iklan Rokok Dispenda dan Dinkes ... - Saibumi.com 8 Desember, 2016
    Saibumi.comTentang Lokasi Pemasangan Iklan Rokok Dispenda dan Dinkes ...Saibumi.comSaibumi.com, Gedongtataan - Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran beda pendapat tentang penempatan banner iklan rokok yang terpasang di aeral tempat ibadah. Menurut Dispenda asal tidak di ...
  • VIDEO - Sehari Isap 30 Batang Rokok, Nenek Asal Nepal Ini Tetap ... - Surya 8 Desember, 2016
    SuryaVIDEO - Sehari Isap 30 Batang Rokok, Nenek Asal Nepal Ini Tetap ...SuryaDalam sehari, perempuan yang tinggal di kawasan perbukitan Nuwakot, Nepal ini, bisa merokok hingga 30 batang. Dikutip dari UPI.com, meski perokok berat, namun nenek Batuli ini adalah seorang yang aktif. "Bukan karena rokoknya. Anda akan meninggal ...
  • Pemkot Solo akan Terbitkan Perda Kawasan Tanpa Asap Rokok - Republika Online 6 Desember, 2016
    Republika OnlinePemkot Solo akan Terbitkan Perda Kawasan Tanpa Asap RokokRepublika OnlineREPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota Solo tengah merencanakan untuk menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang kawasan tanpa asap rokok. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsing mengatakan Pemkot Solo bermaksud ...dan lainnya »
  • Hasil Penelitian: Rokok Elektrik Memiliki Resiko Lebih Rendah Dari ... - Tribun Bali 6 Desember, 2016
    Tribun BaliHasil Penelitian: Rokok Elektrik Memiliki Resiko Lebih Rendah Dari ...Tribun BaliTRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Di tengah perkembangan zaman, kebiasaan merokok yang diketahui dapat mengancam kesehatan bahkan menyebabkan kematian seseorang. Kini mulai bergeser dengan hadirnya rokok elektrik atau yang sering disebut ...
  • Iklan Rokok Diminta Jangan Dipasang Dekat Sekolah - Republika Online 5 Desember, 2016
    Republika OnlineIklan Rokok Diminta Jangan Dipasang Dekat SekolahRepublika Online"Jika ingin mencegah anak menjadi perokok pemula, perusahaan rokok harus berhenti mengiklankan produknya, tidak cukup hanya dengan menempel stiker 18+," kata Ketua Lentera Anak Lisda Sundari dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (4/12).
  • 10 Hisapan Rokok Elektrik Sudah Bisa Rusak Jantung - Health Liputan6.com 5 Desember, 2016
    10 Hisapan Rokok Elektrik Sudah Bisa Rusak JantungHealth Liputan6.comPaparan yang sangat singkat pada uap rokok elektrik tersebut, menunjukkan dampak pada integritas pembuluh darah yang mengarah ke aterosklerosis di masa depan, atau lebih dikenal sebagai pengerasan arteri. Bahkan tingkat EPC tersebut baru bisa ...dan lainnya »
  • Sulitnya Menembus Pasar Rokok China - Swa 7 Desember, 2016
    SwaSulitnya Menembus Pasar Rokok ChinaSwaDengan jumlah penduduknya yang besar, China menjadi pasar rokok terbesar di dunia. Bayangkan, 43% rokok dunia habis dibakar di Negeri Tirai Bambu. Meski begitu, tidak sembarang perusahaan bisa ikut menikmati kue yang menjanjikan tersebut.dan lainnya »

Rank

Stats

  • 394,958 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: