Rima Melati: Saya Kena Kanker Karena Merokok


Di hadapan majelis hakim Mahkamah Konstitusi, Rima Melati menjadi saksi hidup bahaya rokok

VIVAnews — Aktris senior, Rima Melati menjadi saksi pihak pemerintah dalam sidang uji materi pasal tembakau di Mahkamah Konstitusi.

Di hadapan majelis hakim, Rima menjadi saksi hidup bahaya lintingan tembakau itu. “Penyakit kangker yang saya derita itu disebabkan karena dahulu saya adalah seorang perokok,” kata dia, Rabu 5 Januari 2011.

Berbekal pengalaman buruknya itu, kini Rima gencar melakukan penyuluhan bahaya rokok, bahwa pengaturan zat adiktif sangat penting. “Jadi, saya bukannya mau menutup itu pabrik rokok,” tambahnya.

Sidang yang mengagendakan penyampaian keterangan juga menghadirkan Anggota DPR, RI Hakim Sarimuda Pohan. Kata dia, kebiasaan merokok bukan hak asasi manusia melainkan kebutuhan individual.

“Jika kebiasaan merokok diartikan sebagai bagian dari hak asasi manusia, jelas perlu diluruskan,” kata Sarimuda Pohan.

Anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini menyatakan besarnya penerimaan cukai rokok kepada negara tidak diimbangi dengan biaya kesehatan yang harus ditanggung akibat rokok.

Uji materi pasal tembakau diajukan para petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau.

Uji materiil Pasal 113 ayat (2) UU No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan ini diajukan lantaran pasal itu menyatakan tembakau merupakan zat yang bersifat adiktif. Ketentuan ini dinilai menghambat dan mengurangi produk jenis tanaman tembakau yang mengakibatkan kerugian materil petani tembakau dan cengkeh Indonesia — karena rokok kretek pasti menggunakan tembakau dan cengkeh Indonesia.

Pemohon yang diwakili oleh Ketua APTI Jawa Tengah, Nurtantio Wisnu Brata, mengungkapkan pemberlakuan UU Kesehatan dapat mematikan petani tembakau dan industri rokok kecil di Indonesia.

Selain itu, pemohon juga mempermasalahkan mengapa dalam UU itu hanya tembakau yang disebut secara eksplisit sebagai tanaman yang mengandung zat adiktif dan harus menampilkan peringatan kesehatan di bungkusnya.

“Ini diskriminasi, padahal banyak tanaman lain yang juga mengandung zat adiktif, seperti teh, kopi, atau anggur,” kata kuasa hukum pemohon,Wakil Kamal.

Pihak penyampai keterangan tambahan dari PT Djarum yang diwakili oleh Subronto mengatakan keberadaan pasal itu mengancam keberlangsungan usahanya.

“Fakta tahun 2010 kami memiliki 73 ribu karyawan. Dengan pasal 113 UU kesehatan seolah-olah perusahaan yang ilegal sehingga cemas dan terancam,” katanya.

Sementara, dari PT HM Sampoerna, Yos Adiguna Ginting, menjelaskan bahwa pihaknya tidak sepenuhnya menolak pasal 113.
Menurutnya, dalam UU kesehatan perlu pencantuman jelas tembakau zat aditif mengenai rokok. “Kami mengkomunikasikan informasi jelas pada masyarakat melalui website. Perlu UU khusus tentang tembakau dan mempertimbangkan institusi pemerintah, serikat petani tembakau,” katanya.
• VIVAnews

Iklan

0 Responses to “Rima Melati: Saya Kena Kanker Karena Merokok”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • HEBOH! Caca Tengker Diduga Memegang Benda Menyerupai ... - Tribunnews 22 April, 2017
    TribunnewsHEBOH! Caca Tengker Diduga Memegang Benda Menyerupai ...TribunnewsTRIBUNTRAVEL.COM - Artis peran, Caca Tengker dan Barry Tamin yang baru melangsungkan pernikahan ini langsung dilanda gosip. Sebuah foto beredar yang memperlihatkan tangan dari adik Nagita Slavina ini memegang benda yang menyerupai rokok.Beredar Foto Caca Tengker Diduga Pegang Rokok s […]
  • Diduga Terpercik Api Rokok, Pengeboran Minyak Ilegal Hangus ... - Jawa Pos (Siaran Pers) (Blog) 22 April, 2017
    Jawa Pos (Siaran Pers) (Blog)Diduga Terpercik Api Rokok, Pengeboran Minyak Ilegal Hangus ...Jawa Pos (Siaran Pers) (Blog)JawaPos.com - Lagi lokasi pengeboran minyak ilegal (illegal drilling) terbakar di Desa Mekar Sari, Kecamatan Keluang, Kabupaten Muba, Sumsel Sabtu (22/4), sekitar pukul 08.30 WIB. Kobaran api membumbung setinggi puluhan meter ke langit.dan […]
  • Lebih 200 juta warga Cina 'mati akibat rokok' dalam satu abad ini - BBC Indonesia 15 April, 2017
    BBC IndonesiaLebih 200 juta warga Cina 'mati akibat rokok' dalam satu abad iniBBC IndonesiaPara pejabat WHO dan UNDP memperingatkan bahwa biaya yang harus dikeluarkan pemerintah Cina untuk mengatasi dampak rokok, yang mencapai hampir US$60 miliar atau sekitar Rp796 triliun pada 2014 -naik sepuluh kali lipat dari tahun 2000- tak ...Dalam Seabad Tera […]
  • Bayangkan Saja, Rokok yang Dimusnahkan Seberat 23,5 Ton ... - Tribun Jateng 21 April, 2017
    Tribun JatengBayangkan Saja, Rokok yang Dimusnahkan Seberat 23,5 Ton ...Tribun JatengCOM, KUDUS - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kudus, memusnahkan baran milik negara (BMN) berupa rokok ilegal dan beberapa piranti lain yang terkait, di halaman kantor setempat, Jumat (21/4) siang. Total berat rokok ...Bea Cukai Sulawesi Musnahkan Rokok […]
  • Tahukah Siapa Pemilik Leher pada Bungkus Rokok Ini? Ini ... - Tribunnews 17 April, 2017
    TribunnewsTahukah Siapa Pemilik Leher pada Bungkus Rokok Ini? Ini ...TribunnewsGambar itu memang tampak mengerikan dengan lubang menganga yang ada di leher seorang pria pengidap kanker. Tapi tahukah kamu siapa sebenarnya pemilik leher tersebut? Mungkin masyarakat Indonesia tak ada yang pernah memperhatikan ...dan lainnya »
  • Perda Kawasan Tanpa Asap Rokok Belum Dipatuhi - Banjarmasin Post 21 April, 2017
    Banjarmasin PostPerda Kawasan Tanpa Asap Rokok Belum DipatuhiBanjarmasin PostBANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Senin (17/4) tadi Raperda Kawasan tanpa asap rokok telah resmi disahkan menjadi sebuah perda. Namun, di gedung wakil rakyat saja justru perda tersebut belum benar-benar dipatuhi oleh anggota dewan ...
  • Bukan Plastik, Puntung Rokok Sampah Terbanyak di Lautan Dunia - Suara.com 22 April, 2017
    Suara.comBukan Plastik, Puntung Rokok Sampah Terbanyak di Lautan DuniaSuara.comKetua Harian Yayasan Lembaha Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi memulai cerita soal 'Produk Rokok, Perspektif UU Perlindungan Konsumen' di Workshop Aliansi Jurnalis Independen Jakarta, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2017) malam.dan lainnya »
  • Pemerintah Diminta Naikkan Cukai Rokok Impor - Republika Online 17 April, 2017
    Republika OnlinePemerintah Diminta Naikkan Cukai Rokok ImporRepublika OnlineREPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Agus Parmuji meminta pemerintah dan DPR lebih memperhatikan pabrik rokok kretek daripada rokok putih alias impor. Agus menilai, pabrikan rokok kretek sudah jelas dari ...Penyederhanaan Sistem Cukai Rokok Diap […]
  • Ibu dan Anak Perempuannya Tepergok Ngutil Beberapa Bungkus ... - Tribun Jateng 21 April, 2017
    Tribun JatengIbu dan Anak Perempuannya Tepergok Ngutil Beberapa Bungkus ...Tribun JatengCOM, KEBUMEN - Polsek Prembun Polres Kebumen telah mengamankan seorang ibu, SH (52) dan anak perempuannya TN (30) karena diduga telah mengambil beberapa bungkus rokok tanpa seijin pemiliknya. Ibu dan anak perempuannya itu ambil ...Ibu Anak Berkomplot Mencuri Rokok, Tak La […]
  • Waspada cairan liquid rokok elektrik Bernarkoba beredar di Bandung - merdeka.com 21 April, 2017
    merdeka.comWaspada cairan liquid rokok elektrik Bernarkoba beredar di Bandungmerdeka.comMerdeka.com, Bandung - Satres Narkoba Polrestabes Bandung mengungkap peredaran cairan berbentuk liquid atau yang biasa digunakan untuk rokok elektrik, baru-baru ini. Kepolisian-pun meminta waspada peredaran narkoba yang disusupi pada liquid ...Polisi Bongkar Peredaran Liq […]

Rank

Stats

  • 396,326 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: