Selandia Baru Akan Jadi Negara Bebas Rokok?

WELLINGTON, KOMPAS.com — Restoran, kantor, bar, taman, dan bahkan kampus bebas asap rokok sudah lama ada. Namun, negara bebas asap rokok?

Pemerintah Selandia Baru kini semakin menggencet para perokok, lebih dari sebelumnya, dengan mengumumkan kenaikan pajak tembakau sebesar 40 persen selama empat tahun ke depan. Harga rokok di negara itu sudah termasuk yang tertinggi di dunia. Pada 2016, negara itu akan mematok harga rokok secara rata-rata sebesar Rp 133.000 sebungkus.

 

Para pejabat berharap pajak yang lebih tinggi dan pembatasan baru tersebut bisa membawa negara berpenduduk 4,4 juta itu bebas asap rokok pada 2012, sesuai dengan ikrar yang baru dicanangkan.

Sejumlah negara lain memuji gagasan untuk mencoba menyapih rakyat dari tembakau, tetapi hanya sedikit, jika itu ada, yang bersedia untuk menentukan tenggat waktu terhadap hal tersebut. Para pejabat kesehatan Selandia Baru sangat serius. Mereka baru-baru ini mempertimbangkan untuk menaikkan harga sebungkus rokok menjadi sekitar Rp 700.000. Meski gagasan itu ditolak, ada langkah lain, yaitu yang akan memaksa pengecer untuk menyembunyikan rokok di bawah meja ketimbang menempatkannya di tempat pajangan, yang akan berlaku efektif mulai Juli.

Jumlah perokok di kalangan orang dewasa Selandia Baru telah turun dari sekitar 30 persen pada 1986 menjadi sekitar 20 persen saat ini. Penjualan rokok anjlok lebih tajam. Hal itu menunjukkan bahwa bahkan orang yang belum berhenti merokok tidak mau lagi membeli rokok karena harga yang tinggi.

Para perokok tidak senang dengan harga yang akan semakin tinggi. Chris Hobman, seorang warga, mengatakan, harga itu “mengerikan” dan bisa mendorong sejumlah orang yang berpenghasilan rendah melakukan kejahatan guna mendukung kebiasaan mereka. Dia mengatakan, pemerintah perlu memberikan lebih banyak dukungan dan alternatif bagi para perokok jika serius untuk membuat mereka berhenti merokok.

Warga Wellington, Hayley Mauriohooho, yang telah merokok selama sekitar 20 tahun, mengatakan, meskipun akan baik jika semakin banyak orang berhenti merokok, pajak yang lebih tinggi tidak akan menghentikannya. “Cukup konyol bagi pemerintah untuk berkonsentrasi pada masalah itu,” kata perempuan itu seperti dikutip The Telegraph, Jumat (25/5/2012). “Mereka punya sejumlah hal besar lain yang perlu dikhawatirkan.”

Masyarakat Kanker Selandia Baru menanggapi pengumuman tersebut dengan mengirimkan siaran pers berjudul “Thumbs Up!”.

Michael Calhoun, juru bicara kelompok lobi antimerokok ASH, mengatakan, fakta bahwa banyak perokok berpenghasilan rendah akan melihat kenaikan pajak itu sebagai hal yang akan memaksa mereka untuk mengurangi atau berhenti sama sekali karena mereka tidak lagi mampu membiayai kebiasaannya.

Sementara perusahaan rokok British American Tobacco cabang Selandia Baru mengatakan, kenaikan pajak itu akan memaksa konsumen beralih ke pasar gelap. “Permintaan konsumen jauh lebih baik dilayani perusahaan yang legal ketimbang oleh operator ilegal yang pasti akan tumbuh begitu pemerintah membuat mereka semakin sulit untuk membeli produk pilihannya,” tulis Susan Jones, kepala urusan korporasi dan regulasi perusahaan itu dalam sebuah e-mail.

Sejauh ini, para pejabat Selandia Baru hanya melihat beberapa kasus penjualan ilegal tembakau.

Data statistik para perokok di negara Pasifik Selatan itu hampir sama dengan yang ada di negara-negara maju lainnya. Menurut sebuah studi tahun 2011 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 20 persen penduduk dewasa Selandia Baru merokok. Bandingkan dengan sekitar 16 persen orang dewasa di AS, 17 persen di Australia, 23 persen di China, dan 27 persen di Perancis.

Selandia Baru telah mengenakan pajak lebih dari 70 persen untuk rokok. Di China, angkanya 41 persen, AS 45 persen, Australia 64 persen, dan Perancis 80 persen.

sumber : http://internasional.kompas.com/read/2012/05/25/1122469/Selandia.Baru.Akan.Jadi.Negara.Bebas.Rokok.

Iklan

3 Responses to “Selandia Baru Akan Jadi Negara Bebas Rokok?”


  1. 1 fauzi sehat 2 Juni, 2012 pukul 3:13 pm

    kapan yah indonesia jadi negara yang bebas rokok
    semoga aja itu terjadi

  2. 2 Iwan 5 Juni, 2012 pukul 8:26 am

    Ya, dengan mahalnya harga rokok setidaknya tidak ada rokok gratisan untuk teman.

  3. 3 Budi 23 Juli, 2012 pukul 8:50 am

    Naikkan harga rokok untuk mengurangi perokok ,…Ide bagus semoga Indonesia menjadi pengikut berikutnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • This RSS feed URL is deprecated 23 Juli, 2018
    This RSS feed URL is deprecated, please update. New URLs can be found in the footers at https://news.google.com/news
  • Ada Jemaah Haji RI Digeledah Bea Cukai Madinah karena 11 Slof ... - Detikcom (Siaran Pers) 22 Juli, 2018
    Detikcom (Siaran Pers)Ada Jemaah Haji RI Digeledah Bea Cukai Madinah karena 11 Slof ...Detikcom (Siaran Pers)Wanita paruh baya jemaah ahji asal RI sempat digeledah Bea Cukai Madinah karena membawa 11 slof rokok.Bungkusan Mirip Narkoba hingga Rokok 20 Slop Milik Jamaah ...OkezoneAda Jemaah Haji RI Digeledah Bea Cukai Madinah karena 11 Slop ...Sumsel Update (S […]
  • Buat Rokok Boleh Request Lagu 'Lagi Syantik' - Tribun Sumsel - Tribun Sumsel 22 Juli, 2018
    Tribun SumselBuat Rokok Boleh Request Lagu 'Lagi Syantik' - Tribun SumselTribun SumselTangan 4.500 wanita bergerak cepat sesuai dengan tugasnya. Ada yang menggiling atau melinting, ada yang menggunting/batil, membungkus,Bagi Rokok Bisa Request Lagu 'Lagi Syantik' - Info Menarik Terbaruinfo terbaru (Blog)2 artikel berita sekaligus »
  • IISD: negara belum lindungi generasi muda dari rokok - ANTARA 22 Juli, 2018
    ANTARAIISD: negara belum lindungi generasi muda dari rokokANTARASurabaya (ANTARA News) - Program Manager Indonesia Institute for Social Development (IISD) Artati Haris menilai negara belum melindungi generasi muda dari bahaya rokok. "Belum ada keberpihakan karena belum ada regulasi yang melarang iklan total ...Iklan rokok dinilai ancam generasi mudamerd […]
  • Duit di Setiap Kamar Terpidana Korupsi Total Rp 102 Juta Untuk ... - Tribunnews 22 Juli, 2018
    TribunnewsDuit di Setiap Kamar Terpidana Korupsi Total Rp 102 Juta Untuk ...TribunnewsSeperti membeli rokok, cemilan hingga minuman ringan yang disiapkan di koperasi Lapas Sukamiskin. Pada kesempatan itu, ratusan barang yang tidak seharusnya ada di kamar disita. Seperti kulkas satu hingga dua pintu, televisi, pemanggang roti, ...Kemenkum HAM Ungkap Rp 102 Ju […]
  • JCH Boleh Bawa Rokok, Asal Segini Jumlahnya - Tribun Timur 22 Juli, 2018
    Tribun TimurJCH Boleh Bawa Rokok, Asal Segini JumlahnyaTribun TimurMAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM, - Embarkasi Makassar telah memberangkatkan 3.178 jamaah calon haji (JCH) selama empat hari pemberangkatan ke Tanah Suci Mekkah di Arab Saudi. Ribuan JCH itu mulai diberangkatkan sejak 17 Juli 2018.
  • Murahnya Harga Rokok Sebabkan Usia Perokok di Indonesia Makin ... - KOMPAS.com 23 Juli, 2018
    KOMPAS.comMurahnya Harga Rokok Sebabkan Usia Perokok di Indonesia Makin ...KOMPAS.comPenderita penyakit akibat konsumsi rokok menceritakan pengalamannya sebagai korban rokok di Surabaya. KOMPAS.com/Ghinan Salman Penderita penyakit akibat konsumsi rokok menceritakan pengalamannya sebagai korban rokok di Surabaya.
  • Peringatan Hari Anak di Pasuruan dikritik karena disisipi promosi ... - ANTARA 22 Juli, 2018
    ANTARAPeringatan Hari Anak di Pasuruan dikritik karena disisipi promosi ...ANTARALembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) dan Yayasan Lentera Anak mengkritik menilai tragis peringatan Hari Anak Nasional 2018 di Pasuruan, Jawa ...LPAI Protes Audisi Bulutangkis dari Produsen Rokok Dekat dengan ...IndoposLPAI Yayasan Lentera Anak Larang Anak di Bawah Umur Dij […]
  • Membahayakan, AMKRI Jawa Timur Desak Harga Rokok Mahal ... - FaktualNews.co 22 Juli, 2018
    FaktualNews.coMembahayakan, AMKRI Jawa Timur Desak Harga Rokok Mahal ...FaktualNews.coSURABAYA, FaktualNews.co - Sudah seharusnya harga rokok di tanah air dibuat semahal mungkin, itu yang menjadi tuntutan Aliansi Masyarakat Korban ...Puluhan Korban Rokok Deklarasikan AMKRI Jawa TimurberitajatimAMRKI Desak Pemerintah Bebaskan Masyarakat dari Bahaya Rokokwww.n […]
  • 45 Slop Rokok Calon Jamaah Haji Disita, Begini Alasannya - FAJAR 22 Juli, 2018
    FAJAR45 Slop Rokok Calon Jamaah Haji Disita, Begini AlasannyaFAJARDisaksikan oleh pemilik empat kopor tersebut, petugas menahan 45 slop rokok dari berbagai merek. Menurut salah satu petugas daerah, diketahui keempat orang pemilik kopor tersebut merupakan satu keluarga. Lagi-lagi mereka berdalih dengan alasan ...Petugas Sita 10.000 Batang Rokok dari Calon Haj […]
  • BPNT Mulai Disalurkan 25 Juli, E-Warong Tak Boleh Jual Rokok - Harian Jogja 22 Juli, 2018
    Harian JogjaBPNT Mulai Disalurkan 25 Juli, E-Warong Tak Boleh Jual RokokHarian JogjaHarianjogja.com, KULONPROGO—Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, meminta e-Warong yang dinamakan Warong 46 tidak menjual rokok. Imbauan ini disampaikan dengan alasan untuk mencegah pemborosan. “Penting bagi pemerintah untuk bisa ...

Rank

Stats

  • 409,416 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com
Iklan

%d blogger menyukai ini: