Komnas Perlindungan Anak: Larangan Total Iklan Rokok Adalah Harga Mati


TEMPO Interaktif, Jakarta – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Perlindungan Anak) menyatakan pelarangan iklan rokok secara total melalui Rancangan Peraturan Pemerintah mengenai Tembakau (RPP Tembakau) adalah harga mati. Menurut penelitian yang mereka lakukan, iklan yang ditampilkan di media massa dan ruang publik secara signifikan mempengaruhi anak untuk merokok.

Sebelumnya Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia bertemu dengan Menteri Kehutanan Suswono dan meminta agar RPP Tembakau tidak melarang iklan rokok secara total. “Itu terlalu ekstrim,” ujar Ketua Umum AMTI Sudaryanto, Selasa (2/3).

“RPP Tembakau bertujuan melindungi golongan yang rentan terhadap pengaruh iklan rokok yaitu anak dan perempuan,” tulis Lisda Sundari dari Komnas Perlindungan Anak melalui surat elektronik kepada Tempo, Rabu (3/3).

Menurut Lisda, iklan rokok yang masif dan agresif terbukti meningkatkan jumlah anak perokok sehingga pembatasan saja tidak akan cukup.

Komnas Perlindungan Anak menuding pihak industri rokok memiliki agenda yang jelas untk menarik anak dan remaja menjadi perokok. “Remaja dari ini adalah calon pelanggan tetap hari esok karena mayoritas perokok mulai merokok di usia remaja,” sebut Lisda.

Menyoal perlindungan anak, Lisda menuntut AMTI untuk setuju dengan pelarangan iklan rokok secara menyeluruh. “Pelarangan iklan rokok tidak akan mengurangi konsumsi rokok karena para perokok sudah teradiksi dengan rokok.”

Dari segi perundang-undangan, Komnas Perlindungan Anak mengingatkan bahwa Konvensi PBB tentang hak anak dan Undang_undang Perlindungan Anak No 23 tahun 2003 mewajibkan negara menghormati, melindungi, dan memenuhi hak-hak anak untuk hidup, tumbuh dan berkembang secara optimal. “Pasal 59 UU Perlindungan Anak secara tegas mewajibkan negara melindungi anak dari zat adiktif.”

Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia, dalam pandangan Komnas Perlindungan Anak, hanyalah gerakan yang menggunakan petani sebagai tameng. “Petani sendiri pada kenyataannya tidak memiliki posisi tawar yang lebih berimbang dengan industri rokok.”

Saat ini RPP Tembakau telah ditarik oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini sejalan dengan tuntutan AMTI agar RPP Tembakau dibahas secara inter departemen dengan melibatkan semua pihak.

/ANTON WILLIAM

Rabu, 03 Maret 2010

Sumber : Tempo

Iklan

3 Responses to “Komnas Perlindungan Anak: Larangan Total Iklan Rokok Adalah Harga Mati”


  1. 1 Damar 28 Oktober, 2011 pukul 7:20 am

    Tentunya melindungi yang rentan tidak dengan membatasi tetapi mengedukasi yang rentan itu. Yang diedukasi kan manusia yang berakal dan berasa (memiliki rasa) jadi ya jangan membodohi dan malah mengkondisikan mereka untuk terus bodoh lah…

  2. 2 Poedjo Oetomo 23 Desember, 2011 pukul 4:36 pm

    So what? kalau ada harga mati apa harga hidupnya? mendukung iklan air mineral? mendukung iklan minuman bersoda? mendukung iklan makan nasi atau apa?

  3. 3 viewcitypark 15 Juli, 2013 pukul 10:25 pm

    Kepada komnas Perlindungan Anak.

    Apakah bisa diupayakan rusun bebas asap rokok?
    Karena anak yg bertetangga dengan perokok berat dalam rusun yg rapat akan kebagian asap rokok yg masuk ke unit anak tersebut setiap waktunya.

    Dan, hal ini tentu sangat melanggar HAM anak tersbut.

    Bagaimana orang tua bisa melindungi anaknya dari asap rokok, apabila tetangganya perokok hebat dan asapnya setiap hari masuk ke kamarmandi dan kamar tidur anaknya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • HEBOH! Caca Tengker Diduga Memegang Benda Menyerupai ... - Tribunnews 22 April, 2017
    TribunnewsHEBOH! Caca Tengker Diduga Memegang Benda Menyerupai ...TribunnewsTRIBUNTRAVEL.COM - Artis peran, Caca Tengker dan Barry Tamin yang baru melangsungkan pernikahan ini langsung dilanda gosip. Sebuah foto beredar yang memperlihatkan tangan dari adik Nagita Slavina ini memegang benda yang menyerupai rokok.Beredar Foto Caca Tengker Diduga Pegang Rokok s […]
  • Diduga Terpercik Api Rokok, Pengeboran Minyak Ilegal Hangus ... - Jawa Pos (Siaran Pers) (Blog) 22 April, 2017
    Jawa Pos (Siaran Pers) (Blog)Diduga Terpercik Api Rokok, Pengeboran Minyak Ilegal Hangus ...Jawa Pos (Siaran Pers) (Blog)JawaPos.com - Lagi lokasi pengeboran minyak ilegal (illegal drilling) terbakar di Desa Mekar Sari, Kecamatan Keluang, Kabupaten Muba, Sumsel Sabtu (22/4), sekitar pukul 08.30 WIB. Kobaran api membumbung setinggi puluhan meter ke langit.dan […]
  • Lebih 200 juta warga Cina 'mati akibat rokok' dalam satu abad ini - BBC Indonesia 15 April, 2017
    BBC IndonesiaLebih 200 juta warga Cina 'mati akibat rokok' dalam satu abad iniBBC IndonesiaPara pejabat WHO dan UNDP memperingatkan bahwa biaya yang harus dikeluarkan pemerintah Cina untuk mengatasi dampak rokok, yang mencapai hampir US$60 miliar atau sekitar Rp796 triliun pada 2014 -naik sepuluh kali lipat dari tahun 2000- tak ...Dalam Seabad Tera […]
  • Bayangkan Saja, Rokok yang Dimusnahkan Seberat 23,5 Ton ... - Tribun Jateng 21 April, 2017
    Tribun JatengBayangkan Saja, Rokok yang Dimusnahkan Seberat 23,5 Ton ...Tribun JatengCOM, KUDUS - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kudus, memusnahkan baran milik negara (BMN) berupa rokok ilegal dan beberapa piranti lain yang terkait, di halaman kantor setempat, Jumat (21/4) siang. Total berat rokok ...Bea Cukai Sulawesi Musnahkan Rokok […]
  • Tahukah Siapa Pemilik Leher pada Bungkus Rokok Ini? Ini ... - Tribunnews 17 April, 2017
    TribunnewsTahukah Siapa Pemilik Leher pada Bungkus Rokok Ini? Ini ...TribunnewsGambar itu memang tampak mengerikan dengan lubang menganga yang ada di leher seorang pria pengidap kanker. Tapi tahukah kamu siapa sebenarnya pemilik leher tersebut? Mungkin masyarakat Indonesia tak ada yang pernah memperhatikan ...dan lainnya »
  • Perda Kawasan Tanpa Asap Rokok Belum Dipatuhi - Banjarmasin Post 21 April, 2017
    Banjarmasin PostPerda Kawasan Tanpa Asap Rokok Belum DipatuhiBanjarmasin PostBANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Senin (17/4) tadi Raperda Kawasan tanpa asap rokok telah resmi disahkan menjadi sebuah perda. Namun, di gedung wakil rakyat saja justru perda tersebut belum benar-benar dipatuhi oleh anggota dewan ...
  • Bukan Plastik, Puntung Rokok Sampah Terbanyak di Lautan Dunia - Suara.com 22 April, 2017
    Suara.comBukan Plastik, Puntung Rokok Sampah Terbanyak di Lautan DuniaSuara.comKetua Harian Yayasan Lembaha Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi memulai cerita soal 'Produk Rokok, Perspektif UU Perlindungan Konsumen' di Workshop Aliansi Jurnalis Independen Jakarta, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2017) malam.dan lainnya »
  • Pemerintah Diminta Naikkan Cukai Rokok Impor - Republika Online 17 April, 2017
    Republika OnlinePemerintah Diminta Naikkan Cukai Rokok ImporRepublika OnlineREPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Agus Parmuji meminta pemerintah dan DPR lebih memperhatikan pabrik rokok kretek daripada rokok putih alias impor. Agus menilai, pabrikan rokok kretek sudah jelas dari ...Penyederhanaan Sistem Cukai Rokok Diap […]
  • Ibu dan Anak Perempuannya Tepergok Ngutil Beberapa Bungkus ... - Tribun Jateng 21 April, 2017
    Tribun JatengIbu dan Anak Perempuannya Tepergok Ngutil Beberapa Bungkus ...Tribun JatengCOM, KEBUMEN - Polsek Prembun Polres Kebumen telah mengamankan seorang ibu, SH (52) dan anak perempuannya TN (30) karena diduga telah mengambil beberapa bungkus rokok tanpa seijin pemiliknya. Ibu dan anak perempuannya itu ambil ...Ibu Anak Berkomplot Mencuri Rokok, Tak La […]
  • Waspada cairan liquid rokok elektrik Bernarkoba beredar di Bandung - merdeka.com 21 April, 2017
    merdeka.comWaspada cairan liquid rokok elektrik Bernarkoba beredar di Bandungmerdeka.comMerdeka.com, Bandung - Satres Narkoba Polrestabes Bandung mengungkap peredaran cairan berbentuk liquid atau yang biasa digunakan untuk rokok elektrik, baru-baru ini. Kepolisian-pun meminta waspada peredaran narkoba yang disusupi pada liquid ...Polisi Bongkar Peredaran Liq […]

Rank

Stats

  • 396,326 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: