Selandia Baru Akan Jadi Negara Bebas Rokok?

WELLINGTON, KOMPAS.com — Restoran, kantor, bar, taman, dan bahkan kampus bebas asap rokok sudah lama ada. Namun, negara bebas asap rokok?

Pemerintah Selandia Baru kini semakin menggencet para perokok, lebih dari sebelumnya, dengan mengumumkan kenaikan pajak tembakau sebesar 40 persen selama empat tahun ke depan. Harga rokok di negara itu sudah termasuk yang tertinggi di dunia. Pada 2016, negara itu akan mematok harga rokok secara rata-rata sebesar Rp 133.000 sebungkus.

 

Para pejabat berharap pajak yang lebih tinggi dan pembatasan baru tersebut bisa membawa negara berpenduduk 4,4 juta itu bebas asap rokok pada 2012, sesuai dengan ikrar yang baru dicanangkan.

Sejumlah negara lain memuji gagasan untuk mencoba menyapih rakyat dari tembakau, tetapi hanya sedikit, jika itu ada, yang bersedia untuk menentukan tenggat waktu terhadap hal tersebut. Para pejabat kesehatan Selandia Baru sangat serius. Mereka baru-baru ini mempertimbangkan untuk menaikkan harga sebungkus rokok menjadi sekitar Rp 700.000. Meski gagasan itu ditolak, ada langkah lain, yaitu yang akan memaksa pengecer untuk menyembunyikan rokok di bawah meja ketimbang menempatkannya di tempat pajangan, yang akan berlaku efektif mulai Juli.

Jumlah perokok di kalangan orang dewasa Selandia Baru telah turun dari sekitar 30 persen pada 1986 menjadi sekitar 20 persen saat ini. Penjualan rokok anjlok lebih tajam. Hal itu menunjukkan bahwa bahkan orang yang belum berhenti merokok tidak mau lagi membeli rokok karena harga yang tinggi.

Para perokok tidak senang dengan harga yang akan semakin tinggi. Chris Hobman, seorang warga, mengatakan, harga itu “mengerikan” dan bisa mendorong sejumlah orang yang berpenghasilan rendah melakukan kejahatan guna mendukung kebiasaan mereka. Dia mengatakan, pemerintah perlu memberikan lebih banyak dukungan dan alternatif bagi para perokok jika serius untuk membuat mereka berhenti merokok.

Warga Wellington, Hayley Mauriohooho, yang telah merokok selama sekitar 20 tahun, mengatakan, meskipun akan baik jika semakin banyak orang berhenti merokok, pajak yang lebih tinggi tidak akan menghentikannya. “Cukup konyol bagi pemerintah untuk berkonsentrasi pada masalah itu,” kata perempuan itu seperti dikutip The Telegraph, Jumat (25/5/2012). “Mereka punya sejumlah hal besar lain yang perlu dikhawatirkan.”

Masyarakat Kanker Selandia Baru menanggapi pengumuman tersebut dengan mengirimkan siaran pers berjudul “Thumbs Up!”.

Michael Calhoun, juru bicara kelompok lobi antimerokok ASH, mengatakan, fakta bahwa banyak perokok berpenghasilan rendah akan melihat kenaikan pajak itu sebagai hal yang akan memaksa mereka untuk mengurangi atau berhenti sama sekali karena mereka tidak lagi mampu membiayai kebiasaannya.

Sementara perusahaan rokok British American Tobacco cabang Selandia Baru mengatakan, kenaikan pajak itu akan memaksa konsumen beralih ke pasar gelap. “Permintaan konsumen jauh lebih baik dilayani perusahaan yang legal ketimbang oleh operator ilegal yang pasti akan tumbuh begitu pemerintah membuat mereka semakin sulit untuk membeli produk pilihannya,” tulis Susan Jones, kepala urusan korporasi dan regulasi perusahaan itu dalam sebuah e-mail.

Sejauh ini, para pejabat Selandia Baru hanya melihat beberapa kasus penjualan ilegal tembakau.

Data statistik para perokok di negara Pasifik Selatan itu hampir sama dengan yang ada di negara-negara maju lainnya. Menurut sebuah studi tahun 2011 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 20 persen penduduk dewasa Selandia Baru merokok. Bandingkan dengan sekitar 16 persen orang dewasa di AS, 17 persen di Australia, 23 persen di China, dan 27 persen di Perancis.

Selandia Baru telah mengenakan pajak lebih dari 70 persen untuk rokok. Di China, angkanya 41 persen, AS 45 persen, Australia 64 persen, dan Perancis 80 persen.

sumber : http://internasional.kompas.com/read/2012/05/25/1122469/Selandia.Baru.Akan.Jadi.Negara.Bebas.Rokok.

Iklan

3 Responses to “Selandia Baru Akan Jadi Negara Bebas Rokok?”


  1. 1 fauzi sehat 2 Juni, 2012 pukul 3:13 pm

    kapan yah indonesia jadi negara yang bebas rokok
    semoga aja itu terjadi

  2. 2 Iwan 5 Juni, 2012 pukul 8:26 am

    Ya, dengan mahalnya harga rokok setidaknya tidak ada rokok gratisan untuk teman.

  3. 3 Budi 23 Juli, 2012 pukul 8:50 am

    Naikkan harga rokok untuk mengurangi perokok ,…Ide bagus semoga Indonesia menjadi pengikut berikutnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • Soal Viral Video Siswa SD Isap Rokok Elektrik, Ini Kata Kepala ... - KOMPAS.com 23 Oktober, 2017
    KOMPAS.comSoal Viral Video Siswa SD Isap Rokok Elektrik, Ini Kata Kepala ...KOMPAS.comTRENGGALEK,KOMPAS.com - Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) di Trenggalek Jawa Timur diketahui tengah mengisap rokok elektrik atau vape secara bergiliran. Rekaman video tersebut kemudian tersebar di media sosial dan menjadi viral. Dari label ...Bikin Miris, Sejumlah Siswa SD […]
  • Ekonom Senior Ini Bilang, Harga Rokok Harus Naik Tinggi - Tribunnews 23 Oktober, 2017
    TribunnewsEkonom Senior Ini Bilang, Harga Rokok Harus Naik TinggiTribunnewsTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekonom senior yang juga Ketua Dewan Penasihat Komnas Pengendalian Tembakau Emil Salim mengapresiasi langkah pemerintah yang menaikan cukai rokok menjadi rata-rata 10,04%. Meski demikian, dia berharap, ...Cukai Naik, Industri Rokok Diminta Terapkan Otomatisasi […]
  • Harga Rokok Berpotensi Naik Lagi - Tribunnews 22 Oktober, 2017
    TribunnewsHarga Rokok Berpotensi Naik LagiTribunnewsTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Langkah pemerintah menaikkan tarif cukai rokok pada tahun depan membuat emiten rokok harus memasang strategi harga untuk bertahan. Kendati begitu, sampai saat ini, mereka belum menentukan kenaikan harga rokok ...Komisi VI Sebut Kenaikan CuKai Rokok akan Berdampak LuasDetikcom (Siar […]
  • Pendapatan YLKI terkait rokok elektrik - Kontan 23 Oktober, 2017
    KontanPendapatan YLKI terkait rokok elektrikKontanKONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah tidak membuat aturan terkait dengan rokok elektrik atau vaporizer. Permintaan dari YLKI tersebut terkait dengan alasan kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh ...dan lainnya »
  • Warrior Semarang Dorong Wali Kota Larang Iklan Rokok - Republika Online 23 Oktober, 2017
    Republika OnlineWarrior Semarang Dorong Wali Kota Larang Iklan RokokRepublika Online"Bila harga rokok mahal, anak-anak akan berpikir dua atau tiga kali untuk membeli rokok. Harapan ke depan semoga anak-anak tidak akan pernah tergoda sedikitpun menyisihkan uang jajannya untuk membeli rokok yang sangat mahal," kata warrior kota ...
  • Kampung tanpa rokok di Jakarta, turunkan jumlah perokok - BBC Indonesia 11 Oktober, 2017
    BBC IndonesiaKampung tanpa rokok di Jakarta, turunkan jumlah perokokBBC IndonesiaSpanduk bertuliskan Kampung Tanpa Rokok terpasang di depan jalan menuju Kampung Penas Tanggul, Cipinang Selatan, Jakarta Timur, sejak beberapa bulan terakhir. Warga kampung mulai memberlakukan larangan merokok di dalam ruangan untuk ...Rokok Pembunuh Tingkat PertamaRepublika Onl […]
  • Video Bocah SD Hisap Vape, Sama Berbahayanya dengan Rokok - www.netralnews.com 23 Oktober, 2017
    www.netralnews.comVideo Bocah SD Hisap Vape, Sama Berbahayanya dengan Rokokwww.netralnews.comJAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Bocah yang masih memakai seragam sekolah dasar (SD) menghisap vape atau rokok elektrik, belakangan menghebohkan media sosial. Tergambar di video, warganet mengetahui anak-anak ini sangat menikmati dan ...dan lainnya »
  • Produksi Rokok Turun, Target Cukai Tetap Dipatok Naik - Kumparan.com (Siaran Pers) (Blog) 23 Oktober, 2017
    Kumparan.com (Siaran Pers) (Blog)Produksi Rokok Turun, Target Cukai Tetap Dipatok NaikKumparan.com (Siaran Pers) (Blog)Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan, cukai rokok naik rata-rata 10,04% pada 2018 mendatang. Keputusan yang akan berlaku di hari pertama tahun 2018 itu, telah disepakati dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo, Ka […]
  • Keluh Kesah Pengusaha Rokok Skala Kecil Terhadap Rencana ... - Tribunnews 20 Oktober, 2017
    TribunnewsKeluh Kesah Pengusaha Rokok Skala Kecil Terhadap Rencana ...TribunnewsSebelum mengeluarkan kebijakan untuk menaikkan cukai, katanya, pemerintah harus mempertimbangkan banyak hal. “Pertimbangannya yaitu penurunan pangsa rokok, jaringan semakin terbatas dan menurunnya daya beli,” kata Agus, Jumat (20/10/2017).
  • Miris, Puntung Rokok di Alat Kelamin Bocah Korban Pemerkosaan - Regional Liputan6.com 19 Oktober, 2017
    Regional Liputan6.comMiris, Puntung Rokok di Alat Kelamin Bocah Korban PemerkosaanRegional Liputan6.comLiputan6.com, Ternate - Seorang bocah berusia 6 tahun di Ternate, Maluku Utara, diperkosa secara sadis. Betapa tidak, setelah diperkosa pamannya, puntung rokok dimasukkan ke kemaluan bocah malang itu. Aksi biadab pelaku bernama Irfan itu ...

Rank

Stats

  • 400,193 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com

%d blogger menyukai ini: