WHO: 2015, Rokok Menjadi Pembunuh Nomor Satu

Merokok diprediksi akan menjadi kebiasaan yang paling berbahaya bagi
kesehatan karena akan membunuh lebih dari 6,4 juta orang setiap tahunnya mulai tahun 2015, ujar WHO

Hidayatullah.com–Hasil penelitian yang diumumkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (28/11). Jumlah kematian akibat rokok dan penyakit yang diakibatkan rokok itu, bahkan mengungguli kematian akibat penyebaran virus HIV/AIDS.

“Merokok meningkatkan penyebaran penyakit seperti kanker dan serangan jantung yang prosentasenya 50 persen lebih tinggi dari pada serangan HIV/AIDS,” demikian laporan WHO kepada The Seattle Times.

Meski begitu HIV/AIDS akan tetap menjadi epidemi terbesar yang
diperkirakan banyak terjadi di negara berpandapatan rendah dan menengah. WHO juga mengelompokkan 10 penyakit paling mematikan yang dimulai pada 2015 sampai 2030.

“Pada tahun 2015, penyakit yang menjadi pembunuh nomor satu di dunia adalah yang disebabkan rokok dan berperan atas 10 persen kematian di seluruh dunia,” tambah Colin Mathers, salah satu anggota proyek penelitian WHO dalam Public Library of Science Medicine (PLoS Medicine).


Sedangkan pada 2030, akan lebih banyak orang yang punya kemampuan melawan penyakit saat masih anak-anak dan bisa berumur panjang. Tetapi prosentase kematian oleh penyakit kronis seperti kanker, paru-paru dan jantung sertadiabetes yang diakibatkan rokok meningkat sampai 70 persen.

Sedangkan kematian akibat HIV/AIDS yang diperkirakan mencapai 2,9 juta orangper tahun akan melambat. Pada tahun 2015, jumlah kematian akibat HIV/AIDSdiperkirakan sekitar 4,3 juta dan menjadi 6,5 juta pada tahun 2030. “Jumlahitu sedikit di bawah penyakit akibat merokok yang membunuh 8,3 orang pada2030 ,” tambah Mathers.

“Menurut skenario kami, AIDS/HIV hanya menjadi epidemi yang menewaskanbanyak orang secara luas di negara berkembang dan miskin. Itu akibatpenggunaan obat terlarang,” kata Mathers.

WHO menunjuk peredaran dan penjualan rokok yang bebas di negara-negaramiskin dan sedang berkembang sebagai biang meningkatnya kematian itu. Disaat bersamaan pangsa pasar tembakau semakin dibatasi di negara-negara maju.

“Ada imbauan bahwa mengurangi rokok adalah cara yang tepat untuk menekanpenyakit dan kematian. Tetapi sejak saat ini cara terbaik adalahmenghentikan sama sekali kebiasaan merokok, bukan menguranginya,” tandas
Mathers. [seattle/sy/cha]

Iklan

4 Responses to “WHO: 2015, Rokok Menjadi Pembunuh Nomor Satu”


  1. 1 auw chi lok 2 September, 2009 pukul 11:50 pm

    kendaraan seperti mobil dan motor dan perang pembunuh utama didunia
    jadi orang kayalah pembunuh nomor satu

  2. 2 Dj 22 Januari, 2011 pukul 8:08 pm

    Wa mulai skarang berhenti total rokoknya brow…. Itung2 si mati tu ada di tangan allah…..atw gmana

  3. 3 nono cabe 10 Februari, 2012 pukul 6:23 pm

    Sangat sepakat.!!

    kunjungi jg blogku nah
    nonocabe.blogspot.com

  4. 4 abu fathi rabbani 2 April, 2013 pukul 9:57 am

    dan pabrik-pabrik rokok itu kepunyaan orang-orang kaya. pemerintah hanya bisa memperingatkan bahaya rokok.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • This RSS feed URL is deprecated 22 Oktober, 2018
    This RSS feed URL is deprecated, please update. New URLs can be found in the footers at https://news.google.com/news
  • Soal Pengusulan Raperda Kawasan Bebas Rokok, Ridwan Kamil ... - Tribun Jabar 22 Oktober, 2018
    Tribun JabarSoal Pengusulan Raperda Kawasan Bebas Rokok, Ridwan Kamil ...Tribun JabarLaporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard. TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Satu di antara agenda Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat pada Senin (22/10/2018), adalah mendengar pendapat Gubernur Jawa Barat mengenai dua raperda ...dan lainnya »
  • Raperda Kawasan Tanpa Rokok di Kota Blitar Juga Mengatur ... - Tribun Jatim 21 Oktober, 2018
    Tribun JatimRaperda Kawasan Tanpa Rokok di Kota Blitar Juga Mengatur ...Tribun JatimPemkot Blitar bersama DPRD Kota Blitar saat ini sedang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).Ranperda Kawasan Tanpar Rokok di Kota Blitar Juga Atur ...SuryaPemkot Blitar Rancang Sanksi Denda Bagi Pelajar Gunakan Vapor ...Surya MalangR […]
  • Ini Tujuh Kawasan dalam Ranperda Kawasan Tanpa Rokok ... - Pos Kupang 22 Oktober, 2018
    Pos KupangIni Tujuh Kawasan dalam Ranperda Kawasan Tanpa Rokok ...Pos KupangBupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kawasan Tanpa Rokok bersamaan Ranperda.Pemko Tanjungpinang Mulai Uji Coba Perda Kawasan Tanpa RokokTribun BatamPerda Kawasan Tanpa Rokok Segera Diterapkan di Tanjungpinang ...Jurnal Kepri (Siaran […]
  • 'Pajak Rokok Jadi Pajak Penutup Dosa untuk Tutupi Defisit BPJS ... - Tribun Jatim 21 Oktober, 2018
    Tribun Jatim'Pajak Rokok Jadi Pajak Penutup Dosa untuk Tutupi Defisit BPJS ...Tribun JatimKetua Umum Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan hadir dalam seminar nasional di Universitas Jember.Pajak Rokok Jadi Pajak Hukuman yang Digunakan untuk Tutupi ...info terbaru (Blog)19 artikel berita sekaligus »
  • Hii, Efek Samping Rokok Elektrik Bikin Luka Susah Sembuh - Uzone - Uzone 21 Oktober, 2018
    UzoneHii, Efek Samping Rokok Elektrik Bikin Luka Susah Sembuh - UzoneUzonePenelitian soal efek samping rokok elektrik semakin banyak. Yang terbaru, efek samping rokok elektrik disebut memperlambat proses penyembuhan luka di ...Hii, Efek Samping Rokok Elektrik Bikin Luka Susah Sembuh - Health ...Suara.com3 artikel berita sekaligus »
  • Perangi Rokok Ilegal, Produsen Kretek Tangan Minta Pelonggaran ... - Liputan6.com 19 Oktober, 2018
    Liputan6.comPerangi Rokok Ilegal, Produsen Kretek Tangan Minta Pelonggaran ...Liputan6.com"Pemerintah melalui Bea Cukai berhasil menurunkan peredaran rokok ilegal menjadi 7 persen pada 2018 yang sebelumnya 12,14 persen. Penurunan tersebut sebanding dengan Rp 18 miliar batang rokok," kata Sulami, di Jakarta, Jumat (19/10/2018).dan lainnya »
  • Pajak Rokok Jadi Pajak Hukuman yang Dipakai untuk Tutupi Defisit ... - Surya 20 Oktober, 2018
    SuryaPajak Rokok Jadi Pajak Hukuman yang Dipakai untuk Tutupi Defisit ...SuryaSURYA.co.id | JEMBER - Ketua Umum Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan (Pamjaki) Indonesia Taufik Hidayat menyebut pajak rokok yang dipakai untuk menutup tunggakan utang BPJS Kesehatan sebagai pajak hukuman atau ...dan lainnya »
  • Benarkah Rokok Menyebabkan Kemandulan pada Pria? - kumparan.com 22 Oktober, 2018
    kumparan.comBenarkah Rokok Menyebabkan Kemandulan pada Pria?kumparan.comBerdasarkan jurnal dari Nutrifood Research Ceter, menyatakan bahwa asap rokok memiliki racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada materi genetic yang terkandung dalam sel spermatozoa. Sehingga kerusakan ini akan membuat penurunan ...
  • Kurniawan Dwi Jatmoko, Pencipta Pipa Rokok dari Serbuk Kopi ... - Indopos 20 Oktober, 2018
    IndoposKurniawan Dwi Jatmoko, Pencipta Pipa Rokok dari Serbuk Kopi ...IndoposINDOPOS.CO.ID - Produk unik lahir dari tangan terampil Kurniawan Dwi Jatmoko. Pria itu membuat pipa rokok alias once dengan bahan utama serbuk kopi. Meski belum genap enam bulan berkreasi, karyanya sudah merambah hingga Bali.
  • Curi Rokok, Pemuda Jalan Faisal Kini Mendekam di Tahanan - SINDOnews.com (Siaran Pers) 21 Oktober, 2018
    SINDOnews.com (Siaran Pers)Curi Rokok, Pemuda Jalan Faisal Kini Mendekam di TahananSINDOnews.com (Siaran Pers)MAKASSAR - Indra, 23, warga Jalan Faisal 18, Kecamatan Rappocini, Makassar harus berurusan dengan aparat kepolisian usai tertangkap atas kasus pencurian rokok, Minggu (21/10/2018). Untuk menjalani pemeriksaan, Indra kini mendekam di sel ...“Palukka” […]

Rank

Stats

  • 410.842 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com
Iklan

%d blogger menyukai ini: