21 Juta Anak Indonesia Merokok


VIVAnews – Jumlah perokok pada kalangan anak dan remaja meningkat terus setiap tahunnya. Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) memperkirakan ada 21 juta anak Indonesia menjadi perokok dan meningkat setiap tahunnya.
Jumlah anak merokok mulai meningkat mulai 2001. Tahun ini diperkirakan ada kenainkan hingga 38 persen dari jumlah anak yang merokok di Indonesia. Sementara untuk Jakarta, tingkatnya diperkirakan mencapai 80 persen.
Karena itu Komnas PA meminta pemerintah mengubah draf rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang tembakau yang justru mengkriminalisasi anak. Ada pasal dalam aturan itu yang harusnya memberi kepastian hukum untuk melindungi anak dan remaja dari dampak tembakau.
Ketua Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait mengatakan, dalam pada Pasal 45 dalam RPP disebutkan setiap anak di bawah usia 18 tahun dilarang membeli atau mengkonsumsi produk tembakau. “Pasal ini, tidak sejalan dengan prinsip perlindungan anak dengan memposisikan anak sebagai obyek yang akan dikriminalisasi,” kata Arist di Kantor Komnas PA, Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur.
Arist menambahkan, kewajiban negara memberikan perlindungan kepada anak dengan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembangnya sehingga terlindungi menjadi perokok pemula.
Jadi, lanjutnya, bukan melarang anak membeli dan mengkonsumsi rokok, tapi harusnya melarang industri rokok untuk menawarkan produknya. “Dengan melarang iklan, promosi dan sponsor rokok,” katanya.

Sementara itu juga, dengan maraknya iklan rokok yang tersebar luas dimanapun, dia tidak yakin jika konsumsi rokok pada anak dan remaja berkurang. Sebab iklan tersebut mendorong anak perokok untuk terus merokok dan yang tadi sudah berhenti menjadi tergoda kembali.

Karena itu, harus dikritisi RPP tembakau tersebut. Apakah bertujuan untuk melindungi anak dan remaja dari bahaya zat adiktif atau malah mengorbankan anak dengan menempatkan sebagian kelompok yang dipersalah. “Nampaknya negara ini tidak berupaya untuk mencegah anak menjadi perokok,” ujarnya. (adi)
• VIVAnews – RABU, 11 MEI 2011, 06:02 WIB Eko Priliawito, Siti Ruqoyah

Iklan

2 Responses to “21 Juta Anak Indonesia Merokok”


  1. 1 Yandi 10 Juli, 2012 pukul 10:18 pm

    salam kenal, sangat memprihatinkan banyak perokok dibawah umur. Lingkunganlah yang paling berpengaruh untuk memulai merokok. Apalagi iklan rokok sangat mudah dijumpai dimana-mana oleh anak-anak.

  2. 2 cak.sidik 27 Januari, 2013 pukul 5:01 pm

    cara menangkis anak2 indonesia agar punya keyakinan agar tidak merokok yaitu sedini mungkin saat dia sekolah di PAUD, TK dan SD sudah diberikan masukan tentang bahaya merokok. ini hasilnya pasti lebih dasyat. tetapi pengertian yg diberikan dia jangan seolah membohongi misalnya akibat rokok bisa menimbulkan penyakit kanker pada hal kanker akan terjadi 30 tahun kemudian, ini membuat anak tidak percaya. kita buat contoh nyata yg bisa berakibat sesuai kehidupan mereka dan secara berjenjang pengetahuan kita tingkatkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • This RSS feed URL is deprecated 21 Januari, 2018
    This RSS feed URL is deprecated, please update. New URLs can be found in the footers at https://news.google.com/news
  • Padang Mulai Batasi Iklan Rokok - Republika Online 19 Januari, 2018
    Republika OnlinePadang Mulai Batasi Iklan RokokRepublika OnlineREPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sejak awal 2018, papan-papan reklame bernuansa rokok mulai menghilang di Kota Padang. Baliho atau papan reklame yang sebelumnya memuat konten rokok, kini kosong atau telah diganti dengan reklame non-rokok. 'Bersihnya' jalanan ...Bertahap, Iklan Rokok di Kota P […]
  • Barang Koleksi Unik, Kumpulkan 30.000 Bungkus Rokok - SINDOnews.com (Siaran Pers) 21 Januari, 2018
    SINDOnews.com (Siaran Pers)Barang Koleksi Unik, Kumpulkan 30.000 Bungkus RokokSINDOnews.com (Siaran Pers)BEBERAPA orang di dunia ini tertarik untuk mengumpulkan benda atau barang yang menjadi kesukaannya. Dia berusaha mendapatkan benda/barang incarannya untuk dijadikan koleksi. Berikut ini barang koleksi unik yang pernah ada di dunia. 1. Kamera film ...dan l […]
  • WALAH!!! Kawasan Tanpa Rokok Sering Dilanggar - Radar Sampit 20 Januari, 2018
    Radar SampitWALAH!!! Kawasan Tanpa Rokok Sering DilanggarRadar SampitCO, PALANGKA RAYA – Satuan Polisi Pamong Praja akan menindak warga yang merokok sembarangan di kawasan tanpa rokok (KTR). Semua pihak diminta mematuhi peraturan daerah mengenai hal tersebut. ”Kami akan menindak tegas perokok di area pendidikan. Siapa ...
  • Soal Pembatasan Impor Tembakau, DPR Bela Industri Rokok - kumparan.com (Siaran Pers) (Blog) 21 Januari, 2018
    Metro TV NewsSoal Pembatasan Impor Tembakau, DPR Bela Industri Rokokkumparan.com (Siaran Pers) (Blog)Kementerian Perdagangan melakukan pembatasan impor tembakau yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 84 tahun 2017. Dengan aturan itu, industri rokok baru diizinkan mengimpor tembakau, jika sudah menyerap tembakau hasil panen ...DPR […]
  • Buru Produsen Rokok Ilegal - Bisnis Radar Malang (Sindiran) (Siaran Pers) (Blog) 21 Januari, 2018
    Bisnis Radar Malang (Sindiran) (Siaran Pers) (Blog)Buru Produsen Rokok IlegalBisnis Radar Malang (Sindiran) (Siaran Pers) (Blog)Sebelumnya, Bea dan Cukai mengamankan rokok merek Gudang Bayam tidak ada pita cukainya sebanyak 1.600 bungkus. Dalam satu bungkus isinya 12 batang rokok. Selain itu ditemukan beberapa toko di Kecamatan Kalitengah, dan ditemukan roko […]
  • Nikotin atau Tar, Ini yang Bikin Rokok Berbahaya Buatmu! - Gadis 20 Januari, 2018
    GadisNikotin atau Tar, Ini yang Bikin Rokok Berbahaya Buatmu!GadisNikotin atau Tar, Ini yang Bikin Rokok Berbahaya Buatmu! by : Fransiska Soraya Posted : January 20, 2018. Merokok nggak baik untuk kesehatan. Istilah tersebut sering kita dengar, ya. Tapi, tahukah kamu bagian mana dari rokok yang nggak baik untuk ...
  • 7 Alasan kenapa sebatang rokok mampu merusak kesuburanmu - merdeka.com 17 Januari, 2018
    merdeka.com7 Alasan kenapa sebatang rokok mampu merusak kesuburanmumerdeka.comMerdeka.com - Ketika melihat kemasan rokok, kamu tentu membaca peringatan bahwa rokok bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah impoten. Rokok tak hanya bisa memicu berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung, kanker paru ...
  • Kalsel Bebas Asap Rokok | Tagar News - Tagar News (Sindiran) (Siaran Pers) (Blog) 20 Januari, 2018
    Tagar News (Sindiran) (Siaran Pers) (Blog)Kalsel Bebas Asap Rokok | Tagar NewsTagar News (Sindiran) (Siaran Pers) (Blog)Banjarmasin, (Tagar 20/1/2018) - Kampanye anti rokok yang digelar oleh Dinas kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.dan lainnya »
  • Vape diklaim lebih aman daripada rokok - ANTARA 18 Januari, 2018
    ANTARAVape diklaim lebih aman daripada rokokANTARAVape diklaim lebih aman daripada rokok. Kamis, 18 Januari 2018 17:34 WIB. Vape diklaim lebih aman daripada rokok. Seorang pria memegang kemasan rokok di Paris (25/9/2014) (THOMAS SAMSON/AFP/Getty Images) ... secara independen telah melakukan penelitian ...Ini Zat Paling Berbahaya dalam RokokISlampos (Siaran P […]
  • Generasi Tanpa Rokok Ingin Selamatkan Anak Muda - Republika Online 14 Januari, 2018
    Republika OnlineGenerasi Tanpa Rokok Ingin Selamatkan Anak MudaRepublika OnlineREPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Sekumpulan anak muda pegiat pengendalian tembakau kini melebur dalam sebuah komunitas Generasi Tanpa Rokok (GETAR) Lampung. Komunitas ini anggotanya berasal dari unsur mahasiswa, penulis/jurnalis, musisi, dan karyawan ...dan lainnya »

Rank

Stats

  • 402,353 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: