21 Juta Anak Indonesia Merokok


VIVAnews – Jumlah perokok pada kalangan anak dan remaja meningkat terus setiap tahunnya. Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) memperkirakan ada 21 juta anak Indonesia menjadi perokok dan meningkat setiap tahunnya.
Jumlah anak merokok mulai meningkat mulai 2001. Tahun ini diperkirakan ada kenainkan hingga 38 persen dari jumlah anak yang merokok di Indonesia. Sementara untuk Jakarta, tingkatnya diperkirakan mencapai 80 persen.
Karena itu Komnas PA meminta pemerintah mengubah draf rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang tembakau yang justru mengkriminalisasi anak. Ada pasal dalam aturan itu yang harusnya memberi kepastian hukum untuk melindungi anak dan remaja dari dampak tembakau.
Ketua Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait mengatakan, dalam pada Pasal 45 dalam RPP disebutkan setiap anak di bawah usia 18 tahun dilarang membeli atau mengkonsumsi produk tembakau. “Pasal ini, tidak sejalan dengan prinsip perlindungan anak dengan memposisikan anak sebagai obyek yang akan dikriminalisasi,” kata Arist di Kantor Komnas PA, Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur.
Arist menambahkan, kewajiban negara memberikan perlindungan kepada anak dengan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembangnya sehingga terlindungi menjadi perokok pemula.
Jadi, lanjutnya, bukan melarang anak membeli dan mengkonsumsi rokok, tapi harusnya melarang industri rokok untuk menawarkan produknya. “Dengan melarang iklan, promosi dan sponsor rokok,” katanya.

Sementara itu juga, dengan maraknya iklan rokok yang tersebar luas dimanapun, dia tidak yakin jika konsumsi rokok pada anak dan remaja berkurang. Sebab iklan tersebut mendorong anak perokok untuk terus merokok dan yang tadi sudah berhenti menjadi tergoda kembali.

Karena itu, harus dikritisi RPP tembakau tersebut. Apakah bertujuan untuk melindungi anak dan remaja dari bahaya zat adiktif atau malah mengorbankan anak dengan menempatkan sebagian kelompok yang dipersalah. “Nampaknya negara ini tidak berupaya untuk mencegah anak menjadi perokok,” ujarnya. (adi)
• VIVAnews – RABU, 11 MEI 2011, 06:02 WIB Eko Priliawito, Siti Ruqoyah

Iklan

2 Responses to “21 Juta Anak Indonesia Merokok”


  1. 1 Yandi 10 Juli, 2012 pukul 10:18 pm

    salam kenal, sangat memprihatinkan banyak perokok dibawah umur. Lingkunganlah yang paling berpengaruh untuk memulai merokok. Apalagi iklan rokok sangat mudah dijumpai dimana-mana oleh anak-anak.

  2. 2 cak.sidik 27 Januari, 2013 pukul 5:01 pm

    cara menangkis anak2 indonesia agar punya keyakinan agar tidak merokok yaitu sedini mungkin saat dia sekolah di PAUD, TK dan SD sudah diberikan masukan tentang bahaya merokok. ini hasilnya pasti lebih dasyat. tetapi pengertian yg diberikan dia jangan seolah membohongi misalnya akibat rokok bisa menimbulkan penyakit kanker pada hal kanker akan terjadi 30 tahun kemudian, ini membuat anak tidak percaya. kita buat contoh nyata yg bisa berakibat sesuai kehidupan mereka dan secara berjenjang pengetahuan kita tingkatkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • Soal Viral Video Siswa SD Isap Rokok Elektrik, Ini Kata Kepala ... - KOMPAS.com 23 Oktober, 2017
    KOMPAS.comSoal Viral Video Siswa SD Isap Rokok Elektrik, Ini Kata Kepala ...KOMPAS.comTRENGGALEK,KOMPAS.com - Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) di Trenggalek Jawa Timur diketahui tengah mengisap rokok elektrik atau vape secara bergiliran. Rekaman video tersebut kemudian tersebar di media sosial dan menjadi viral. Dari label ...Bikin Miris, Sejumlah Siswa SD […]
  • Ekonom Senior Ini Bilang, Harga Rokok Harus Naik Tinggi - Tribunnews 23 Oktober, 2017
    TribunnewsEkonom Senior Ini Bilang, Harga Rokok Harus Naik TinggiTribunnewsTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekonom senior yang juga Ketua Dewan Penasihat Komnas Pengendalian Tembakau Emil Salim mengapresiasi langkah pemerintah yang menaikan cukai rokok menjadi rata-rata 10,04%. Meski demikian, dia berharap, ...Cukai Naik, Industri Rokok Diminta Terapkan Otomatisasi […]
  • Harga Rokok Berpotensi Naik Lagi - Tribunnews 22 Oktober, 2017
    TribunnewsHarga Rokok Berpotensi Naik LagiTribunnewsTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Langkah pemerintah menaikkan tarif cukai rokok pada tahun depan membuat emiten rokok harus memasang strategi harga untuk bertahan. Kendati begitu, sampai saat ini, mereka belum menentukan kenaikan harga rokok ...Komisi VI Sebut Kenaikan CuKai Rokok akan Berdampak LuasDetikcom (Siar […]
  • Pendapatan YLKI terkait rokok elektrik - Kontan 23 Oktober, 2017
    KontanPendapatan YLKI terkait rokok elektrikKontanKONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah tidak membuat aturan terkait dengan rokok elektrik atau vaporizer. Permintaan dari YLKI tersebut terkait dengan alasan kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh ...dan lainnya »
  • Warrior Semarang Dorong Wali Kota Larang Iklan Rokok - Republika Online 23 Oktober, 2017
    Republika OnlineWarrior Semarang Dorong Wali Kota Larang Iklan RokokRepublika Online"Bila harga rokok mahal, anak-anak akan berpikir dua atau tiga kali untuk membeli rokok. Harapan ke depan semoga anak-anak tidak akan pernah tergoda sedikitpun menyisihkan uang jajannya untuk membeli rokok yang sangat mahal," kata warrior kota ...
  • Kampung tanpa rokok di Jakarta, turunkan jumlah perokok - BBC Indonesia 11 Oktober, 2017
    BBC IndonesiaKampung tanpa rokok di Jakarta, turunkan jumlah perokokBBC IndonesiaSpanduk bertuliskan Kampung Tanpa Rokok terpasang di depan jalan menuju Kampung Penas Tanggul, Cipinang Selatan, Jakarta Timur, sejak beberapa bulan terakhir. Warga kampung mulai memberlakukan larangan merokok di dalam ruangan untuk ...Rokok Pembunuh Tingkat PertamaRepublika Onl […]
  • Video Bocah SD Hisap Vape, Sama Berbahayanya dengan Rokok - www.netralnews.com 23 Oktober, 2017
    www.netralnews.comVideo Bocah SD Hisap Vape, Sama Berbahayanya dengan Rokokwww.netralnews.comJAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Bocah yang masih memakai seragam sekolah dasar (SD) menghisap vape atau rokok elektrik, belakangan menghebohkan media sosial. Tergambar di video, warganet mengetahui anak-anak ini sangat menikmati dan ...dan lainnya »
  • Produksi Rokok Turun, Target Cukai Tetap Dipatok Naik - Kumparan.com (Siaran Pers) (Blog) 23 Oktober, 2017
    Kumparan.com (Siaran Pers) (Blog)Produksi Rokok Turun, Target Cukai Tetap Dipatok NaikKumparan.com (Siaran Pers) (Blog)Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan, cukai rokok naik rata-rata 10,04% pada 2018 mendatang. Keputusan yang akan berlaku di hari pertama tahun 2018 itu, telah disepakati dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo, Ka […]
  • Keluh Kesah Pengusaha Rokok Skala Kecil Terhadap Rencana ... - Tribunnews 20 Oktober, 2017
    TribunnewsKeluh Kesah Pengusaha Rokok Skala Kecil Terhadap Rencana ...TribunnewsSebelum mengeluarkan kebijakan untuk menaikkan cukai, katanya, pemerintah harus mempertimbangkan banyak hal. “Pertimbangannya yaitu penurunan pangsa rokok, jaringan semakin terbatas dan menurunnya daya beli,” kata Agus, Jumat (20/10/2017).
  • Miris, Puntung Rokok di Alat Kelamin Bocah Korban Pemerkosaan - Regional Liputan6.com 19 Oktober, 2017
    Regional Liputan6.comMiris, Puntung Rokok di Alat Kelamin Bocah Korban PemerkosaanRegional Liputan6.comLiputan6.com, Ternate - Seorang bocah berusia 6 tahun di Ternate, Maluku Utara, diperkosa secara sadis. Betapa tidak, setelah diperkosa pamannya, puntung rokok dimasukkan ke kemaluan bocah malang itu. Aksi biadab pelaku bernama Irfan itu ...

Rank

Stats

  • 400,193 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: