Bom Waktu Ketimpangan Ekonomi by @Kartolo2000

Eric Garner, seorang kulit hitam, mati di tangan polisi gara2 menyelundupkan rokok. Sebelumnya, juri di pengadilan menyatakan polisi tdk bersalah dlm kasus kematian Brown, kulit hitam juga, krn bersik ap agresif thd polisi. Kejadian itu menyulut kerusuhan rasial yg merebak di banyak kota2 penting di AS.

Seorang senator AS berpendapat pajak atas rokok lah yg menjadi biang keladi penyebab kematian Garner yg memicu kerusuhan rasial. Mgkn dia benar, tapi mengatakan ini justru menafikan atau justru upaya menutup2i penyebab utama yg melatarbelakangi kematian Garner sebenarnya, yaitu penggunaan excessive force oleh polisi NYC. Mengatakan pajak rokok sbg biang keladi kematian Garner, itu sama dgn mengatakan aturan pelarangan peredaran narkoba di AS sbg penyebab matinya gembong2 narkoba di Mexico atau di AmSel. Korban meninggal akibat rokok dan narkoba jauh lbh besar. Argumen ini terlampau dipaksakan, membingungkan dan ngawur.

Ketimpangan pendapatan – yg menjadi momok di hampir semua negara – di kalangan rakyat AS adalah bibit dari ketimpangan sosial. Krisis keuangan 2008, yg disebabkan oleh ketamakan bankir Wall Street, melahirkan warga miskin baru. Bailout pemerintah AS kpd pengusaha2 tamak tsb justru malah menggendutkan kantong mrk melalui pembagian bonus. Ya, bagi2 bonus dgn uang bailout. Gila. Sementara itu masyarakat kulit hitam dan kulit berwarna lainnya pada umumnya masih banyak yg miskin, tdk punya pekerjaan tetap, dan menggantungkan diri pada penerimaan jaminan sosial. Mereka menyaksikan demo ketamakan Wallstreet, menyaksikan warga kaya semakin kaya, smtr mrk semakin tambah miskin. Ketimpangan ini menyebabkan kecemburuan sosial yg terpendam thd kalangan kulit putih. Pemerintah Obama lemah krn DPR dikuasai oleh Republik. Penetapan anggaran sempat kisruh shg pemrth AS melakukan shutdown. Byk kantor2 pmrth yg melakukan pengurangan jam kerja dan pegawai. Jadi bibitnya sudah tersemai, sekam dan bensinnya sudah tersedia. Kasus Garner hanyalah pemantik belaka.

Hashtag #CrimingWhileWhite yg populer pasca keputusan pengadilan sbnrnya adalah bentuk ‘protes’ warga kulit putih, tapi malah kontra produktif krn dinilai kurang empatik. Sebaliknya munculnya hashtag #AliveWhileBlack justru mengungkap borok ketidakadilan yg dialami oleh warga kulit hitam akibat perilaku curiga dan paranoid yg berlebihan dari aparat polisi, yg kebetulan kebanyakan jg warga kulit putih. Dan yg mengejutkan, banyak dari mrk adlh anggota KKK.

Jauh sebelum itu semua, peran media terutama film2 produksi Hollywood juga ikut membangun citra yg kurang baik thd warga kulit hitam (stereotyping), sbgmn dikultuitkan di bawah. Film2 itu menanamkan kesadaran semu ttg bgmn kulit putih lbh unggul drpd kulit berwarna (white supremacy).

Kerusuhan rasial hanyalah sebuah ‘saluran yg tersedia’ akibat adanya ketimpangan dan tidak meratanya pertumbuhan ekonomi yg berkepanjangan. Rokok memiskinkan dan membuat rakyat RI tidak kompetitif, tidak produktif, dan tif-tif lainnya. Ketimpangan juga menganga di industru tembakau, khususnya terkait upah buruh linting dan petani, yg diupah rendah akibat tak kuasa melawan tata niaga tembakau warisan kolonial dan tak mampu melawan kekuasaan industri rokok yg menggurita dimana2 dgn kekuatan kapitalnya itu, menjerat parlemen dan birokrasi. Persaingan bisnis rokok jg mendorong pencitraan nasionalisme palsu, spt jargon yg sering dihembuskan oleh industri kretek, rokok putih vs rokok kretek. Jargon itu adalah upaya menutupi fakta ketimpangan struktural antara kapitalis rokok yg kaya raya vs buruh/petani yg melarat. Pergeseran selera menjd pembenaran dilakukannya PHK dan mekanisasi.

Semua hal di atas bertujuan utk memaksimalkan profit dgn cara menebar racun dan penyakit kpd rakyat kecil. Mereka kulit putihnya, kita negronya. So, jangan sampai bangsa ini menumpuk sekam dan menyiramnya dgn bensin. Karena pemantik apinya tersedia di mana2. Apakah pemerintah Jokowi menyadari potensi bom waktu ini? Semoga saja, krn jika tidak, harga yg harus kita bayar akan menjadi sangat mahal.

http://chirpstory.com/li/243327 via @chirpstory

Iklan

0 Responses to “Bom Waktu Ketimpangan Ekonomi by @Kartolo2000”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




Google Translate
Choose your language :

Pasang atau Cetak Banner ini ? Sebarkan…

Klik disini

Masukkan Email anda untuk berlangganan

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya

Kultwit

NASIONALISME PALSU PARA KAPITALIS ROKOK | http://chirpstory.com/li/79399

REAKSI MAHASISWA/I TERHADAP ACARA DJARUM FOUNDATION DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH | http://chirpstory.com/li/793409

Terkini

Kategori

Diperbolehkan mengutip dan menyebarluaskan isi blog ini tanpa izin dari pemilik blog dengan tetap mencantumkan sumbernya.

Admin :
+62-852-773-22056



jakarta bebas rokok

jakarta bebas rokok

green radio jakarta

kawasan dilarang merokok



RSS Google News

  • This RSS feed URL is deprecated 22 Oktober, 2018
    This RSS feed URL is deprecated, please update. New URLs can be found in the footers at https://news.google.com/news
  • Soal Pengusulan Raperda Kawasan Bebas Rokok, Ridwan Kamil ... - Tribun Jabar 22 Oktober, 2018
    Tribun JabarSoal Pengusulan Raperda Kawasan Bebas Rokok, Ridwan Kamil ...Tribun JabarLaporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard. TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Satu di antara agenda Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat pada Senin (22/10/2018), adalah mendengar pendapat Gubernur Jawa Barat mengenai dua raperda ...dan lainnya »
  • Raperda Kawasan Tanpa Rokok di Kota Blitar Juga Mengatur ... - Tribun Jatim 21 Oktober, 2018
    Tribun JatimRaperda Kawasan Tanpa Rokok di Kota Blitar Juga Mengatur ...Tribun JatimPemkot Blitar bersama DPRD Kota Blitar saat ini sedang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).Ranperda Kawasan Tanpar Rokok di Kota Blitar Juga Atur ...SuryaPemkot Blitar Rancang Sanksi Denda Bagi Pelajar Gunakan Vapor ...Surya MalangR […]
  • Ini Tujuh Kawasan dalam Ranperda Kawasan Tanpa Rokok ... - Pos Kupang 22 Oktober, 2018
    Pos KupangIni Tujuh Kawasan dalam Ranperda Kawasan Tanpa Rokok ...Pos KupangBupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kawasan Tanpa Rokok bersamaan Ranperda.Pemko Tanjungpinang Mulai Uji Coba Perda Kawasan Tanpa RokokTribun BatamPerda Kawasan Tanpa Rokok Segera Diterapkan di Tanjungpinang ...Jurnal Kepri (Siaran […]
  • 'Pajak Rokok Jadi Pajak Penutup Dosa untuk Tutupi Defisit BPJS ... - Tribun Jatim 21 Oktober, 2018
    Tribun Jatim'Pajak Rokok Jadi Pajak Penutup Dosa untuk Tutupi Defisit BPJS ...Tribun JatimKetua Umum Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan hadir dalam seminar nasional di Universitas Jember.Pajak Rokok Jadi Pajak Hukuman yang Digunakan untuk Tutupi ...info terbaru (Blog)19 artikel berita sekaligus »
  • Hii, Efek Samping Rokok Elektrik Bikin Luka Susah Sembuh - Uzone - Uzone 21 Oktober, 2018
    UzoneHii, Efek Samping Rokok Elektrik Bikin Luka Susah Sembuh - UzoneUzonePenelitian soal efek samping rokok elektrik semakin banyak. Yang terbaru, efek samping rokok elektrik disebut memperlambat proses penyembuhan luka di ...Hii, Efek Samping Rokok Elektrik Bikin Luka Susah Sembuh - Health ...Suara.com3 artikel berita sekaligus »
  • Perangi Rokok Ilegal, Produsen Kretek Tangan Minta Pelonggaran ... - Liputan6.com 19 Oktober, 2018
    Liputan6.comPerangi Rokok Ilegal, Produsen Kretek Tangan Minta Pelonggaran ...Liputan6.com"Pemerintah melalui Bea Cukai berhasil menurunkan peredaran rokok ilegal menjadi 7 persen pada 2018 yang sebelumnya 12,14 persen. Penurunan tersebut sebanding dengan Rp 18 miliar batang rokok," kata Sulami, di Jakarta, Jumat (19/10/2018).dan lainnya »
  • Pajak Rokok Jadi Pajak Hukuman yang Dipakai untuk Tutupi Defisit ... - Surya 20 Oktober, 2018
    SuryaPajak Rokok Jadi Pajak Hukuman yang Dipakai untuk Tutupi Defisit ...SuryaSURYA.co.id | JEMBER - Ketua Umum Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan (Pamjaki) Indonesia Taufik Hidayat menyebut pajak rokok yang dipakai untuk menutup tunggakan utang BPJS Kesehatan sebagai pajak hukuman atau ...dan lainnya »
  • Benarkah Rokok Menyebabkan Kemandulan pada Pria? - kumparan.com 22 Oktober, 2018
    kumparan.comBenarkah Rokok Menyebabkan Kemandulan pada Pria?kumparan.comBerdasarkan jurnal dari Nutrifood Research Ceter, menyatakan bahwa asap rokok memiliki racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada materi genetic yang terkandung dalam sel spermatozoa. Sehingga kerusakan ini akan membuat penurunan ...
  • Kurniawan Dwi Jatmoko, Pencipta Pipa Rokok dari Serbuk Kopi ... - Indopos 20 Oktober, 2018
    IndoposKurniawan Dwi Jatmoko, Pencipta Pipa Rokok dari Serbuk Kopi ...IndoposINDOPOS.CO.ID - Produk unik lahir dari tangan terampil Kurniawan Dwi Jatmoko. Pria itu membuat pipa rokok alias once dengan bahan utama serbuk kopi. Meski belum genap enam bulan berkreasi, karyanya sudah merambah hingga Bali.
  • Curi Rokok, Pemuda Jalan Faisal Kini Mendekam di Tahanan - SINDOnews.com (Siaran Pers) 21 Oktober, 2018
    SINDOnews.com (Siaran Pers)Curi Rokok, Pemuda Jalan Faisal Kini Mendekam di TahananSINDOnews.com (Siaran Pers)MAKASSAR - Indra, 23, warga Jalan Faisal 18, Kecamatan Rappocini, Makassar harus berurusan dengan aparat kepolisian usai tertangkap atas kasus pencurian rokok, Minggu (21/10/2018). Untuk menjalani pemeriksaan, Indra kini mendekam di sel ...“Palukka” […]

Rank

Stats

  • 410.842 Visitors

Visitors


counter
teukufarhan.com
Iklan

%d blogger menyukai ini: