Indonesia Negara Perokok Terbesar Se-ASEAN

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, F.A Moeloek mengatakan, Indonesia merupakan negara perokok terbesar di lingkungan negara-negara ASEAN.

“Hal itu berdasarkan data dari The ASEAN Tobacco Control Report tahun 2007. “The ASEAN Tobacco Control Report Card tahun 2007 menyebutkan jumlah perokok di ASEAN mencapai 124.691 juta orang dan Indonesia menyumbang perokok terbesar, yakni, 57.563 juta orang atau sekitar 46,16 persen,” ungkapnya dalam jumpa pers di Gedung Kebangkitan Nasional Stovia, Jakarta, Minggu (11/10).

Menurutnya, pada tahun 2008 Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Indonesia sebagai negara terbesar ke tiga sebagai pengguna rokok. Lebih dari 60 juta penduduk Indonesia pun, menurutnya, mengalami ketidak berdayaan akibat dari adiksi nikotin rokok. “Dan kematian akibat konsumsi rokok tercatat lebih dari 400 ribu orang per-tahun,” ujarnya.

Prevalensi perokok di Indonesia kian hari semakin meningkat dan memprihatinkan. Menurut data yang diperoleh Kompas.com, peningkatan tertinggi perokok di Indonesia terjadi pada kelompok remaja umur 15-19 tahun, yaitu, dari 7,1 persen pada tahun 1995 menjadi 17,3 persen pada tahun 2004, atau naik 144 persen selama 9 tahun.

Tak hanya itu, konsumsi rokok di Indonesia pada tahun 2008 mencapai 240 miliar batang atau setara dengan 658 juta batang rokok perhari-nya yang berarti uang senilai Rp 330 miliar ‘dibakar’ oleh para perokok di Indonesia dalam satu harinya. Bahkan menurut data Susenas 2006 menunjukan bahwa pengeluaran untuk membeli rokok adalah 5 kali lebih besar dari pengeluaran untuk telur dan susu (2,3 persen), 2 kali lipat pengeluaran untuk ikan (6,8 persen), dam 17 kali lipat pengeluaran membeli daging (0,7 persen).

Iklan

8 Responses to “Indonesia Negara Perokok Terbesar Se-ASEAN”


  1. 1 Agus Suhanto 14 Oktober, 2009 pukul 9:34 am

    senang berjumpa dengan posting Anda di situs ini, saya Agus Suhanto,
    salam kenal

  2. 3 adit 17 November, 2009 pukul 1:57 pm

    ada info menarik bagi yang mau berhenti merokok, ikutan aja
    One Day Workshop “Berani Berhenti Merokok Saat Ini Juga Dengan SEFT” tgl 22 Nov 2009
    contoh terapinya : liat di http://www.youtube.com/watch?v=be_3Q-hDY3I
    info lengkapnya di http://www.logos.co.id
    Semoga info ini bisa membantu

  3. 4 Maskur on Rokok Pt. 2 (Orang Tidak Waras Juga Merokok) 13 Maret, 2010 pukul 9:30 am

    dan para perokok itu kebanyakan justru orang2 yang pas pasan
    makan seadanya tapi harus ngerokok

    • 5 indah palupi 27 Maret, 2010 pukul 5:40 pm

      selamat sore, saya indah mahasiswa s2 psikolog UI. saya berencana untuk mengerjakan tesis yang bertema “terapi untuk perokok” bagi yang ingin berhenti merokok namun mengalami kesulitan dan berminat untuk mengikuti program ini silahkan menghubungi saya di sheeva_p3@yahoo.com. terapi ini akan berlangsung selama 1-2 bulan. program ini hanya dimungkinkan untuk mereka yang berada di wilayah jakarta dan sekitarnya.terima kasih

  4. 6 iwan 19 Juni, 2010 pukul 12:53 am

    Salam Kenal

    perokok di Indonesia mugnkin saja lebih besar. bisa mencapai 70 juta orang penduduk. dan memang hampir 80% perokok adalah dari kalangan masyarakat bawah yang hidup berkecukupan.

    rekan2 masih menghitung dari jumlah perokok sekitar 70 jt dan 400.000 angka kematian di Indonesia yang diakibatkan rokok.
    Saya membaca di situs http://www.ehcigar.com dan saya tertarik bahwa apa yang menjadi fokus mereka adalah dana masyarakat yang dihabiskan adalah :

    asumsi.
    1 perokok = 1 pack/hari
    1 pack = Rp.10.000
    jumlah perokok adalah 70 jt

    maka 70jt x 10000 = Rp.700 milyar/hari
    700 milyar x 30 hari = Rp. 21 trilliun/bln
    21 trilliun x 12 bln = Rp. 252 trilliun/thn

    coba bayangkan uang itu dapat diselamatkan sebagian dan di gunakan untuk pembangunan. tapi apakah rekan2 sadar bahwa hampir 25% angka tersebut masuk ke kantong pemerintah????
    atau Rp.63 trilliun. Nah apakah tidak menjadi dilema untuk kehilangan hasil cukai Rp.63 trilliun atau nyawa masyarakat????

    Saya juga perokok dan mungkin rekan2 juga tidak tahu bhw presiden usa barrack obama juga perokok. Segala cara sudah dilakukan agar beliau berhenti merokok tapi semua ahli kesehatan di sekeliling beliau tidak mampu menghentikan beliau merokok dan akhirnya product e-cigar dapat mengurangi jauh konsumsi rokok beliau ( http://www.ehcigar.com )

    mari rekan2 kita bantu mereka rekan2 kita tercinta untuk lepas dari rokok tembakau yang berbahaya dan menghemat uang masyarakat Indonesia.

    ty

  5. 7 Sarko Hadi 13 Juli, 2010 pukul 11:16 pm

    Mas..punya data2 tentang jumlah anak2 di indonesia yg merokok ga?

    @Sarko : silahkan search dengan kata kunci jumlah anak perokok di Indonesia.

  6. 8 georgehotzg 14 November, 2011 pukul 5:01 pm

    i dont understand why you people yip yaping about cigaretes….cigaretes company employe hundreds of local people so you wants people stop smoking? have you ever try to stop eat intant noodle?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • Antre Salam Tempel dari Perusahaan Rokok, Warga Antre Sejak ... - Detikcom 23 Juni, 2017
    DetikcomAntre Salam Tempel dari Perusahaan Rokok, Warga Antre Sejak ...Detikcom... warga Semampir, Kota Kediri. Dirinya sengaja mengantre untuk mendapatkan salam tempel dari salah satu perusahaan rokok terbesar di Asia ini karena sekedar mengikuti tradisi. Karena sejak dulu dirinya dan teman-temannya ikut antre salam tempel ini.dan lainnya »
  • Baleg DPR usul larangan iklan rokok dicabut, 'perokok muda ... - BBC Indonesia 16 Juni, 2017
    BBC IndonesiaBaleg DPR usul larangan iklan rokok dicabut, 'perokok muda ...BBC IndonesiaPada Februari 2017 Komisi I DPR mengajukan rancangan ketentuan larangan iklan rokok namun Badan Legislasi (Baleg) DPR justru merekomendasikan agar ketentuan larangan iklan rokok tersebut dihilangkan. Dengan demikian maka iklan rokok, saran ...dan lainnya »
  • Bogor Atur Perda Rokok Elektrik - Republika Online 22 Juni, 2017
    Republika OnlineBogor Atur Perda Rokok ElektrikRepublika OnlineMengawali Konferensi tersebut, akan terlebih dahulu dilakukan pertemuan dengan Aliansi Bupati/Wali Kota se-Indonesia pada tanggal 12 Juli mendatang terkait monitoring perkembangan penerapan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).Rokok Elektrik Jadi Isu Utama dalam Kajian UU Pertembaka […]
  • Pajak Rokok Jadi Opsi Penutup Defisit Dana Jaminan Sosial ... - KOMPAS.com 21 Juni, 2017
    KOMPAS.comPajak Rokok Jadi Opsi Penutup Defisit Dana Jaminan Sosial ...KOMPAS.comMenurut Fachmi, dengan potensi pajak rokok yang mencapai Rp 14 triliun, maka 50 persennya sudah cukup bila digunakan untuk menutup defisit DJS kesehatan. Hanya saja tutur ia, opsi ini terbentur regulasi. "Harus kami lihat apakah ada celah hukum ...dan lainnya »
  • Saatnya Melarang Iklan Rokok di Media Penyiaran - Koran Jakarta 23 Juni, 2017
    Koran JakartaSaatnya Melarang Iklan Rokok di Media PenyiaranKoran JakartaBahaya Merokok - Beberapa unit bus TransJakarta, dihiasi dengan iklan layanan masyarakat tentang bahaya merokok. Di lingkungan negara-negara Asia Tenggara, tinggal Indonesia yang masih memperbolehkan iklan rokok di media penyiaran.Baleg “Bajak” Kepentingan Publik dalam RUU PenyiaranRMOL […]
  • Wali Kota Padang Tolak Iklan Rokok, Siap Kehilangan PAD Rp 4 ... - Tempo.co 18 Juni, 2017
    Tempo.coWali Kota Padang Tolak Iklan Rokok, Siap Kehilangan PAD Rp 4 ...Tempo.coCO, Padang - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah menegaskan komitmennya bahwa Kota Padang Bebas Iklan Rokok 2018. Alasannya, membentengi generasi muda dari dampak rokok. Menurut Mahyeldi, sejumlah produk rokok yang ijin pemasangan ...Iklan Rokok di Kota Ini Akan Dilarang Total, […]
  • Rahasia Filipina Turunkan Sejuta Perokok dalam Waktu 4 Tahun - Nasional Tempo.co (Blog) 22 Juni, 2017
    Nasional Tempo.co (Blog)Rahasia Filipina Turunkan Sejuta Perokok dalam Waktu 4 TahunNasional Tempo.co (Blog)Koordinator Ekonomi Pengendalian Tembakau Departemen Pencegahan Penyakit Tidak Menular World Health Organization Jeremias N. Paul Jr. mengatakan pengingkatan harga rokok di Filipina melalui instrumen cukai terbukti merupakan formula win-win ...
  • 9.926.744 Batang Rokok Ilegal Senilai Rp 2,9 Miliar Diamankan - Detikcom 14 Juni, 2017
    Detikcom9.926.744 Batang Rokok Ilegal Senilai Rp 2,9 Miliar DiamankanDetikcomSidoarjo - 9.926.744 Batang rokok illegal meliputi KPBC Madiun, Pasuruan, Tanjung Perak, Juanda, Gresik, Sidoarjo, Bojonegoro senilai Rp 2.998.498.420, diamankan. Ribuan batang rokok itu diamankan hasil operasi Patuh Ampadan I yang digelar oleh ...dan lainnya »
  • Belasan Ribu Batang Rokok Ilegal Diamankan - Radar Sampit 21 Juni, 2017
    Radar SampitBelasan Ribu Batang Rokok Ilegal DiamankanRadar SampitILEGAL: Rokok ilegal yang dimusnahkan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Sampit beberapa waktu lalu.(DOK.DEVITA/RADAR SAMPIT) ...
  • Uang Rokok Setahun Setengah Bisa Dapat Satu Motor, Ini Buktinya - Otomotif Liputan6.com 21 Juni, 2017
    Otomotif Liputan6.comUang Rokok Setahun Setengah Bisa Dapat Satu Motor, Ini BuktinyaOtomotif Liputan6.comSejak saat itu pula, sang suami menabung uang sebesar Rp 20 ribu yang biasanya dibelikan sebungkus rokok. Dita mengaku sang suami berhenti merokok bukan karena ingin mengirit keuangan. Maklum, sang suami bisa membeli tiga-empat bungkus ...Kumpulkan Uang R […]

Rank

Stats

  • 397,642 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: