Rima Melati: Saya Kena Kanker Karena Merokok


Di hadapan majelis hakim Mahkamah Konstitusi, Rima Melati menjadi saksi hidup bahaya rokok

VIVAnews — Aktris senior, Rima Melati menjadi saksi pihak pemerintah dalam sidang uji materi pasal tembakau di Mahkamah Konstitusi.

Di hadapan majelis hakim, Rima menjadi saksi hidup bahaya lintingan tembakau itu. “Penyakit kangker yang saya derita itu disebabkan karena dahulu saya adalah seorang perokok,” kata dia, Rabu 5 Januari 2011.

Berbekal pengalaman buruknya itu, kini Rima gencar melakukan penyuluhan bahaya rokok, bahwa pengaturan zat adiktif sangat penting. “Jadi, saya bukannya mau menutup itu pabrik rokok,” tambahnya.

Sidang yang mengagendakan penyampaian keterangan juga menghadirkan Anggota DPR, RI Hakim Sarimuda Pohan. Kata dia, kebiasaan merokok bukan hak asasi manusia melainkan kebutuhan individual.

“Jika kebiasaan merokok diartikan sebagai bagian dari hak asasi manusia, jelas perlu diluruskan,” kata Sarimuda Pohan.

Anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini menyatakan besarnya penerimaan cukai rokok kepada negara tidak diimbangi dengan biaya kesehatan yang harus ditanggung akibat rokok.

Uji materi pasal tembakau diajukan para petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau.

Uji materiil Pasal 113 ayat (2) UU No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan ini diajukan lantaran pasal itu menyatakan tembakau merupakan zat yang bersifat adiktif. Ketentuan ini dinilai menghambat dan mengurangi produk jenis tanaman tembakau yang mengakibatkan kerugian materil petani tembakau dan cengkeh Indonesia — karena rokok kretek pasti menggunakan tembakau dan cengkeh Indonesia.

Pemohon yang diwakili oleh Ketua APTI Jawa Tengah, Nurtantio Wisnu Brata, mengungkapkan pemberlakuan UU Kesehatan dapat mematikan petani tembakau dan industri rokok kecil di Indonesia.

Selain itu, pemohon juga mempermasalahkan mengapa dalam UU itu hanya tembakau yang disebut secara eksplisit sebagai tanaman yang mengandung zat adiktif dan harus menampilkan peringatan kesehatan di bungkusnya.

“Ini diskriminasi, padahal banyak tanaman lain yang juga mengandung zat adiktif, seperti teh, kopi, atau anggur,” kata kuasa hukum pemohon,Wakil Kamal.

Pihak penyampai keterangan tambahan dari PT Djarum yang diwakili oleh Subronto mengatakan keberadaan pasal itu mengancam keberlangsungan usahanya.

“Fakta tahun 2010 kami memiliki 73 ribu karyawan. Dengan pasal 113 UU kesehatan seolah-olah perusahaan yang ilegal sehingga cemas dan terancam,” katanya.

Sementara, dari PT HM Sampoerna, Yos Adiguna Ginting, menjelaskan bahwa pihaknya tidak sepenuhnya menolak pasal 113.
Menurutnya, dalam UU kesehatan perlu pencantuman jelas tembakau zat aditif mengenai rokok. “Kami mengkomunikasikan informasi jelas pada masyarakat melalui website. Perlu UU khusus tentang tembakau dan mempertimbangkan institusi pemerintah, serikat petani tembakau,” katanya.
• VIVAnews

Iklan

0 Responses to “Rima Melati: Saya Kena Kanker Karena Merokok”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • Soal Viral Video Siswa SD Isap Rokok Elektrik, Ini Kata Kepala ... - KOMPAS.com 23 Oktober, 2017
    KOMPAS.comSoal Viral Video Siswa SD Isap Rokok Elektrik, Ini Kata Kepala ...KOMPAS.comTRENGGALEK,KOMPAS.com - Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) di Trenggalek Jawa Timur diketahui tengah mengisap rokok elektrik atau vape secara bergiliran. Rekaman video tersebut kemudian tersebar di media sosial dan menjadi viral. Dari label ...Bikin Miris, Sejumlah Siswa SD […]
  • Ekonom Senior Ini Bilang, Harga Rokok Harus Naik Tinggi - Tribunnews 23 Oktober, 2017
    TribunnewsEkonom Senior Ini Bilang, Harga Rokok Harus Naik TinggiTribunnewsTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekonom senior yang juga Ketua Dewan Penasihat Komnas Pengendalian Tembakau Emil Salim mengapresiasi langkah pemerintah yang menaikan cukai rokok menjadi rata-rata 10,04%. Meski demikian, dia berharap, ...Cukai Naik, Industri Rokok Diminta Terapkan Otomatisasi […]
  • Harga Rokok Berpotensi Naik Lagi - Tribunnews 22 Oktober, 2017
    TribunnewsHarga Rokok Berpotensi Naik LagiTribunnewsTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Langkah pemerintah menaikkan tarif cukai rokok pada tahun depan membuat emiten rokok harus memasang strategi harga untuk bertahan. Kendati begitu, sampai saat ini, mereka belum menentukan kenaikan harga rokok ...Komisi VI Sebut Kenaikan CuKai Rokok akan Berdampak LuasDetikcom (Siar […]
  • Pendapatan YLKI terkait rokok elektrik - Kontan 23 Oktober, 2017
    KontanPendapatan YLKI terkait rokok elektrikKontanKONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah tidak membuat aturan terkait dengan rokok elektrik atau vaporizer. Permintaan dari YLKI tersebut terkait dengan alasan kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh ...dan lainnya »
  • Warrior Semarang Dorong Wali Kota Larang Iklan Rokok - Republika Online 23 Oktober, 2017
    Republika OnlineWarrior Semarang Dorong Wali Kota Larang Iklan RokokRepublika Online"Bila harga rokok mahal, anak-anak akan berpikir dua atau tiga kali untuk membeli rokok. Harapan ke depan semoga anak-anak tidak akan pernah tergoda sedikitpun menyisihkan uang jajannya untuk membeli rokok yang sangat mahal," kata warrior kota ...
  • Kampung tanpa rokok di Jakarta, turunkan jumlah perokok - BBC Indonesia 11 Oktober, 2017
    BBC IndonesiaKampung tanpa rokok di Jakarta, turunkan jumlah perokokBBC IndonesiaSpanduk bertuliskan Kampung Tanpa Rokok terpasang di depan jalan menuju Kampung Penas Tanggul, Cipinang Selatan, Jakarta Timur, sejak beberapa bulan terakhir. Warga kampung mulai memberlakukan larangan merokok di dalam ruangan untuk ...Rokok Pembunuh Tingkat PertamaRepublika Onl […]
  • Video Bocah SD Hisap Vape, Sama Berbahayanya dengan Rokok - www.netralnews.com 23 Oktober, 2017
    www.netralnews.comVideo Bocah SD Hisap Vape, Sama Berbahayanya dengan Rokokwww.netralnews.comJAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Bocah yang masih memakai seragam sekolah dasar (SD) menghisap vape atau rokok elektrik, belakangan menghebohkan media sosial. Tergambar di video, warganet mengetahui anak-anak ini sangat menikmati dan ...dan lainnya »
  • Produksi Rokok Turun, Target Cukai Tetap Dipatok Naik - Kumparan.com (Siaran Pers) (Blog) 23 Oktober, 2017
    Kumparan.com (Siaran Pers) (Blog)Produksi Rokok Turun, Target Cukai Tetap Dipatok NaikKumparan.com (Siaran Pers) (Blog)Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan, cukai rokok naik rata-rata 10,04% pada 2018 mendatang. Keputusan yang akan berlaku di hari pertama tahun 2018 itu, telah disepakati dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo, Ka […]
  • Keluh Kesah Pengusaha Rokok Skala Kecil Terhadap Rencana ... - Tribunnews 20 Oktober, 2017
    TribunnewsKeluh Kesah Pengusaha Rokok Skala Kecil Terhadap Rencana ...TribunnewsSebelum mengeluarkan kebijakan untuk menaikkan cukai, katanya, pemerintah harus mempertimbangkan banyak hal. “Pertimbangannya yaitu penurunan pangsa rokok, jaringan semakin terbatas dan menurunnya daya beli,” kata Agus, Jumat (20/10/2017).
  • Miris, Puntung Rokok di Alat Kelamin Bocah Korban Pemerkosaan - Regional Liputan6.com 19 Oktober, 2017
    Regional Liputan6.comMiris, Puntung Rokok di Alat Kelamin Bocah Korban PemerkosaanRegional Liputan6.comLiputan6.com, Ternate - Seorang bocah berusia 6 tahun di Ternate, Maluku Utara, diperkosa secara sadis. Betapa tidak, setelah diperkosa pamannya, puntung rokok dimasukkan ke kemaluan bocah malang itu. Aksi biadab pelaku bernama Irfan itu ...

Rank

Stats

  • 400,193 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: