21 Juta Anak Indonesia Merokok


VIVAnews – Jumlah perokok pada kalangan anak dan remaja meningkat terus setiap tahunnya. Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) memperkirakan ada 21 juta anak Indonesia menjadi perokok dan meningkat setiap tahunnya.
Jumlah anak merokok mulai meningkat mulai 2001. Tahun ini diperkirakan ada kenainkan hingga 38 persen dari jumlah anak yang merokok di Indonesia. Sementara untuk Jakarta, tingkatnya diperkirakan mencapai 80 persen.
Karena itu Komnas PA meminta pemerintah mengubah draf rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang tembakau yang justru mengkriminalisasi anak. Ada pasal dalam aturan itu yang harusnya memberi kepastian hukum untuk melindungi anak dan remaja dari dampak tembakau.
Ketua Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait mengatakan, dalam pada Pasal 45 dalam RPP disebutkan setiap anak di bawah usia 18 tahun dilarang membeli atau mengkonsumsi produk tembakau. “Pasal ini, tidak sejalan dengan prinsip perlindungan anak dengan memposisikan anak sebagai obyek yang akan dikriminalisasi,” kata Arist di Kantor Komnas PA, Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur.
Arist menambahkan, kewajiban negara memberikan perlindungan kepada anak dengan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembangnya sehingga terlindungi menjadi perokok pemula.
Jadi, lanjutnya, bukan melarang anak membeli dan mengkonsumsi rokok, tapi harusnya melarang industri rokok untuk menawarkan produknya. “Dengan melarang iklan, promosi dan sponsor rokok,” katanya.

Sementara itu juga, dengan maraknya iklan rokok yang tersebar luas dimanapun, dia tidak yakin jika konsumsi rokok pada anak dan remaja berkurang. Sebab iklan tersebut mendorong anak perokok untuk terus merokok dan yang tadi sudah berhenti menjadi tergoda kembali.

Karena itu, harus dikritisi RPP tembakau tersebut. Apakah bertujuan untuk melindungi anak dan remaja dari bahaya zat adiktif atau malah mengorbankan anak dengan menempatkan sebagian kelompok yang dipersalah. “Nampaknya negara ini tidak berupaya untuk mencegah anak menjadi perokok,” ujarnya. (adi)
• VIVAnews – RABU, 11 MEI 2011, 06:02 WIB Eko Priliawito, Siti Ruqoyah

Iklan

2 Responses to “21 Juta Anak Indonesia Merokok”


  1. 1 Yandi 10 Juli, 2012 pukul 10:18 pm

    salam kenal, sangat memprihatinkan banyak perokok dibawah umur. Lingkunganlah yang paling berpengaruh untuk memulai merokok. Apalagi iklan rokok sangat mudah dijumpai dimana-mana oleh anak-anak.

  2. 2 cak.sidik 27 Januari, 2013 pukul 5:01 pm

    cara menangkis anak2 indonesia agar punya keyakinan agar tidak merokok yaitu sedini mungkin saat dia sekolah di PAUD, TK dan SD sudah diberikan masukan tentang bahaya merokok. ini hasilnya pasti lebih dasyat. tetapi pengertian yg diberikan dia jangan seolah membohongi misalnya akibat rokok bisa menimbulkan penyakit kanker pada hal kanker akan terjadi 30 tahun kemudian, ini membuat anak tidak percaya. kita buat contoh nyata yg bisa berakibat sesuai kehidupan mereka dan secara berjenjang pengetahuan kita tingkatkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • Antre Salam Tempel dari Perusahaan Rokok, Warga Antre Sejak ... - Detikcom 23 Juni, 2017
    DetikcomAntre Salam Tempel dari Perusahaan Rokok, Warga Antre Sejak ...Detikcom... warga Semampir, Kota Kediri. Dirinya sengaja mengantre untuk mendapatkan salam tempel dari salah satu perusahaan rokok terbesar di Asia ini karena sekedar mengikuti tradisi. Karena sejak dulu dirinya dan teman-temannya ikut antre salam tempel ini.dan lainnya »
  • Baleg DPR usul larangan iklan rokok dicabut, 'perokok muda ... - BBC Indonesia 16 Juni, 2017
    BBC IndonesiaBaleg DPR usul larangan iklan rokok dicabut, 'perokok muda ...BBC IndonesiaPada Februari 2017 Komisi I DPR mengajukan rancangan ketentuan larangan iklan rokok namun Badan Legislasi (Baleg) DPR justru merekomendasikan agar ketentuan larangan iklan rokok tersebut dihilangkan. Dengan demikian maka iklan rokok, saran ...dan lainnya »
  • Bogor Atur Perda Rokok Elektrik - Republika Online 22 Juni, 2017
    Republika OnlineBogor Atur Perda Rokok ElektrikRepublika OnlineMengawali Konferensi tersebut, akan terlebih dahulu dilakukan pertemuan dengan Aliansi Bupati/Wali Kota se-Indonesia pada tanggal 12 Juli mendatang terkait monitoring perkembangan penerapan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).Rokok Elektrik Jadi Isu Utama dalam Kajian UU Pertembaka […]
  • Pajak Rokok Jadi Opsi Penutup Defisit Dana Jaminan Sosial ... - KOMPAS.com 21 Juni, 2017
    KOMPAS.comPajak Rokok Jadi Opsi Penutup Defisit Dana Jaminan Sosial ...KOMPAS.comMenurut Fachmi, dengan potensi pajak rokok yang mencapai Rp 14 triliun, maka 50 persennya sudah cukup bila digunakan untuk menutup defisit DJS kesehatan. Hanya saja tutur ia, opsi ini terbentur regulasi. "Harus kami lihat apakah ada celah hukum ...dan lainnya »
  • Saatnya Melarang Iklan Rokok di Media Penyiaran - Koran Jakarta 23 Juni, 2017
    Koran JakartaSaatnya Melarang Iklan Rokok di Media PenyiaranKoran JakartaBahaya Merokok - Beberapa unit bus TransJakarta, dihiasi dengan iklan layanan masyarakat tentang bahaya merokok. Di lingkungan negara-negara Asia Tenggara, tinggal Indonesia yang masih memperbolehkan iklan rokok di media penyiaran.Baleg “Bajak” Kepentingan Publik dalam RUU PenyiaranRMOL […]
  • Wali Kota Padang Tolak Iklan Rokok, Siap Kehilangan PAD Rp 4 ... - Tempo.co 18 Juni, 2017
    Tempo.coWali Kota Padang Tolak Iklan Rokok, Siap Kehilangan PAD Rp 4 ...Tempo.coCO, Padang - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah menegaskan komitmennya bahwa Kota Padang Bebas Iklan Rokok 2018. Alasannya, membentengi generasi muda dari dampak rokok. Menurut Mahyeldi, sejumlah produk rokok yang ijin pemasangan ...Iklan Rokok di Kota Ini Akan Dilarang Total, […]
  • Rahasia Filipina Turunkan Sejuta Perokok dalam Waktu 4 Tahun - Nasional Tempo.co (Blog) 22 Juni, 2017
    Nasional Tempo.co (Blog)Rahasia Filipina Turunkan Sejuta Perokok dalam Waktu 4 TahunNasional Tempo.co (Blog)Koordinator Ekonomi Pengendalian Tembakau Departemen Pencegahan Penyakit Tidak Menular World Health Organization Jeremias N. Paul Jr. mengatakan pengingkatan harga rokok di Filipina melalui instrumen cukai terbukti merupakan formula win-win ...
  • 9.926.744 Batang Rokok Ilegal Senilai Rp 2,9 Miliar Diamankan - Detikcom 14 Juni, 2017
    Detikcom9.926.744 Batang Rokok Ilegal Senilai Rp 2,9 Miliar DiamankanDetikcomSidoarjo - 9.926.744 Batang rokok illegal meliputi KPBC Madiun, Pasuruan, Tanjung Perak, Juanda, Gresik, Sidoarjo, Bojonegoro senilai Rp 2.998.498.420, diamankan. Ribuan batang rokok itu diamankan hasil operasi Patuh Ampadan I yang digelar oleh ...dan lainnya »
  • Belasan Ribu Batang Rokok Ilegal Diamankan - Radar Sampit 21 Juni, 2017
    Radar SampitBelasan Ribu Batang Rokok Ilegal DiamankanRadar SampitILEGAL: Rokok ilegal yang dimusnahkan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Sampit beberapa waktu lalu.(DOK.DEVITA/RADAR SAMPIT) ...
  • Uang Rokok Setahun Setengah Bisa Dapat Satu Motor, Ini Buktinya - Otomotif Liputan6.com 21 Juni, 2017
    Otomotif Liputan6.comUang Rokok Setahun Setengah Bisa Dapat Satu Motor, Ini BuktinyaOtomotif Liputan6.comSejak saat itu pula, sang suami menabung uang sebesar Rp 20 ribu yang biasanya dibelikan sebungkus rokok. Dita mengaku sang suami berhenti merokok bukan karena ingin mengirit keuangan. Maklum, sang suami bisa membeli tiga-empat bungkus ...Kumpulkan Uang R […]

Rank

Stats

  • 397,642 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: